Hikmah dan Amalan Sunnah Puasa Ramadhan

Dalam puasa ramadhan terkandung berbagai hikmah dari hikmah kesehatan hingga pahala syurga bagi yang berpuasa ramadhan. Dalam puasa ramadhan dianjurkan untuk mengerjakan amalan-amalan sunnah untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari keutamaan puasa bulan Ramdahan. 

Pengertian puasa ramadhan adalah adalah puasa yang diwajibkan terhadap setiap Muslim selama sebulan penuh pada bulan Ramadan. Selain puasa ramadhan terdapat puasa wajib yang lain yaitu puasa nazar, dan puasa kifarat. Hukum dari puasa Ramadan adalah puasa wajib yang harus dilakukan oleh segenap umat atau kaum muslim.

Bulan Ramadan adalah bulan kesembilan dalam bulan Islam. Bulan ini merupakan bulan yang penuh berkah, penuh dengan ampunan Allah SWT. dan rahmat-Nya. Di dalamnya terdapat malam yang lebih mulia dari seribu bulan yaitu malam lailatul qadar. Begitu pula Al-Qur'an diturunkan pertama kali di salah satu malam pada bulan Ramadhan.

Puasa Ramadan diwajibkan oleh Allah SWT. untuk pertama kalinya pada tahun kedua Hijriah. Pada waktu itu, Rasulullah baru menerima perintah memindahkan arah kiblat dari Baitul Makdis di Palestina ke arah Masjidil Haram di Mekah.

Perintah untuk melaksanakan puasa Ramadan didasarkan pada Al-Qur'an dan Hadits. Dalil yang menyatakan kewajiban puasa yang terdapat dalam Al-Qur'an ditegaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 183-185

Surat Al-Baqarah ayat 183-184

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) beberapa hari tertentu." (Q.S. Al-Baqarah: 183-184)
Surat Al-Baqarah ayat 185: 

Artinya: "Bulan Ramadan, adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al- Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah ..." (Q.S. Al-Baqarah: 185)'

Hadits yang menerangkan kewajiban berpuasa antara lain sebagai berikut. Sabda Rasulullah saw.

بني الأسلام على خمس: شهادة أن لاإلاإله إلاّ الله وانّ محمّدا رسول الله وإقام الصّلاة وإبتاء الزّكاة وحجّ البيت وصوم زمضان. (رواه البخارى ومسلم وأحمد)

Artinya: "Islam itu ditegakkan di atas 5 dasar: (1) bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang (patut disembah) kecuali Allah, dan bahwasanya Nabi Muhammad saw. itu utusan Allah, (2) mendirikan salat lima waktu, (3) membayar zakat, (4) mengerjakan haji ke Baitullah, (5) berpuasa pada bulan Ramadhan." (II.R. Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Sabda Rasulullah saw yang artinya :"Dari Ibnu Umar. Ia berkata: "Saya telah mendengar Nabi besar saw. bersabda, "Apabila malam datang, siang lenyap dan matahari telah terbenam, maka sesungguhnya telah datang waktu berbuka bagi orang yang puasa." (II.R. Bukhari dan Muslim)

Apa saja Hikmah melaksanakan puasa?

Ada beberapa hikmah keutamaan puasa yaitu sebagai berikut.
Apa saja amalan-amalan sunnah yang sebaiknya dikerjakan ketika puasa Ramadan?

Pada bulan Ramadan, ada amalan-amalan sunnah [sunnah-sunnah puasa] yang baik kita lakukan, antara lain:
  • Bersegeralah berbuka puasa jika waktu berbuka puasa telah tiba;
  • Berbuka dianjurkan dengan makanan atau minuman yang manis terlebih dahulu;
  • Sebelum berbuka puasa sebaiknya membaca doa sebelum berbuka puasa, yaitu:

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Artinya: Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rizki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang paling welas asih, dahaga telah hilang, dan urat-urat telah basah, dan mudah-mudahan ganjarannya ditetapkan."
  • Mengakhirkan makan sahur (menjelang matahari terbit);
  • Jika anda mempunyai kelebihan rezeki, sedekahkan kepada orang yang sedang berpuasa atau mengajak mereka untuk buka puasa bersama;
  • Dianjurkan untuk memperbanyak tadarus atau membaca Al-Qur'an;
  • Melaksanakan salat malam tarawih bisa sendirian dan berjamaah [lebih utama berjamaah];
  • Menyempatkan diri untuk beri'ktikaf di mesjid untuk beribadah.

Posting Komentar untuk "Hikmah dan Amalan Sunnah Puasa Ramadhan"