Cara dan Doa Sholat Tahajud yang Dianjurkan

Melengkapi tentang sholat nafilah yaitu sholat yang dianjurkan selain sholat fardhu, kali ini akan memaparkan salah satu sholat nafilah yaitu sholat tahajud yang meliputi cara sholat tahajud, doa sholat tahajud, keistimewaan, faedah atau keutamaan sholat tahajud.

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam dengan jumlah rakaat sedikitnya adalah dua rakaat dan paling banyak adalah tidak terbatas. Waktu pelaksanaan sholat tahajud adalah setelah sholat isya hinga terbit fajar (waktu sholat subuh tiba).

Sholat tahajud merupakan salah satu jenis dari sholat malam. Dikatakan sholat malam tahajud apabila dilakukan sesudah bangun dari tidur malam, meskipun tidurnya hanya sebentar. Sehingga apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya,maka sholat dilakukan bukanlah sholat tahajud, akan tetapi sholat sunnah saja seperti witir, sholat hajat dan sholat malam lainnya.

Pembagian waktu yang lebih utama dan paling utama dalam melakukan sholat tahajud dibagi menjadi tiga bagian waktu dalam sepanjang malam, yaitu :
  • Sepertiga malam pertama yaitu kira-kira dari jam 7 malam sampai jam 10 malam ini disebut saat atau waktu utama.
  • Sepertiga malam kedua, adalah kira-kira dimulai dari jam 10 malam hingga jam 1 dini hari. Waktu ini disebut saat atau waktu utama yang paling utama.
  • Sepertiga malam ketiga adalah kira-kira dari jam 1 dini hari sampai dengan masuknya waktu shubuh. Ini adalah saat atau waktu yang paling utama.
Pembagian waktu malam untuk sholat tahajud tersebut di atas adalah berdasarkan hadits Nabi Muhammad saw yang artinya adalah sebagai berikut :

"Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru : Adakah orang-orang yang memohon (berdoa), pasti akan Kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Ku beri dan adakah yang mengharap/memohon ampunan, pasti akan Ku ampuni baginya."

Cara sholat tahajud pada prinsipnya sama seperti urut-urutan cara melaksanakan sholat fardhu yaitu sebagai berikut :
Niat Sholat tahajud

Lafdz niat untuk sholat tahajud adalah sebagai berikut :

 اصلّى سنّة التّهجّد ركعتين لله تعلى. الله اكبر

"Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat, karena Allah Ta'ala" Allahu Akbar

Doa sholat tahajud

Doa-doa yang dibaca setelah sholat tahajud atau sesudahnya sebaiknya dari ayat-ayat Al-Qur'an atau hadits, Contohnya dari al-Qur'an seperti :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: Ya Allah Tuhan kami! berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan hindarkanlah kami dari siksaan api neraka.” (Surat. al-Baqarah ayat 201)

Dalam hadits riwayat al-Bukhari, bahwa Rasulullah SAW jika bangun dari tidur di tengah malam, lalu sholat tajahjud dan membaca doa sebagai berikut :

للّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ اَوْلاَ اِلَهَ غَيْرٌكَ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قٌوَّةَ إِلاَّ باللهِ

“Ya Allah! bagi-Mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segal isinya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Bagi-Mulah segala puji. Engkaulah raja penguasa langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji. Engkaulah Yang Hak, dan janji-Mu adalah benar, dan perjumpaan dengan-Mu itu adalah hak (benar), dan firman-Mu adalah benar, dan surga adalah hak, dan neraka adalah hak, dan nabi-nabi itu hak benar, dan Nabi Muhammad saw adalah benar, dan saat hari kiamat itu benar. Ya Allah! kepada-Mulah kami berserah diri (bertawakkal), kepada Engkau jualah kami kembali, dan kepada-Mulah kami rindu, dan kepada Engkaulah kami berhukum. Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan yang sebelumnya, baik yang kami sembunyikan, maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir. Tiada Tuhan melainkan Engkau Allah Rabbul 'Alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah.

Sesudah kita membaca doa sholat tahajud tersebut di atas, hendaknya kita memperbanyak membaca istighfar, Adapun bacaan istighfar yang biasa adalah :

استغفر الله العظيم واتوب اليه

 dibaca : Astaghfirullahal 'Adzimu Wa'atubu ilahi
Artinya : Kami memohon ampunan kepada Allah yang maha agung dan kamipun bertaubat kepada-Nya

Adapun bacaan istighfar yang lengkap lagi yang juga dari Rasululah saw adalah : ‬‎    

    اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَمَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلا أَنْتَ

Artinya : Ya Allah, Engkaulah Tuhan Kami, tiada Tuhan melainkan Engkau. Engkau Dzat yang telah menjadikan kami, dan kami adalah hamba-Mu, dan kamipun dalam ketentuan-Mu serta janji-Mu sedapat yang kami lakukan. Kami mohon perlindungan-Mu dari kejahatan apa saja yang kami lakukan, kami mengakui kenikmatan yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan kami juga mengakui akan doosa kami, karena itu berilah ampunan kepada kami, sebab sesungguhnya tidak ada yang memberi pengampunan kecuali Engkau sendiri.

Setelah selesai membaca doa bacaan istighfar tersebut, lalu pergilah berbaring kembali tidur, sambil membaca ayat kursi, kemudian surat al-ikhlas, al-Falaq dan an-Nas.

Keistimewaan, Faedah atau keutamaan sholat tahajud

Sholat tahajud adalah sholat malam yang sangat dianjurkan sebagaimana firman Allah dalam al-Qur'an al-Karim Surat Bani Israil ayat 79 yang berbunyi :

ومن الليل فتهجد به نافلة لك عسى أن يبعثك ربك مقاما محمودا

Artinya : hendaklah engkau gunakan waktu malam itu untuk sholat tahajud, sebagai sholat sunnah untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan keududkan tang baik.

Sholat tahajud adalah merupakan sholat malam yang mana dalam sabda nabi sholat malam merupakan jalan menuju ke surga. Yang sebaiknya dan hendaknya kita kerjakan setelah berdoa sholat tahajud adalah memperbanyak istighfar kepada Allah dengan bacaan istighfar

Posting Komentar untuk "Cara dan Doa Sholat Tahajud yang Dianjurkan"