Subhanallah, Pahala Keutamaan Sholat Berjamaah

Pada bahasan yang sebelumnya telah diutarakan mengenai beberapa hal tentang sholat jamaah yaitu di antaranya dimulai dari sejarah dan hukum dari sholat berjamaah, berbagai hikmah yang dapat diperoleh dari disyari’atkannya sholat berjamaah, tata cara dalam sholat berjamaah, cara memilih dan menjadi imam dalam sholat berjamaah. Pada kesempatan kali sobat ajaran Islam akan bersama-sama dipaparkan tentang pahala-pahala atau bisa juta disebut sebagai keutamaan-keutamaan dari sholat berjamaah yang tentunya akan sangat membawa manfaat dan faedah bagi para pelaku sholat berjamaah ketika di dunia dan lebih-lebih nanti ketika datang waktunya perhitungan hisab amal perbuatan di akhirat kelak.

Baca juga

Mengawali bahasan tentang pahala, keutamaan sholat berjamaah, di bawah ini adalah dalil dari sumber hadits Nabi Muhammad saw. yang menceritakan salah satu keutamaan atau pahala dari sholat berjamaah. Diriwayatkan dari Umar bahwa Nabi saw. bersabda : sholat berjamaah itu lebih utama 27 derajat dibandingkan dengan sholat sendirian (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan yang pertama sholat berjamaah adalah lebih utama 27 derajat

Berdasarkan dalil hadits di atas, maka jelaslah bahwa solat berjamaah lebih utama dan berlipat ganda hingga 27 derajat. Diceritakan dari Jabir ra., begitu inginnya para sahabat dari Bani Salamah untuk memperoleh manfaat pahala keutamaan dari sholat berjamaah sehingga mereka berkeinginan untuk memindah rumah mereka agar dekat dengan masjid Nabi saw.

http://islamiwiki.blogspot.com/
Mendengar keinginan keluarga Bani Salamah, Nabi Muhammad saw. kemudian bertanya langsung kepada mereka tentang niat untuk pindah rumah mendekati Masjid Nabi. Keluarga Bani Salamah pun menjawab pertanyaan Nabi bahwa benar mereka ingin pindah rumah mendekati Masjid. Kemudian Nabi saw. bersabda: wahai Bani salamah, tetaplah ditempat kalian, karena setiap langkah kaki kalian ke masjid akan dicatat satu pahala.

Keutamaan kedua dari sholat berjamaah adalah setiap langkah dapat menghapus dstu kesalahan.

Keutamaan sholat berjamaah selain mendapatkan pahala 27 derajat lebih banyak dari sholat sendirian adalah 
  • Setiap satu langkah kaki ke masjid akan menghapus satu kesalahan
  • Selama di dalam masjid untuk menunggu waktu datangnya sholat, mereka akan tetap mendapat pahala sholat.
  • Setelah selesai sholat belum batal wudhunya dan masih berada di dalam masjid maka para malaikat akan mendoakan bagi mereka dengan doa: Ya Allah, berkahilah dua. Ya Allah rahmatilah dia (muttafaq ‘alaih)

Keluarnya dosa-dosa dari berwudhu

Sebelum mengerjakan sholat, wajib bagi musholli untuk memulainya dengan berwudhu. Wudhu adalah merupakan sarat sahnya sholat. Dan di dalam hadits Nabi yang diriwayatkan dari Malik, Nasa’i, Ibnu Majjah dan Hakim menjelaskan bahwa Wudhu’ yang dikerjakan akan dapat menghapus dosa-dosa. Beliau mengatakan:

Apabila seseorang berwudhu kemudian berkumur, maka dosa-dosanya keluar dari mulutnya. Apabila dia membersihkan hidungnya, maka dosa-dosa akan keluar dari hidung. Apabila mereka membasuh muka, maka dosa-dosa mereka akan keluar dari mukanya hingga dari bawah kelopak mata. Apabila dia membasuh kedua tangannya, maka dosa-dosanya keluar dari tangan hingga dari bawah kuku mereka.

Apabila mereka mengusap kepala, maka dosa-dosa mereka akan keluar dari kepala dan hingga dari kedua telinga mereka. Apabila mereka membasuh kedua kaki, maka dosa-dosa mereka akan keluar dari kedua kaki mereka dan hingga dari bawah kuku kakinya. Dan sholat serta langkah kaki mereka ke masjid menjadi tambahan pahala bagi mereka.  Subhanallah begitu dahsyatnya keutamaan berwudhu.

Baca juga :

Pada saat datang waktu sholat, muadzin akan mengumandangkan adzan baik di mushola ataupun masjid, maka orang-orang yang mendengar adzan disunnahkah untuk menjawab adzan yang dikumandangkan muadzin. Apabila mereka melakukannya, maka orang-orang yang menjawab adzan akan masuk surga. 

Baca juga

Setelah muadzin selesai mengumandangkan adzan, kita yang mendengarkan disunnahkan untuk membaca doa untuk Nabi Muhammad Rasulullah saw. dengan membaca doa untuk Rasulullah ini, niscaya Allah akan memberikan keberkahan sepuluh kali lipat dan yang membaca doa akan mendapatkan syafaat dari Nabi di hari kiamat.

Baca juga:

Di samping hal-hal di atas, disunnahkah dan dianjurkan bagi kita bahwa sebelum dan sesudah sholat fardhu untuk mengerjakan sholat sunnah rawatib. Sholat sunnah ini berguna sebagai penyempurna sholat fardhu yang dikerjakan. 

Setiap sholat sunnah mempunyai keutamaan. Suatu contoh disebutkan dalam sebuah dalil hadits yang artinya: dua rakaat sholat sunnah sebelum subuh lebih baik dibandingkan dunia dan seisinya. (HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i)


Dari penjabaran di atas, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa setiap sholat fardhu yang dikerjakan dengan berjama’ah di masjid ataupun di mushola serta hal-hal yang mengiringinya seperti berwudhu sebelum sholat, adzan, iqomah dan menjawabnya bagi yang mendengarkan, sholat sunnah sebelum dan sesudah, dan lainnya yang mengiringinya ternyata mempunyai keutamaan-keutamaan yang sangat besar yang tentunya akan membawa manfaat serta pahala bagi pelakunya baik di dunia dan lebih-lebih di akhirat kelak. Mari kita giatkan diri kita dan selalu berdoa untuk dapat selalu mengerjakan sholat dengan berjamaah.
Load disqus comments

0 Comments