Ajaran, Hukum dan Aturan Agama Islam dengan Dalil Alqur'an dan Hadits Nabi Muhammad SAW

Tuesday, June 24, 2014

Urutan dan Doa Sholat Dhuha Lengkap

| Tuesday, June 24, 2014
Untuk mengawali bahasan tentang doa sholat dhuha lengkap, mari kita kenali apa itu sholat dhuha? Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu matahari sedang naik dengan jumlah rakaat sholat sekurang-kurangnya adalah dua rakaat dan boleh mengerjakannya empat rakaat, enam rakaat atau hingga delapan rakaat. Apabila ingin melaksanakan sholat dhuha 4 rakaat dan seterusnya. Setelah menyelesaikan 2 rakaat, maka kemudian salam dan dilanjutkan 2 rakaat berikutnya dan seterusnya. Setelah itu membaca doa sholat dhuha.

Waktu pelaksanaan sholat dhuha seperti yang sudah diutarakan di atas adalah pada waktu matahari sedang naik. Maksudnya adalah ketika matahari sedang naik setinggi kurang lebih 7 hasta atau dari pukul tujuh hingga sampai masuk waktu sholat dhuhur.

Urutan cara sholat dhuha adalah sebagai berikut :
  • Bersuci dari hadats kecil bisa dengan cara wudhu atau cara tayammum jika tidak ada air atau alasan sakit.
  • Setelah wdhu atau tayammum selanjutnya adalah menuju tempat sholat dan berniat sholat dhuha. Lafadz bacaan niat sholat dhuha adalah :
أصَلِّي سُنَّةَ الضُحَى رَكَعَتَيْنِ لِلهِ تَعالىَ
Dibaca“Ushallii sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa”
Artinnya : “Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah.”
Dalam membaca salah satu surat al-Qur'an untuk lebih utamanya dianjurkan agar pada rakaat pertama pada sholat dhuha surat yang dibaca adalah surat Asy-Syamsu [Wasy Syamsi Wadlhuhaha...dst] dan pada rakaat kedua suart al-Qur'an yang dibaca adalah surat Adl-Dluha [Wadl-Dluhaa wa-laili...dst]
Jika melakukan sholat dhuha lebih dari dua rakaat, maka rakaat-rakaat selanjutnya dilakukan sama seperti contoh diatas.

Doa sholat dhuha

Doa yang dibaca setelah sholat dhuha adalah

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ 
Arti doa sholat dhuha di atas adalah : “Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuha-Mu, kecantikan adalah kecantikan-Mu, keindahan itu keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, dan perlindungan itu perlindungan-Mu, Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar, mudahkanlah, jika haram, sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha-Mu, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh.

Itulah runtutan tata cara secara urut sholat dhuha dan doa sholat dhuha lengkap beserta artinya.
Sebagai motivasi tambahan bagi kita agar bersemangat melakukan sholat dhuha hanya karena Allah, berikut ini adalah sebuah hadits nabi Muhammad SAW tentang sholat dhuha akan dapat menghapus dosa :

Hadtis Riwayat Tirmidzi yang artinya : siapa saja yang dapat mengerjakan sholat dhuha dengan langgeng,akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosanya itu sebanyak busa lautan. [Hr. Tirmidzi]...Subhanallah.......

Related Posts

loading...

No comments:

Post a Comment