Seruan Kepada Orang Beriman, Ahli Kitab, Manusia

Seruan atau menyeru atau boleh dikatakan memerintah adalah salah satu metode dalam pendidikan secara islami baik kepada anak, orang dewasa secara individu, kelompok atau masyarakat. Berikut ini adalah contoh-contoh seruan atau perintah yang ada dalam Al Qur'an al karim kepada orang-orang yang beriman, kepada para ahli kitab dan kepada para manusia secara umum.

Seruan atau perintah kepada orang-orang yang beriman

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Q.S. 2:153)

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya, dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. (Q.S. 3:102)

Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada sesuatu yang memberi kehidupan kepada kamu. (Q.S. 8:24)

Seruan Kepada Ahli Kitab

Hai ahli Kitab, marilah kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatu pun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan yang lain sebagai Tuhan selain daripada Allah. Jika mereka ber­paling maka katakanlah kepada mereka, "Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang menyerahkan diri (kepada Allah)". (Q.S. 3:64)

Hai ahli kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al-Kitab yang kamu sembunyikan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan. (Q.S. 5:15)

Hai ahli kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikit pun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil dan Al-Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Sesungguh­nya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhan­mu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada ke­banyakan dari mereka; maka jangan kamu bersedih hati ter­hadap orang-orang yang kafir itu. (Q.S. 5:68)

Seruan Kepada Umat Manusia

Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu ber­takwa. Dia-lah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rizki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (Q.S. 2:21-22)

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mu'jizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang-benderang (Al-Qur'an). (Q.S. 4:174)

Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusukannya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi adzab Allah itu sangat kerasnya. (Q.S. 22:1-2)

Posting Komentar untuk "Seruan Kepada Orang Beriman, Ahli Kitab, Manusia"