Petunjuk dan Keberuntungan VS Kesesatan dan Penderitaan

Para pembaca di Islamiwiki yang baik hati, dalam hidup dan kehidupan senantiasa dihadapkan pada dua hal yang saling bertolak belakang. Pada kesempatan ini blog islamiwiki akan membahas dua hal yang saling bertolak belakang yaitu kesesatan yang membawa kepada penderitaan dan petunjuk yang membawa kepada keberuntungan.

Pada penjabaran di atas terdapat empat hal yang masing-masing terdapat dua hal. Yaitu dua hal yang baik dan dua hal yang buruk. Dua hal yang baik yaitu petunjuk dan keberuntungan dan dua hal yang buruk atau tidak baik yaitu kesesatan dan penderitaan. Bagaimana Allah swt. menjelaskannya? Untuk Siapa kedua hal tersebut?

Petunjuk dan keberuntungan

Lawan dari dua hal keburukan di atas adalah petunjuk dan keberuntungan. Tentang dua hal kebaikan ini Allah swt. menggambarkan tentang dua kebaikan ini adalah untuk para kekasih Allah swt.

Hal ini sebagaimana terdapat dalam dalil Firman Allah swt. di dalam Al-Qur’an dimana Allah swt. menyebutkan tentang sifat-sifat dari orang-orang mukmin.

Firman Allah swt.:

أُوْلَٰٓئِكَ عَلَىٰ هُدٗى مِّن رَّبِّهِمۡۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُفۡلِحُونَ 

Artinya: Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung. (QS. al-Baqarah: 5)

http://islamiwiki.blogspot.com/
Baca juga Maksud dan Tujuan diturunkannya Al-Qur'an

Juga firman Allah swt. dalam surat yang lain, yang berbunyi:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَلَمۡ يَلۡبِسُوٓاْ إِيمَٰنَهُم بِظُلۡمٍ أُوْلَٰٓئِكَ لَهُمُ ٱلۡأَمۡنُ وَهُم مُّهۡتَدُونَ 

Artinya: Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. al-An’am: 82)

Juga di dalam surat yang paling wajib dibaca dan kedudukannya paling agung, mencakup secara keseluruhan, mencakup apa yang dibutuhkan dan paling luas dan banyak manfaatnya, Allah swt. telah menyebutkan tentang kebaikan dan keburukan yaitu dalam firman Allah tersebut yang senantiasa selalu kita ucapkan:

ٱهۡدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلۡمُسۡتَقِيمَ. صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ غَيۡرِ ٱلۡمَغۡضُوبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ 

Artinya: Tunjukilah kami jalan yang lurus. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. (QS. al-Faatihah: 6)

Pada ayat di atas, Allah swt. telah menyebutkan bahwa hidayah dan kenikmatan adalah merupakan petunjuk. Dalam ayat di atas, Allah swt. juga menyebutkan tentang orang-orang yang mendapatkan murka-Nya adalah mereka yang menderita. Disamping itu, Allah swt, juga menyebutkan dalam ayat di atas bahwa orang-orang yang tersesat adalah mereka yang tersesat dari jalan yang lurus.

Kedua golongan orang ini adalah orang-orang yang mengalami kesesatan dan penderitaan yang secara jelas dan eksplisit disebutkan Allah swt. secara bersamaan agar apa yang dituju oleh surat itu diungkapkan dengan lafadz yang paling jelas.

Dalam dalil hadits Nabi saw. Yang artinya: Orang-orang Yahudi adalah orang-orang yang dimurkai dan orang-orang yang sesat adalah orang-orang Nasrani."(HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Kesesatan dan Penderitaan

Berkaitan dengan dua hal keburukan yang sudah disebutkan di atas yaitu kesesatan dan penderitaan, Allah swt telah banyak berfirman di dalam Kitabullah Al-Qur’an yang menerangkan bahwa kedua hal keburukan tersebut akan ditimpakan kepada musuh-musuh Allah.

http://islamiwiki.blogspot.com/
Dalam firman Allah swt. di dalam Al-Qur’an tentang dua hal keburukan mengenai kesesatan dan kesengsaraan atau penderitaan. Allah swt. berfirman:

إِنَّ ٱلۡمُجۡرِمِينَ فِي ضَلَٰلٖ وَسُعُرٖ 

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang berdosa berada dalam kesesatan (di dunia) dan dalam neraka. (QS. al-Qamar ayat 47)

Apa yang dimaksudkan tentang kesesatan dalam firman Allah swt, di atas adalah kesesatan itu sendiri. Sedangkan maksud dari Neraka adalah sebuah adzab dan penderitaan.

Baca juga gambaran Surga dan neraka dalam Al-Qur'an
Baca juga Tujuh Pintu Neraka Jahannam dan penghuninya

Juga Firman Allah swt yang lain tentang kesesatan dan penderitaan.

وَيَوۡمَ يَحۡشُرُهُمۡ كَأَن لَّمۡ يَلۡبَثُوٓاْ إِلَّا سَاعَةٗ مِّنَ ٱلنَّهَارِ يَتَعَارَفُونَ بَيۡنَهُمۡۚ قَدۡ خَسِرَ ٱلَّذِينَ كَذَّبُواْ بِلِقَآءِ ٱللَّهِ وَمَا كَانُواْ مُهۡتَدِينَ 

Artinya: Dan (ingatlah) akan hari (yang di waktu itu) Allah mengumpulkan mereka, (mereka merasa di hari itu) seakan-akan mereka tidak pernah berdiam (di dunia) hanya sesaat di siang hari, (di waktu itu) mereka saling berkenalan. Sesungguhnya rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Allah dan mereka tidak mendapat petunjuk. (QS. Yunus ayat 45)

Semoga kita senantiasa mendapatkan pertolongan dan perlindungan dari Allah swt. dari pilihan kesesatan dan kesengsaraan atau penderitaan yang disebabkan karena ketidaktahuan dan kebodohan. Dan semoga kita senantiasa memperoleh pertolongan dan perlindungan dari Allah sehingga dapat memilih serta mendapatkan petunjuk dan keberuntungan baik du dunia dan di akhirat kelak. Amin…

Posting Komentar untuk "Petunjuk dan Keberuntungan VS Kesesatan dan Penderitaan"