Anjuran Tahniah Pada Hari Raya

Kata tahniah berkaitan dengan datangnya hari raya baik idul fitri maupun idul adha dapat diartikan saling mengucapkan selamat dan saling mendoakan kembalinya kebahagiaan, kemenangan hari raya id kembali serta mengadakan suguhan kue-kue dan makanan. Hukum tahniah ini adalah sunnah. Yang artinya adalah hendaknya dan sebaiknya kita melaksanakan adab tahniah pada hari raya id. Hal ini sesuai dengan dalil hadits berikut ini :

Artinya :

قالالشّيخ الشّرقويّ: والتّهنئة بالعيد سنّة ويدخل وقتها فى الفطر بغروب الشّمس وفى الأضحى بصبح عرفة كالتّكبير وكذا بالمام وبالشّهر مع مصافحة الرّجلين لبعضهما والمرأتين كذلك, وتحرم مصافحة الرّجل للمرأة الأجنبيّة بغير حائل

Syeh Syarqawi berkata : Tahniah tiap-tiap hari raya id hukumnya adalah sunnah. Adapaun waktunya adalah pada hari raya idul fitri yaitu mulai senja matahari di akhir ramadhan. Ketika pada hari raya idul adha, mulai dari subuh pada hari 'arafah dengan cara mushafahah (berjabat tangan atau saling bersalam-salaman).

Salaman di atas yang artinya, dalam berjabat tangan antara orang laki-laki adalah dengan laki-laki atau orang perempuan berjabat tangan dengan perempuan. Karena dalam Islam mengajarkan haram hukumnya bersentuhan (berjabat tangan) antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim tanpa adanya pembatas (aling-aling)

Anjuran membersihkan rumah

Dalam tahniah, pada hari raya idul fitri juga disunnahkan dan dianjurkan serta diperintahkan oleh Nabi Muhammad untuk membersihkan rumah

Sudah menjadi kebiasaan bagi umat islam bahwa pada tiap-tiap hari raya idul fitri, kita semua membersihkan rumah dengan dilakukan pengecatan (dicat) dan kegiatan bersih-bersih rumah lainnya. Hal ini adalah sesuai dengan perintah dalam hadits Nabi sebagai berikut :

تنضّفوا بكلّمااستطعتم فإنّ الله تعالى بنى الدّين على النّظافة

Artinya : Bersihkanlah diri kalian semua sebisa mungkin yang kalian bisa, karena Allah swt mendasarkan agama Islam dengan kebersihan.

Serta sabda nabi Muhammad saw :

النّظافة من الإمان

Artinya : kebersihan itu adalah sebagaian dari iman.

Menyediakan kue-kue dan makanan

Dalam tahniah, juga dianjurkan juga pada hari raya untuk menyediakan makanan seperti kue-kue dan lainnya yang disusun rai dan indah dan juga minuman seperti limun, sirup yang tujuannya adalah untuk menghormati para saudara yang datang yang akan mengucapkan secara lahiriyah kebahagiaan karena sudah bisa menyelesaikan dalam menjalankan puasa dan niat untuk menghormati para tamu yang datang.

Dalil sabda nabi Muhammad saw :

من كان يؤمن بالله واليوم الأخر فليكرم ضيقه

Artinya : Barangsiapa yang iman kepada Allah swt dan iman kepada hari kiamat, maka muliakanlah tamu.

Demikianlah keterangan tentang tahniah pada hari raya dan juga kesunahan yang hendaknya dilakukan berkaitan dengan tahniah hari raya.

Posting Komentar untuk "Anjuran Tahniah Pada Hari Raya"