Keutamaan Ilmu, Para Ahli Ilmu: Tingkat Derajat Besar & Agung

Apa salah satu keutamaan ilmu dan keutamaan bagi ahli ilmu yang utama? Pada kesempatan yang lalu telah kami paparkan tentang siapakah yang sebenarnya disebut sebagai orang yang ahli ilmu atau ahlul ilmu. Menyambung bahasan tersebut, berikut ini akan kami sampaikan tentang keutamaan-keutamaan ilmu dan keutamaan bagi para ahli ilmu berdasarkan keteterangan dari sumber Kitabullah al-Qur’an Al-Karim.

Apa salah satu keutamaan ilmu dan para ahlul ilmu?

Salah satu keutamaan ilmu dan para ahli ilmu syariat adalah Tingkat dan derajat yang besar dan agung. Keutamaan ilmu dan Orang berilmu adalah Mendapatkan Tingkatan yang besar dan agung sebagaimana Firman Allah di dalam Al-Qur’an:
وَعَلَّمَ ءَادَمَ ٱلۡأَسۡمَآءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمۡ عَلَى ٱلۡمَلَٰٓئِكَةِ فَقَالَ أَنۢبِ‍ُٔونِي بِأَسۡمَآءِ هَٰٓؤُلَآءِ إِن كُنتُمۡ صَٰدِقِينَ ٣١ قَالُواْ سُبۡحَٰنَكَ لَا عِلۡمَ لَنَآ إِلَّا مَا عَلَّمۡتَنَآۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلۡعَلِيمُ ٱلۡحَكِيمُ ٣٢ قَالَ يَٰٓـَٔادَمُ أَنۢبِئۡهُم بِأَسۡمَآئِهِمۡۖ فَلَمَّآ أَنۢبَأَهُم بِأَسۡمَآئِهِمۡ قَالَ أَلَمۡ أَقُل لَّكُمۡ إِنِّيٓ أَعۡلَمُ غَيۡبَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ وَأَعۡلَمُ مَا تُبۡدُونَ وَمَا كُنتُمۡ تَكۡتُمُونَ ٣٣
“Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama­nama (benda­benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman:"Sebutkanlah kepada­Ku nama benda­benda itu jika memang kamu orang yang benar!" Mereka menjawab:"Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Allah SWT berfirman:"Hai Adam, beritahukan kepada mereka nama­nama benda ini". Maka setelah diberitahukannya nama­nama benda itu, Allah SWT berfirman:"Bukankah sudah Kukatakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan” (QS. Al Baqarah ayat : 31­33)
keutamaan ilmu syariat
al-quran
Dari Al Qurthubi Rh menafsirkan firman Allah SWT dia tas, beliau berkata: Firman Allah SWT Swt < Hai Adam, beritahukan kepada mereka nama­nama benda ini> di dalamnya ada mengandung maksud:
Pertama: Firman Allah SWT Swt: < beritahukanlah kepada mereka nama­nama benda itu>. Hal ini berarti bahwa Allah SWT menyuruh untuk mengajarkan kepada mereka nama­nama benda tersebut setelah mengemukakannya kepada para malaikat, agar supaya mereka tahu bahwa dia lebih tahu dengan apa yang mereka tanyakan sebagai peringatan akan keutamaannya dan ketinggian kedudukannya, dan dia yang lebih diutamakan oleh Allah SWT daripada mereka dan mereka di perintahkan untuk bersujud kepadanya serta menjadikan mereka sebagai murid­muridnya dan menyuruh mereka untuk belajar darinya, sehingga dia mendapatkan tingkatan yang besar dan agung dengan menjadikannya sebagai orang yang mendapat sujud, diistimewakan dengan ilmu.
Maksud Kedua yang ada di dalam ayat tersebut di atas menunjukkan akan keutamaan ilmu dan keutamaan orang yang berilmu, dan di dalam hadits sebagai berikut:
وَاِنَّ الْمَلآئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطاَلِبِ الْعِلْمِ
Artinya: “Dan sesungguhnya para malaikat akan menurunkan sayapnya dengan ridha kepada penuntut ilmu”
Maksud dari hadits di atas berdasarkan sumber dari Tafsir Al-Qurthubi I/288-289….artinya  tunduk  dan  bertawadhu’,  dan  sesungguhnya  para  malaikat berbuat  seperti  itu  khusus  hanya  kepada  Ahlul  ilmi  diantara  para makhluk Allah SWT Swt, karena Allah SWT Swt telah melazimi hal itu bagi Adam Alaihis Salaam sehingga dia beradab dengan adab ini. setiap  nampak suatu ilmu pada diri manusia maka para malaikat semakin tunduk dan merendahkan diri serta menghinakan diri sebagai bentuk penghormatan kepada ilmu dan orangnya, dan ridha terhadap mereka di dalam mencarinya dan menekuninya. Ini bagi para penuntut ilmu lalu bagaimana dengan para ulama’ mereka dan Rabbaniyyin diantara mereka? semoga Allah SWT menjadikan kita termasuk diantara mereka dan masuk di dalam golongannya, sesungguhnya Allah SWT memiliki keutamaan yang besar)
Dari keterangan di atas, maka jelas bahwa ilmu yang sesuai dengan syariat Islam dan juga bagi para ahli ilmu mulia yang benar-benar menerapkan dan mengamlakannya akan mendapatkan keutamaan dari ilmu dan keutamaan bagi ahlul ilmi mendapatkan janji dari Allah SWT yaitu keutamaan berupa kedudukan yang besar dan agung berdasarkan dalil dan firman Allah di dalam Al-Qur’an.
Masih banyak lagi keutamaan ilmu dan para ahli ilmu syariat yang akan kami lanjutkan dalam postingan selanjutnya dalam kategori keutamaan ilmu. Semoga kita adalah bagian dari para ahlul ilmi tersebut. Amiin

Posting Komentar untuk "Keutamaan Ilmu, Para Ahli Ilmu: Tingkat Derajat Besar & Agung"