Cara Sholat Taubat dan Doanya

Sholat taubat merupakan sholat sunnah yang dilakukan setelah seseorang melakukan dosa atau merasa berbuat dosa, dan kemudian bertaubat kepada Allah swt. Bertaubat dari sesuatu dosa artinya adalah seseorang menyesal atas perbuatan yang telah dilakukannya dan berniat untuk tidak akan melakukannya lagi disertai permohonan ampunan kepada Allah swt

Cara sholat taubat pada intinya adalah sama seperti tata cara sholat fardhu dengan jumlah rakaat sholat antara 2, 4 sampai 6 rakaat, dengan setiap2 rakaat salam. Setelah sholat kemudian berdzikir dan berdoa dengan doa sholat taubat.

Hal-hal yang penting dalam sholat taubat adalah sebagai berikut :

1. Bacaan atau lafadz niat sholat taubat adalah sebagai berikut :

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى. الله اكبر

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala. Allahu Akbar

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah. Allah Maha Besar

2. Doa sholat taubat

Setelah selesai sholat taubat, kemudian berdzikir setelah sholat, kemudian membaca doa sholat taubat dengan Bacaan doa sholat taubat adalah sebagai berikut :

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِىْ لَااِلَهَ اِلّاَهُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمِ لَايَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّاوَلاَ نَفْعًا وَلَامَوْتاً وَلَاحَيَاةً وَلَانُشُوْرًا.

Artinya : saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, saya mengakui bahwa tiada Tuhan selain Allah, Tuhan yang hidup terus dan selalu mengawasi, saya memohon taubat kepada-Nya, selaku taubatnya seorang hamba yang banyak berdosa, yang tidak mempunyai daya upaya untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.

3. Memperbanyak membaca induk istighfar

Pada sholat tasbih, sangat baik dan sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca induk istighfar yang bacaannya adalah sebagai berikut :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَااِلَهَ اِلّاَ اَنْتَ. خَلَقْتَنِى وَاَنَاعَبْدُكَ وَاَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ. اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَاصَنَعْتُ اَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَىَّ وَاَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِى فَاِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اَنْتَ

Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu sedapat mungkin aku lakukan. Aku mohon berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah Engkau ciptakan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tidak ada yang dapat memberi pengampunan, kecuali hanya Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan dari segala kejahatan apa yang kulakukan.

Dalil hadits Nabi yang menerangkan tentang anjuran dari Rasulullah untuk mengerjakan sholat taubat adalah sebagai berikut :


مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا، ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرثُمَّ يُصَلِّىثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّه؛َ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ اولئك جزاءهم مغفرة من ربهم وجنات تجرى من تحتهاالانهار خالدين فيها

Artinya : Setiap orang yang pernah berbuat dosa, kemudian segera bergerak dan berwudhu', kemudian sholat lalu memohon ampunan dari Allah, pasti Allah akan memberikan ampunan baginya. Setelah itu dibacanya surat ini : Mereka yang pernah mengerjakan kejahatan atau telah berbuat dosa terhadap dirinya sendiri, lalu mereka segera ingat kepada Allah, terus memohon ampunan atas dosanya. Siapa pula yang akan mengampuni segala dosa kalau bukan Allah. Sesudah itu mereka insyaf dan sadar bahwa tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa seperti yang sudah-sudah, maka mereka itu akan diganjar dengan suatu pengampunan dari Allah dan akan diberi pahala dengan surga dimana dibawahnya mengalir air sungai-sungai, nun disitulah tempat mereka kekal abadi.

Perilaku taubat merupakan kewajiban bagi kita manusi selaku manusia dimana sudah kodratnya menjadi tempat berbuat salah dan dosa. Hendaknya setiap kita melakukan dosa seperti yang telah diterangkan di atas, hendaknya kita melakukan sholat taubat dengan tata cara sholat taubat beserta doa sholat taubat seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah dalam hadits di atas agar kita memperoleh pengampunan atas dosa-dosa kita.

Posting Komentar untuk "Cara Sholat Taubat dan Doanya"