Ajaran, Hukum dan Aturan Agama Islam dengan Dalil Alqur'an dan Hadits Nabi Muhammad SAW

Thursday, September 13, 2018

Berbuka Puasa Ramadhan Tanpa Udzur Di Siang Hari

| Thursday, September 13, 2018
Puasa ramadhan wajib hukumya dikerjakan bagi setiap muslim yang sudah memenuhi syarat. Terdapat waktu tersendiri untuk berbuka puasa. Namun, bagaimana hukum dan ancaman bagi mereka yang berbuka puasa ramadhan di siang hari tanpa udzur atau halangan apapun?

Berikut ini adalah keterangan-keterangan dalam AL-Qur’an dan dalil hadits Nabi Muhammad saw tentang berbuka puasa Ramadhan tanpa adanya halangan atau tanpa udzur yang diperbolehkan.
berbuka puasa ramadhan


Allah swt berfirman di dalam Kitabullah AL-Qur’an

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ ١٨٣ أَيَّامٗا مَّعۡدُودَٰتٖۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٖ فَعِدَّةٞ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَۚ وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدۡيَةٞ طَعَامُ مِسۡكِينٖۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيۡرٗا فَهُوَ خَيۡرٞ لَّهُۥۚ وَأَن تَصُومُواْ خَيۡرٞ لَّكُمۡ إِن كُنتُمۡ تَعۡلَمُونَ ١٨٤ 

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. al-Baqarah: ayat 183-184)

Rasulullah saw. bersabda:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " بُنِيَ الإِسْلامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ " رواه البخاري 8 ومسلم 16

Islam itu dibangun di atas lima pondasi: kesaksian bahwa tiada ilah yang berhak diibadahi selain Allah dan bahwa Muhammad itu Rasulullah, mendirikan shalat, membayar zakat. haji ke Baitullah, dan puasa Ramadlan. (dalil Hadits Diriwayatkan oleh Ahmad (2/143). Al-Bukhari (8, 16, 22), Muslim (16), At-Tirmidzi (2609). An-Nasa'i (8/107), Al-Humaidi (703), dan lbnu Khuzaimah (309).

Beliau juga bersabda:

Barangsiapa berbuka satu hari dari bulan Ramadlan tanpa adanya udzur, sesungguhnya tidak dapat digantikan dengan puasa sepanjang masa, meskipun  ia melakukannya. (Dha’if.. Diriwayatkan oleh Ahmad (2/442. 470). Abu Dawud (2396), At-Tirmidzi (726), An-Nasa'i dan lbnu Majah (1672), dan lbnu Khuzaimah ( 1987. 1988): dari Abu Hurairah. Syaikh Al-Albani men-dha’if-kannya dalam Dha’iff Abi Dawud dan Dha’if A/-Jami'(5471 ).

Ibnu Abbas berkata, "Tali ikatan Islam dan pokok-pokok dien itu ada tiga; kesaksian bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi kecuali Allah, shalat, dan puasa Ramadlan. Barangsiapa meninggalkan salah satunya, niscaya telah kafirlah ia." 

Kesimpulan tentang berbuka puasa ramadhan di siang hari


Dari keterangan-keterangan dalam dalil firman Allah dan hadits Nabi di atas, maka dapat kita simpulkan sebagai berikut:

  • Bagi mereka yang diperbolehkan untuk berbuka puasa Ramadhan karena udzur atau halangan seperti sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya seperti ketika hamil, datang bulan (haid) (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin.
  • Bagi mereka yang dengan sengaja berbuka puasa ramadhan di siang hari tanpa udzur atau halangan apapun, maka puasa yang telah mereka tinggalkan tidak dapat diganti dengan puasa sepanjang masa. Wallahu a’lam.
Baca juga :
Marilah kita selalu menjaga puasa kita terutama puasa wajib ramadhan. Dan teriring selalu usaha dan doa agar kita mendapatkan perlindungan dari Allah swt dari berbuka puasa ramadhan di siang hari pada bulan Ramadhan. Kita semua berlindung kepada Allah dari hal itu.

Related Posts

No comments:

Post a Comment