Menggiurkannya Keutamaan Sholat Dhuha

Shalat dhuha merupakan sholat sunnah yang mempunyai rahasia yang mana terdapat berbagai keutamaan-keutamaan. Apabila keutamaan-keutamaan sholat dhuha ini diketahui, maka niscaya orang-orang mukmin tidak akan melewatkan untuk mengerjakan sholat sunnah dhuha.

Berikut ini adalah keutamaan sholat dhuha berdasarakan dalil hadits Nabi Muhammad saw. yang menjadi suri tauladan bagi umat Islam.

Keutamaan sholat dhuha yang pertama adalah diampuninya dosa-dosa.

Rasulullah Nabi Muhammad Saw. Bersabda : barang siapa yang mengerjakan shalat Subuh kemudian dia duduk dan tidak mengucapkan kata-kata yang sia-sia, melainkan berdzikir kepada Allah Swt. hingga sampai dia mengerjakan shalat dhuha sebanyak empat rakaat, maka terhapus bersih dosa-dosanya layaknya seorang anak yang baru lahir dari ibunya, dia tidak mempunyai dosa." (HR Abu Ya'la).

Juga diterangkan dalam hadits lain : Barang siapa yang menjaga shalat dhuhanya, maka akan diampuni dosa-dosa, meskipun dosanya sebanyak buih di lautan." (H R Ibnu Majah).

Keutamaan kedua sholat dhuha adalah dimasukkan ke dalam surga melewati pintu dhuha.

Dalil hadits Nabi Muhammad Saw. bersabda : Sesungguhnya di dalam surga kelak ada pintu yang diberi nama adh-Dhuha, dan pada hari kiamat nanti akan terdengar suara panggilan, dimanakah orang-orang yang melanggengkan (menjaga) shalat dhuha, ini adalah pintu bagi kalian, masuklah kalian semua dengan  rahmat dari Allah  SWT."(HR Thabrani).

Keutamaan ketiga sholat dhuha adalah sebagai pengganti sedekah anggota badan

Mengenai keutamaan di atas, Nabi Muhammad Saw. bersabda : "Setiap sendi tubuh dari setiap orang di antara kalian harus disedekahi pada setiap harinya. Mengucapkan satu kali tasbih (Subhanallah) itu sama dengan satu sedekah, mengucapkan satu kali tahmid (Alhamdulillah) itu sama dengan satu sedekah, mengucapkan satu kali tahlil (La ilaha illallah), itu sama dengan satu sedekah, mengucapkan satu kali takbir (Allahu Akbar), itu sama  dengan satu sedekah, menyuruh satu kali kebaikan, itu sama dengan satu sedekah, dan mencegah satu kali kemungkaran, itu  sama dengan satu sedekah. Kesemuanya itu bisa dicukupi dengan mengerjakan dua rakaat shalat dhuha." (HR Muslim, Abu Dawud).

Perlu diketahui bahwa pada tubuh manusia mempunyai 360 sendi, dimana setiap harinya pada setiap sendi harus dan hendaknya dikeluarkan sedekah. Tentu saja ini adalah merupakan pekerjaan yang sulit untuk diimplementasikan atau dilaksanakan. Namun, Nabi Muhammad Saw. memberikan penyelesaian yang praktis untuk mengatasinya, yaitu menggantinya dengan hanya mengerjakan shalat dhuha dua rakaat. Subhanallah….

Keutamaan sholat dhuha yang keempat adalah memperoleh pahala setara dengan ibadah haji dan ibadah umrah.

Mengenai keutamaan di atas, Nabi Muhammad saw. bersabda : Barang siapa yang mengerjakan shalat Subuh  dengan berjamaah lalu duduk berdzikir kepada Allah sampai dengan matahari terbit dan kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan dua rakaat shalat dhuha, maka bagi mereka pahala seperti haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya. (HR Tirmidzi).

Keutamaan sholat dhuha yang kelima adalah dicukupi kebutuhan hidup.

Tentang keutamaan di atas, dalil dalam hadits Qudsi, Allah Swt. Telah berfirman : Wahai anak Adam, ruku'lah (shalatlah) karena Aku di awal siang (shalat dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)-mu hingga sore hari." (HR Tirmidzi).

Keutamaan sholat dhuha yang keenam adalah dibangunkan istana dari emas.

Mengenai keutamaan di atas, Nabi Muhammad Saw. bersabda : Barang siapa mengerjakan shalat dhuha dua belas rakaat, maka Allah Swt. akan membangunkan untuk mereka istana yang terbuat dari emas di surga." (HR Ibnu Majah).

Itulah menakjubkannya keutamaan sholat dhuha yang diterangkan dalam hadits Nabi Muhammad saw. dan hadits Qudsi dalam firman Allah. Bukankah kesemuanya itu adalah hal yang menggiurkan bagi kita umat Islam. Semua keutamaan-keutamaan itu dengan ijin dan ridho Allah akan diperoleh bagi hamba-hamba Allah yang senantiasa selalu menjaga dan membiasakan sholat dhuha.

Posting Komentar untuk "Menggiurkannya Keutamaan Sholat Dhuha"