Teman Kampung yang Baik untuk Anak

Yang dimaksud dengan teman kampung adalah teman anak yang sebaya, tetangga rumah di kampungnya. 

Sesuatu yang sudah disepakati, bahwa suatu lingkungan yang jauh atau dekat, di kampung maupun di kota, berpendidikan atau tidak mengenal pendidikan,' menyodorkan beraneka ragam perilaku sikap dan etika, ucapan kotor yang keluar dari sembarang mulut di hadapan yang kecil maupun besar, dari laki-laki maupun wanita, tindak tanduk yang tidak senonoh yang dilakukan tanpa malu, perlakuan baik yang bercampur baur dengan perlakuan keji dan jahat.

Ini semua merupakan realitas yang membahayakan dan harus segera ditanggulangi oleh para pendidik, orang tua dan orang-orang yang bertanggung jawab. Mereka harus saling bantu-membantu dalam mengikis gejala-gejala negatif yang mengakar di lingkungan anak.

Yang penting, berdasarkan pengungkapan fakta ini akan me­malingkan pandangan pendidikan pada situasi yang membawa anak kepada dekadensi moral, kerusakan pendidikan, dan pe­nyimpangan akidah. Sehingga, pendidik dan para orang tua meningkatkan upayanya dalam memperbaiki akidah anak dan membentuk moralnya. Sampai-sampai ia terpaksa harus memilih cara yang paling baik dan melahirkan hasil dalam upaya menyelamatkan anak dari lingkungan dan situasi yang rusak dan merusak, yang di dalam­nya hidup kebanyakan anak-anak kita.

Dari cara efektif — menurut pandangan kebanyakan ahli pendidikan dan sosial — adalah menjalin hubungan antara anak dengan teman yang baik. Dan yang paling penting adalah teman dari tetangga dan kampungnya, yang senantiasa bertemu dengan mereka di masjid, di waktu-waktu senggang, atau ketika belajar bersama, olahraga dan pergi rekreasi.

Tidak syah bahwa dengan bergaul dengan teman-teman yang baik dan saleh dari tetangga dan kampungnya, sang anak akan terjaga dari pengaruh anak-anak nakal di kampungnya, sehingga terjamin akidah dan tingkah lakunya.

Karenanya, kita berusaha untuk mendapatkan teman yang sholeh untuk anak kita, anak tetangga dan sekampung, dengan terus meningkatkan pengawasan dan pengarahan, agar anak kita tergolong orang-orang yang Mukmin dan saleh, diridhai orang tua dan Tuhannya. amiin.....

Posting Komentar untuk "Teman Kampung yang Baik untuk Anak"