Mencari Istri Sholehah Berdasarkan Hadits Nabi

Setiap manusia yang ada di mula bumi ini sudah ditakdirkan oleh Allah untuk berpasang-pasang.  Hal ini adalah sebagaimana firman Allah swt. dalam surat-surat an ayat berikut ini: Al-Hujurat 49: ayat 13, an-Nisa: 4: ayat 1, an-Nahl:16: ayat 72, At-Taubah: 9: ayat 71. Meskipun demikian, manusia juga diberi keleluasaan oleh Allah untuk mengubah nasib mereka sendiri-sendiri. Dalam hal ini, maka manusia wajib melakukan usaha terbaik untuk dapat mendapatkan jodoh yang terbaik dalam Islam yaitu yang sholeh dan sholehah.


Firman Allah swt. dalam al-Qur’an tentang dalil perkawinan:

وَأَنكِحُواْ ٱلۡأَيَٰمَىٰ مِنكُمۡ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنۡ عِبَادِكُمۡ وَإِمَآئِكُمۡۚ إِن يَكُونُواْ فُقَرَآءَ يُغۡنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضۡلِهِۦۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٞ

Artinya: Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (An-Nur: 32).


http://islamiwiki.blogspot.com/
Berikut ini adalah beberapa pedoman, atau rambu-rambu yang bersumber dari dalil hadits Nabi Muhammad saw. untuk mendapatkan jodoh wanita atau istri yang sholehah.

Pedoman pertama adalah baik dalam empat hal terutama agamanya

Apa empat tersebut, di terangkan dalam sebuah hadits Nabi yang artinya sebagai berikut: hendaknya seseorang memilih istri sholehah dengan syarat-syarat sebagai berikut: Wanita itu dinikahi karena empat hal yaitu hartanya, keturunannya, kecantikannya dan agamanya. Maka hendaknya engkau utamakan wanita yang memiliki agama, (jika tidak) niscaya kedua tanganmu akan berdebu (miskin, merana. Hadits riwayat Al-Bukhari)

Dari hadits di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dari ke empat hal tersebut, kriteria atau syarat yang paling menjadi prioritas dan utama adalah kebaikan dalam agamanya. Setelah itu baru tiga kriteria yang lain.

Carilah Wanita yang sholehehah.

"Dunia semuanya adalah kesenangan, dan sebaik-baik kesenangan dunia adalah wanita shalihah''. Hadits riwayat Muslim (1468), cet. Abdul Baqi; dan riwayat An-Nasa'i dari Ibnu Amr, Shahihul Jami', hadits no


Carilah Wanita/Istri yang beriman

"Hendaklah salah seorang dari kamu memiliki hati yang bersyukur, lisan yang selalu dzikir dan isteri beriman yang menolongnya dalam persoalan akhirat". (Hadits riwayat Ahmad, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Tsauban, Shahihul Jami')


Terdapat 3 kategori iman yang sempurna yaitu membenarkan dengan hati, kemudian pengakuan tersebut diikrarkan dalam bentuk lisan, dan dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata. Dalam Islam dikenal enam rukun iman, yaitu Beriman kepada ALLAH SWT, Beriman kepada Malaikat-malaikat-Nya, Beriman kepada Kitab-kitab Allah, Beriman kepada Rasul-rasul-Nya, Beriman kepada Hari Kiamat dan Beriman kepada Qada dan Qadar.

Baca juga Hari kiamat

Juga diriwayatkan dalam hadits lain: dan isteri sholehah yang menolongmu atas persoalan dunia dan agamamu adalah sebaik-baik (harta) yang disimpan manusia". Hadits riwayat Al-Baihaqi dalam Asy-Syu'ab dari Abu Umamah.

Wanita yang subur dan penuh cinta

Dalil hadits Nabi Muhammad saw.: Kawinilah perempuan yang penuh cinta dan yang subur peranakannya. Sesungguhnya aku membanggakan dengan banyaknya jumlah kalian di antara para nabi pada hari Kiamat.. hadits sahih, riwayat Imam Ahmad dari Anas.

Wanita yang dapat memberi keamanan dan ketentraman hati.

Dalil hadits Nabi: Dan di antara kebahagiaan adalah wanita sholehah, engkau memandangnya lalu engkau kagum dengannya, dan engkau pergi daripadanya tetapi engkau merasa aman dengan dirinya dan hartamu. Dan di antara kesengsaraan adalah wanita yang apabila engkau memandangnya engkau merasa enggan, lalu dia mengungkapkan kata-kata kotor kepadamu, dan jika engkau pergi daripadanya engkau tidak merasa aman atas dirinya dan hartamu" Hadits sahih riwayat Ibnu Hibban dan lainnya.

Wanita masih gadis dan Qanaah

Hendaknya memilih calon istri yang yang masih gadis dan Qanaah sebagai dalil hadits Nabi saw.

Dalil hadits Nab saw.: (Nikahilah) gadis-gadis, sesungguhnya mereka lebih banyak keturunannya, lebih manis tutur katanya dan lebih menerima dengan sedikit (qana'ah)". Hadits riwayat lbnu Majah, dan alam As-Silsilah Ash-Shahihah.

Dalam riwayat hadits lain diterangkan : "Lebih sedikit tipu dayanya". Sebagaimana wanita sholehah adalah merupakan salah satu sebab dari empat sebab kebahagiaan maka sebaliknya wanita yang tidak sholihah adalah salah satu sebab dari empat penyebab kesengsaraan. Seperti tersebut dalam hadits shahih.

Hal lain yang perlu menjadi perhatian.

Juga perlu diperhatikan adalah keadaan orang yang meminang wanita sholehah yang akan menjadikan wanita sholehah ini sebagai istri. Yaitu baru mengabulkan permintaan untuk meminang setelah memenuhi beberapa syarat berikut ini: apabila datang seseorang kepadamu yang engkau rela terhadap akhlak dan agamanya maka nikahkanlah, apabila tidak kamu lakukan niscaya akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang besar. Hadits sahih riwayat Ibnu Majah.

Untuk mengetahui akhlak dan agamanya, hendaknya terlebih dahulu dilakukan pencarian informasi, penelitian dan hal sejenisnya dari berbagai sumber yang dapat dipercaya dan akurat. Sehingga kelak nantinya tidak merusak dan menghancurkan rumah tangga yang dibangun oleh yang bersangkutan.

Laki-laki yang sholeh apabila mendapatkan jodoh atau istri yang sholehah akan dapat membangun rumah tanggal yang baik. Sebab, sejatinya, Negeri yang baik dan dengan izin Allah swt. akan juga dapat melahirkan tanaman-tanaman yang baik pula, sedangkan negeri yang buruk tidak akan keluar tanaman daripadanya kecuali dengan susah payah.

Posting Komentar untuk "Mencari Istri Sholehah Berdasarkan Hadits Nabi"