Melawan Godaan-Godaan Penghalang Manusia Beribadah

Manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Namun, demikian, kewajiban manusia adalah melakukan taubat atas kesalahan dan dosa yang dilakukannya dengan taubat yang sebenar-benarnya taubat. Setelah melakukan taubat yang baik dan dengan sebenar-benarnya taubat, kemudian timbul niat untuk mengerjakan ibadah-ibadah yang diperintahkan oleh Allah swt. serta menjauhi segala larangan-larangan-Nya. akan tetapi niat tersebut dapat terganggu oleh godaan-godaan yang akan tetap selalu ada dalam pikiran manusia yang dapat menghalangi manusia dalam melaksanakan niat tersebut.

Baca juga Macam-macam Dosa


Terdapat empat macam godaan-godaan yang sifatnya selalu ada dan tetap dan dapat menghalangi niat seseorang dalam melaksanakan niat ibadah adalah dunia, manusia, setan dan hawa nafsu.

Oleh sebab itu, seseorang yang berkeinginan untuk dapat mencapai tujuan ibadah sebagaimana niat yang mereka ikrarkan, maka mereka harus mampu dan dapat melewati setiap godaan-godaan yang ditimbulkan oleh empat perkara di atas.

Bagaimana cara melawan, melewati dan menghadapi godaan-godaan tersebut di atas??

Untuk dapat melawan, menghadapi agar dapat melewati godaan-godaan di atas, maka seseorang wajib menempuh dan menjalaninya dengan empat cara, yaitu sebagai berikut:
  • Cara pertama adalah dengan membulatkan tekad sehingga kesenangan dunia tidak dapat menggoyahkan tekad dan niat.
  • Cara yang kedua adalah dengan menjaga diri serta senantiasa waspada sehingga tidak tersesat oleh karena godaan orang lain.
  • Cara yang ketiga adalah dengan memerangi musuh yang nyata bagi manusia yaitu setan dengan segala tipu daya setan.
  • Cara yang keempat adalah hendaknya mampu mengendalikan hawa nafsu.
http://islamiwiki.blogspot.com/
Dari keempat macam godaan tetap di atas, godaan yang paling sukar dan terberat adalah memerangi dan mengendalikan hawa nafsu. Hal ini dikarenakan, hawa nafsu tidak dapat dikikis sampai habis, sampai terpisah dari  hawa nafsu, karena  hawa nafsu juga  memiliki  manfaat,  selama  hawa nafsu ini tidak mengendalikan dan mengalahkan pikiran kita.


Manusia tidak mungkin dapat mematikan hawa nafsu, namun hendaknya tidak membiarkan hawa nafsu kita dapat mengendalikan pikiran kita. Karena sudah kodrat manusia diciptakan dengan empat sifat yang salah satunya adalah mempunyai hawa nafsu. Dan manusia tidak mungkin hidup tanpa adanya hawa nafsu.


Berbeda dengan makhluk Allah swt yang namanya setan. Setan dapat ditaklukkan dengan mutlak. Bahkan, setan yang menggoda Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Dapat ditaklukkan Nabi saw. dan kemudian masuk lslam.

Dari contoh Nabi saw. yang mampu menaklukkan setan dengan mutlak dan dapat mengajaknya masuk Islam. Maka, kita hendaknya wajib dapat mengalahkan setan dengan mutlak. Sehingga kita dapat mengatasi salah satu godaan tetap dari setan.

Hawa nafsu akan selalu ada dalam diri manusia. Namun, kita tidak akan mungkin dapat mengalahkannya hingga mematikannya, akan tetapi kita dituntut untuk harus dapat mengendalikan hawa nafsu. Sebab, sifat hawa nafsu ini tidak akan menuntun manusia untuk berbuat kebajikan dan kebaikan, melainkan menuntun manusia untuk berbuat keburukan dan kesesatan.

http://islamiwiki.blogspot.com/
Sifat hawa nafsu sangat sulit untuk diajak kompromi guna membulatkan tekad hati untuk beribadah kepada Allah swt. Hal ini dikarenakan hawa nafsu senantiasa akan menjauhkan kita dari Allah swt.

Apabila kita menuruti hawa nafsu, maka hal ini hanya akan membuat kita menjadi lupa kepada Allah swt. Oleh karena itu, maka manusia memerlukan alat yang dapat mengendalikan hawa nafsu, alat untuk mengendalikan hawa nafsu adalah taqwa.


Hawa nafsu, apabila dapat kita ibaratkan adalah seperti mengendalikan kida liar yang binal. Maka kita sebagai hamba Allah yang taqwa harus dapat mengendalikan hawa nafsu untuk hal-hal kebenaran dan kebaikan. Dan jangan sampai hawa nafsu ini terjerumus kepada hal dan perkara yang dapat merusak, menyesatkan dan mencelakakan diri sendiri dan orang lain.

Godaan-godaan tetap akan selalu ada dan menggoda manusia dalam menjalankan ibadah dan perintah Allah swt. Mari kita senantiasa memohon pertolongan Allah swt dengan selalu berdoa, berusaha dan bertawakkal kepada-Nya sehingga kita dapat menjalankan Ibadah kepada Allah swt. dan mendapat ridhanya. Amin.

Posting Komentar untuk "Melawan Godaan-Godaan Penghalang Manusia Beribadah"