Peristiwa Terjadinya Hari Akhir

Adapun kejadian-kejadian yang terjadi pada hari kiamat banyak sekali diterangkan dalam Al-Qur'an di antaranya adalah ditiupnya sangkakala pertama, diangkatnya bumi dan gunung-gunung lalu dibenturkan keduanya dengan sekali bentur, kemudian terbelalak langit, dan dijunjungnya Arsy oleh malaikat, dan seterusnya. Hal ini dinyatakan oleh Allah swt. dalam firman-Nya surat Al-Haqqah (69) ayat 13-17: 

 Artinya: "Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup, dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali benturan. Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat, dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi rapuh. Dan para malaikat berada di berbagai penjuru langit. Pada hari itu delapan malaikat menjunjung 'Arsy (singgasana) Tuhan-Mu di atas (kepala) mereka". Dalam surat yang lain yaitu surat Al-Ma'arij (70) ayat 8 dan 9: 

Artinya: "(Ingatlah) pada hari ketika langit menjadi bagaikan cairan tembaga, dan gunung-gunung menjadi bagaikan bulu (yang beterbangan)". Demikianlah peristiwa-peristiwa hari kiamat itu terjadi, yaitu pada suatu hari yang datangnya tidak disangka-sangka atau secara tiba-tiba, mulanya ditiup sangkakala oleh malaikat Israfil. Bunyinya gemuruh, terdengar ke seluruh penjuru alam, langit digulung sehingga hancur menjadi luluhan perak. Gunung-gunung beterbangan seperti bulu yang beterbangan. Kemudian semua manusia, jin, iblis, setan dan para malaikat menjadi musnah atau mati, kecuali Tuhan. 

Setelah hancumya alam ini, maka ada beberapa peristiwa sebagai lanjutan dari pada kiamat, yaitu hari Akhirat. Hal itu melalui beberapa fase di antaranya :
Masing-masing hal tersebut di atas akan dipaparkan dalam artikel tersendiri