Keutamaan Sholat Tarawih, Doa Tarawih, Doa Witir

Berikut ini adalah hal-hal yang menerangkan tentang keutamaan sholat tarawih, doa tarawih dan doa witir. Di samping itu juga akan menerangkan tentang hal-hal yang perlu kita ketahui mengenai sholat tarawih dan witir yang meliputi jumlah rakaat sholat yang sesui dengan hadits, niat sholatnya waktu pelaksanaannya dan lain-lain'
Dengan Sholat tarawih akan diampuni dosanya yang telah lalu

 عن ابى هريرة رضي الله عنه انّه صلّى الله عليه وسلّم قال: من قام رمضان ايمانا واحتسابا غفرله ماتقدّم من ذنبه

Dari Abi Hurairah Ra, Nabi Muhammad saw bersabda : Barangsiapa yang mengerjakan sholat tarawih pada malam bulan ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Dengan sholat tarawih, maka tidak mempunyai dosa seperti bayi yang baru lahir

عن ابى حزيمة رضي الله عنه انّه صلّى الله عليه وسلّم قال: شهر رمضان شهر كتب الله عليكم صيامه وسننت لكم قيامه, فمن صامه وقامه امانا واحتسابا خرج من ذنوبه كيوم ولدته امّه

Dari Abi Huzaemah, Nabi saw bersabda : bulan Ramadhan itu bulannya Allah swt yang mewajibkan puasa kepada kamu semua, dan disunnahkan kepada kamu semua untuk mengerjakan sholat tarawih, maka barangsiapa yang mengerjakan puasa dan sholat tarawih karena iman dan mengharapkan pahala, maka orang itu tidak mempunyai dosa seperti bayi yang baru lahir.

وروى البخارىّ انّ رسول الله صلّى الله عليه وسلّم خرج ليلة من رمضان فصلّى فى المسجد وصلّى رجال بصالته فاصبح النّاس فتحدّثوافأجتمع اكثر منهم فصلّوامعه فاصبح النّاس  فتحدّثوا فكثر اهل المسجد من اللّيلة الثّالثة فخرج رسول الله صلّى الله عليه وسلّم فصلّوا بصلاته فلمّ كانت اللّيلة الرّابعة عجز المسجد عن اهله حتّى خرج صلّى الله عليه وسلّم لصالة الصّبح فلمّ قضى الفجر اقبل على النّاس’ ثمّ قال قد رايت الّذى صنعم ولكنّى خشيت ان تفرض عليكم

Artinya : Dijelaskan dalam hadits Bukhori bahwa Nabi Muhammad saw ketika tanggal satu di bulan Ramadhan mengerjakan sholat tarawih di masjid bersama dengan para sahabat. Di pagi harinya, para sahabat pada berbincang-bincang yang bermaksud menerangkan bahwa Nabi saw tadi malam menjalankan sholat tarawih di masjid. Oleh seba  itu, pada tanggal dua para sahabat yang ikut mengerjakan sholat tarawih bertambah banyak, demikian juga pada tanggal tiga bertambah lebih banyak lagi.. Ketika tanggal empat, Nabi Muhammad saw tidak mengerjakan sholat tarawih di masjid, namun mengerjakan sholat tarawih di rumah. Pada subuhnya Nabi pergi sholat subuh ke masjid, ketika sholat subuh sudah selesai, kemudian Nabi bertemu dengan para sahabat dan berkata :
Aku tahu bahwa tadi malam kalian semua mengerjakan sholat tarawih di masjid dan pada menunggu kehadiranku, namun Aku sengaja tidak hadir di masjid, karena Aku kuatir apabila sholat tarawih itu diwajibkan.

Sholat tarawih itu yang menjadikan syiarnya bulan Ramadhan, yang dilaksanakan di masjid-masjid, mushola atau di dalam rumah. Apabila dimungkinkan, bagi para wanita (kaum muslimat) agar dapat mengadakan sholat tarawih secara khusus untuk para wanita sendiri. 

Waktu dan Jumlah rakaat sholat tarawih 

Sholat tarawih itu jumlahnya 20 rakaat, berdasarkan hadits berikut ini :

لخبر البيهقيّ بإسناد صحيح عن السّائب ابن يزيد رضي الله عنه قال كانوا يقومون على عهد عمربن الخطّاب رضي الله عنه بعشرين ركعة

Artinya : Imam Saib bin Yazid berkata : para sahabat pada zaman Sayyidina Umar bib Khattab mengerjakan sholat tarawih Dua puluh (20) rakaat.

Oleh sebab itu sholatnya dinamakan sholat tarawih, karena para sahabat setiap empat rakaat dengan dua salam dan diikuti istirahat. Waktu Sholat tarawih itu dikerjakan setelah selesai mengerjakan sholat fardhu Isya dan lebih utama dikerjakan secara berjamaah.

Niat Sholat tarawih

Adapun lafadz niat sholat tarawih bagi imam sholat adalah sebagai berikut :

اصلّى سنّة التّراويح ركعتين اماما لله تعالى

Adapun lafadz niat sholat tarawih bagi makmum sholat adalah sebagai berikut :

اصلّى سنّة التّراويح ركعتين مأموما لله تعالى

Doa tarawih

Setelah sholat tarawih selesai, kemudian membaca doa sholat tarawih sebagai berikut :

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِاالْإِمَانِ كَامِلِيْنَ’ وَلِفَرَئِظِكَ مُؤَدِّيْنَ, وَلِلصَّلاَةِ حَفِظِيْنَ’ وَلِلزَّكَاتِ فَاعِلِيْنَ, وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ, وَلِعَفْوِكَ رَجِيْنَ, وَبِالْهَدْيِ مُتَمَسِّكِيْنَ, وَعَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضِيْنَ’  وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ, وَفِى  الْأَخِرَةِ رَاغِبِيْنَ, وَعَلَى الَبَلاَءِ صَابِرِيْنَ, وَتَحْتَ لِوَاءِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد صلّى الله عليه وسلّم يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ, وَعَلَى الَحَوْضِ وَارِدِيْنَ, وَفِى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ, وَعَلَى السَّرِيْرَةِ  الْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ, وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ, وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ, وَمِنْ حُوْرِعِيْنٍ مُتَزَوَّجِيْنَ, وَمِنْلَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَرِبِيْنَ, بِأَكْوَابٍ وَاَبَارِقَ وَكَأْسٍ مِنْ مَعِيْنٍ, مَعَ اللّذِيْنَ اَنْعَمَ اللهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّلِحِيْنَ, وَحَسُنَ اُولَئِكَ رَفِيْقًا, ذَلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا, وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Cara dan doa Sholat Witir

Setelah membaca doa tarawih, kemudian dilanjutkan dengan sholat witir. Sholat witir paling sedikit adalah satu (1) rakaat, dan paling banyak adalah sebelas (11) rakaat, adapun yang pertengahan adalah tiga (3) rakaat dengan dua kali salam.

Lafadz niat sholat witir adalah sebagai berikut :

Niat sholat witir 2 rakaat menjadi imam

أصلّي ركعتين من الوتر اماما لله تعالى

Niat sholat witir 2 rkaat bagi makmum

أصلّي ركعتين من الوتر مأموما لله تعالى

Niat sholat witir 1 rakaat menjadi imam

أصلّى سنّة ركعة الوتر اماما لله تعالى

Niat sholat witir 1 rakaat bagi makmum
أصلّى سنّة ركعة الوتر مأموما لله تعالى

Setelah sholat Witir selesai dilaksanakan kemudian membaca wiridan sebagai berikut :

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ, سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ, سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ, سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُنَا وَرَبُّ الْمَلَئِكَةِ وَالرُّوْحِ

Setelah selsai wirid sholat witir kemudian membaca doa sholat witir sebagai berikut :

 أَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا  وُضُوْءَنَا وَصَلَاتَنَا وَصِيَا مَنَا وَقِيَا مَنَا وَتَهْلِيْلَنَا  وَتَكْبِيْرَنَا وَتَمْجِيْلَنَا وَقِرَاءَتَنَا وَخَشُوعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَلَا تَضْرِبْ بِهَا وُجُوْهَنَا يَااِلَهَ الْعَلَمِيْنْ. وَيَاخَيْرَالنَّاصِرِيْنَ. اَللهُمَّ وَمَ قَسَمْتَ لَنَا فِى هَذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّرِيْفَةِ مِنْ كُلِّ رَأْفَةٍ وَرَحْمَةٍ اَعْتِقْ رِقَبَنَا وَرِقَابَ اَبَئِنَا وَرِقَابَ اُمَّهَتِنَا وَرِقَابَ اَجْدَادِنَا وَرِقَابَ جَدَّاتِنَا وَرِقَابَ مَنْ قَبْلَنَا وَمَنْ بَعْدَ نَا مِنْ اُمَّةِ سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ صلّى الله عليه وسلّم وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Itulah hal ihwal yang perlu kita ketahui mengenai sholat tarawih, sholat witir yang meliputi faedah dan keutamaan sholat, niatnya, doa tarawih dan doa sholat witir.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Sholat Tarawih, Doa Tarawih, Doa Witir"