Allah SWT Mempunyai hujjah atas diri Manusia

Salah satu hikmah dari adanya perbuatan dosa dan maksiat yang dilakukan manusia adalah bahwa Allah mempunyai hujjah atas diri manusia. Pemaparan hujjah keadilan-Nya atas hamba adalah agar mereka tahu bahwa Allah SWT punya hujjah atas dirinya (manusia).

Pengertian dari hujjah sendiri secara bahasa, hujjah berarti al-burhan yang dapat diartikan sebagai “alasan”. Dalam pengertian menurut fikih islam, hujjah diartikan sebagai alasan yang harus dikemukakan dalam rangka menetapkan atau mempertahankan pandangan yang menetapkan atau mempertahankan pandangan yang diajukan. Hujah juga disebut sebagai dasar, atau dalil dalam penetapan suatu hukum atau hukuman.

Sehingga apabila seorang atau sekelompok manusia ditimpa suatu musibah tidak berkata, "Dari mana musibah ini? Atas dosa apa aku ditimpa musibah ini?"

Tidak ada satu musibah atau ujian pun, besar atau kecil, yang menimpa seorang hamba kecuali sebagai balasan atas perbuatannya; dan dosa yang diampuni oleh Allah SWT sungguh lebih banyak. Tidak ada satu malapetaka pun kecuali akibat dosa, dan tidak ada satu malapetaka pun yang dihapus kecuali dengan taubat.

Baca juga

Oleh karena itu, Allah SWT meletakkan musibah, ujian, dan malapetaka sebagai rahmat (kasih sayang) di tengah hamba-hamba-Nya. Dengan adanya musibah, ujian, cobaan, malapetaka, Allah SWT menghapuskan dosa-dosa mereka.

Musibah itu adalah salah satu nikmat-Nya yang paling besar meskipun jiwa manusia tidak menyukainya. Seorang hamba tidak tahu mana nikmat Tuhan kepadanya yang lebih besar: nikmat berupa hal yang dibencinya atau nikmat berupa hal yang disukainya.

Dalil hadits Rasulullah saw. bersabda yang artinya:

Tidak ada kelelahan, rasa sakit, duka, kesedihan atau gangguan yang menimpa muslim, bahkan duri yang diinjaknya pun, melainkan Allah menghapus sebagian dosa-dosanya karenanya." (HR Bukhari dan Muslim)

Semua dosa pasti ada hukumannya. Hukuman yang diterima seorang hamba sebelum mati jauh lebih baik dan lebih ringan dari hukuman setelah mati.

Posting Komentar untuk "Allah SWT Mempunyai hujjah atas diri Manusia"