Memahami Sholat Sunnah Sebelum Jumat

Sebelum mengerjakan sholat jum’at, terdapat sholat sunnah muthlaq yang dikerjakan sebelum mengerjakan sholat jumat yaitu sholat sunnah Qabliyah jum’at. Sholat sunnah qabliyah jumat adalah sholat sunnah yang mengiringi dan dilaksanakan sebelum mengerjakan sholat fardhu jumat. Sholat sunnah sebelum/qabliyah jumat ini boleh dikerjakan semampunya sampai khatib naik ke atas mimbar untuk berkotbah. (Hadits Riwayat Bukhari dari Salman Al-Farisi). Sholat sunnah sebelum jumat ini sering dikerjakan para sahabat Nabi saw.


Pada hakekatnya sholat sunnah qabliyah jumat adalah sholat sunnah yang dikerjakan sebelum dimulainya khotbah jumat. Sholat sunnah sebelum jumat adalah sholat sunnah yang dikerjakan di antara adzan dan iqomah pada hari jumat. (HR. Bukhari dan Muslim). Sholat sunnah sebelum jumat juga disebut dengan sholat sunnah Intidzar


http://islamiwiki.blogspot.com/
Ibnu Majah meriwayatkan bahwa Nabi saw.: pada waktu Nabi saw. sedang khotbah jumat, Rasul melihat Sulaik Al-Ghathafani datang dan hendak langsung duduk. Kemudian seketika itu, Nabi saw. bertanya kepada Sulaik dan berkata: apakah dirumah sudah mengerjakan sholat dua rakaat sebelum Jum’at? Sulaik berkata: belum. Kemudian Nabi saw. memerintahkan Sulaik untuk mengerjakan sholat sunnah 2 rakaat secara ringan – semampunya (HR. Ibnu Majah dari Abu Hurairah dari Abu Sufyan dari Jabir, Sunan Ibnu Majah).

Hadits Nabi diriwayatkan dari Ibnu Abbas menerangkan bahwa Nabi saw. mengerjakan sholat sunnah 4 rakaat sebelum jumat dengan satu salam. (Sunan Ibnu Majah

Hadits yang senada, Riwayat Imam Tirmidzi dalam kitabnya Shahih At-Tirmidzi. Bahwa Abdullah Ibnu Masud pernah mengerjakan sholat sunnah sebelum jumat sebanyak 4 rakaat, dan mengerjakan sholat sunnah 4 rakaat sesudah sholat jumat. (HR. Tirmidzi)

Berdasarkan keterangan-keterangan di atas, Imam Nawawi membuat fatwa bahwa solat sunnah qabliyah jumat dan sholat sunnah ba’diyah jumat adalah termasuk sholat sunnah yang harus dikerjakan. (Syarh Muhadzdzab).

Tokoh-tokoh lain selain para sahabat dan Ibnu Abbas yang senantiasa membiasakan mengerjakan sholat sunnah sebelum dan sesudah jum’at 4 rakaat antara lain adalah Ibnu Mas’ud, Sufyan At-Tsauri, dan Ibnu Mubarak. (Shahih Tirmidzi).

Dapat ditarik kesimpulan bahwa sholat sunnah sebelum jum’at atau sholat sunnah qabliyah jumat adalah termasuk dalam sunnah Nabi saw. Barangsiapa yang ingin masuk surga, maka kerjakanlah sunnah-sunnah Rasul dengan tidak meninggalkan yang wajib.

Niat sholat sunnah sebelum jumat

Berikut ini adalah lafadz niat sholat sunnah qabliyah jumat dalam bahwa arab dan bacaannya serta artinya:

أُصَلِّى سُنَّةَ الْجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal-jum’ati rak’ataini qabliyyatal-lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat shalat sunah sebelum Jumat dua rakaat karena Allah Taala.

Niat sholat sunnah sebelum jumat 4 rakaat dengan satu kali salam

أُصَلِّى سُنَّةَ الْجُمْعَةِ اَرْبَعَ رَكَعَةٍ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal-jum’ati arba’a rakaatin qabliyyatal-lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat shalat sunah sebelum Jumat empat rakaat karena Allah Taala.

Setelah selesai mengerjakan sholat sunnah qabliyah jumat, apabila waktunya masih tersedia yaitu khotib belum naik ke mimbar, dianjurkan bagi kita untuk menambah mengerjakan sholat sunnah dengan mengerjakan sholat sunnah Intizhar hingga dikumandangkan adzan setelah khatib naik mimbar.

Demikianlah hal ihwal tentang sholat sunnah sebelum jumat yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw, para sahabat dan para tabiin untuk dikerjakan di hari jumat. Apabila anda ingin menambah sholat sunnah sebelum sholat jumat, maka anda dapat melaksanakan sholat sunnah Intizhar atau sholat sunnah Muthlaq. Mengenai sholat sunnah tersebut akan dipaparkan pada artikel berikutnya.
Load disqus comments

0 Comments