Urutan Tata Cara Sholat Tasbih Rinci

Sholat tasbih ialah salah satu sholat sunnah yang bisa dikerjakan pada malam hari ataupun pada siang hari dan yang juga dianjurkan selain sholat malam sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah Nabi Muhhamd saw kepada mamaknya Sayyidina Abbas Ibn Abdul Muthalib. Bagaimana cara sholat tasbih yang benar sesuai ajaran Nabi?

Sholat tasbih ini apabila memungkinkan hendaknya dilakukan pada tiap-tiap malam, kalau tidak bisa tiap malam, maka dikerjakan sekali seminggu, kalau juga tidak bisa seminggu sekali dapat juga dilakukan sebulan sekali atau setahun sekali dan kalau tidak bisa setahun sekali, setidak-tidaknya sekali dalam seumur hidup.

Sholat ini disebut sholat tasbih karena di dalamnya dibacakan tasbih sehingga dalam 4 rakaat itu berjumlah 300 tasbih. Adapun waktu pelaksanaan sholat tasbih adalah sebagai berikut :
  • Apabila dikerjakan pada siang hari, sebaiknya dikerjaan empat rakaat dengan satu kali salam.
  • Apabila dikerjakan pada malam hari, sebaiknya empat rakaat itu dijadikan dua salam.
Cara sholat tasbih secara runtut adalah sebagai berikut :
  • Berdiri lurus menghadap kiblat, kemudian berniat sholat tasbih dengan lafadz niat sholat tasbih adalah sebagai berikut :
Niat sholat tasbih di waktu malam
. أُصَلِّي سُنَّةَ اْلتَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَالَى. الله اكبر
Artinya : Aku niat sholat tasbih dua rakaat, karena Allah Ta'ala. Allahu Akbar
Niat sholat tasbih di waktu siang
. أُصَلِّي سُنَّةَ اْلتَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى. الله اكبر
Artinya : Aku niat sholat tasbih empat rakaat, karena Allah Ta'ala. Allahu Akbar
  • Membaca doa iftitah, membaca al-fatihah dan surat dalam al-Qur'an, kemudian sebelumnya ruku' membaca tasbih 15 kali. Bacaan tasbih adalah sebagai berikut :
سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله اكبر ولا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّهِ العليّ العظيم
Dibaca : subhanallah, wa al-hamdulillah wa laa ilaha illa Allah wa Allah Akbar wa laa haula wala quwwata illa billahil 'Aliyyil 'adzimi
Artinya : Maha suci Allah Yang Maha Esa segala puji bagi Allah dan Allah Dzat yang Maha Agung.
  • Kemudian Ruku' dan setelah membaca tasbih Ruku', lalu membaca pula tasbih seperti tersebut di atas 10 kali, kemudian I'tidal, lalu membaca pula tasbih seperti tersebut di atas sebanyak 10 kali lalu dilanjutkan sujud.
  • Di waktu sujud, sehabis membaca tasbih sujud, kemudian membaca tasbih seperti yang tersebut di atas sebanyak 10 kali, lalu duduk antara dua sujud dan membaca doa duduk antara dua sujud.
  • Setelah selesai membaca doa duduk antara dua sujud, lalu membaca tasbih seperti tersebut di atas sebanyak 10 kali, kemudian sujud yang kedua.
  • Pada sujud kedua setelah selesai membaca tasbih, kemudian membaca tasbih seperti yang tersebut di atas sebanyak 10 kali, lalu sebelum berdiri ke rakaat kedua kita hendaknya "duduk istikharah" lalu sambil duduk istikharah itu kita membaca tasbih seperti tersebut di atas sebanyak 10 kali.
Demikianlah kita laksanakan pada rakaat pertama ini, apabila kita hitung seluruh bacaan tasbihnya berjumlah 75 kali tasbih, dan 75 kali tasbih, dan 75 x empat rakaat = 300 tasbih.

Untuk lebih jelasnya jumlah bacaan tasbih pada sholat tasbih, dapat kita nyatakan sebagai berikut :

Setelah kita selesai membaca surat pada rakaat pertama :
  • Sambil berdiri membaca tasbih ...................15 kali
  • Waktu Ruku' membaca tasbih lagi ..............10 kali
  • Waktu I'tidal membaca tasbih lagi ..............10 kali
  • Waktu sujud membaca tasbih lagi ...............10 kali
  • Waktu duduk di antara dua dujud membaca tasbih ..........10 kali
  • Waktu sujud kedua membaca tasbih ............10 kali
  • Waktu duduk istikharah hendak berdiri .......10 kali
Maka Jumlah keseluruhan adalah 75 kali tasbih
Dikalikan empat rakaat maka jumlah tasbih yang dibaca adalah 300 kali tasbih
Ketika pelaksanaan sholat tasbih, Andaikan kita kelupaan dalam membaca tasbih pada salah satu tempat yang tersebut di atas, maka bacaan tasbih yang kelupaan tersebut dapat digantikan pada tempat berikutnya, agar tetap tasbihnya berjumlah 300 kali tasbih.

Demikianlah penjelasan tata cara sholat tasbih secara rinci beserta tempat-tempat bacaan tasbih dan jumlahnya pada tiap tempat.
Load disqus comments

0 Comments