Asmaul Husna dan Masuk Surga dalam Dalil

Pengertian Asmaul Husna dalam secara harfiah adalah sebagai berikut. Asmaul Husna terdiri  atas  dua  kata,  yaitu  asma  yang  berarti nama-nama, dan husna yang berarti baik atau indah. Jadi, dapat diartikan sebagai nama-nama yang baik lagi indah yang hanya dimiliki oleh Allah Swt. sebagai bukti keagungan-Nya. Kata Asmaul Husna diambil dari ayat al-Qur’an Q.S. Ţaha/20:8

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَۖ لَهُ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ  

Artinya: Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang baik),

Dalil-dalil tentang Asmaul Husna

Dalil di dalam Al-Quran Firman Allah Swt. dalam Q.S. al-A’raf/7:180

وَلِلَّهِ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ فَٱدۡعُوهُ بِهَاۖ وَذَرُواْ ٱلَّذِينَ يُلۡحِدُونَ فِيٓ أَسۡمَٰٓئِهِۦۚ سَيُجۡزَوۡنَ مَا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ 

Artinya: Hanya milik Allah asmaa-ul husna[585], Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya[586]. nanti mereka akan mendapat Balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.
[585] Maksudnya: Nama-nama yang Agung yang sesuai dengan sifat-sifat Allah.
[586] Maksudnya: janganlah dihiraukan orang-orang yang menyembah Allah dengan Nama-nama yang tidak sesuai dengan sifat-sifat dan keagungan Allah, atau dengan memakai asmaa-ul husna, tetapi dengan maksud menodai nama Allah atau mempergunakan asmaa-ul husna untuk Nama-nama selain Allah.
Dalam ayat lain dijelaskan bahwa Asma-ul Husna merupakan amalan yang bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya.   Berdoa   dengan   menyebut   Asmaul Husna   sangat dianjurkan menurut ayat tersebut.

Dalil dalam Hadis Rasulullah saw. yang diriwayatkan Imam Bukhari

Artinya:  “Dari   Abu   Hurairah   ra.   sesungguhnya   Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya Allah  Swt.  mempunyai  sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, barang siapa yang menghafalkannya, maka ia akan masuk surga”. (H.R. Bukhari)

asmaul husna
Berdasarkan dalil-dalil baik dari firman Allah di dalam Al-Quran dan hadis NabiMuhammad saw. di atas, menghafalkan Asmaul Husna akan mengantarkan orang yang melakukannya masuk ke dalam surga Allah Swt.
Apakah hanya dengan menghafalkannya seseorang dengan mudah  akan masuk  ke dalam surga? Jawabnya, tentu saja tidak. Karena menghafalkan Asmaul Husna harus diiringi juga dengan menjaganya, baik menjaga hafalannya dengan terus-menerus menżikirkannya, maupun menjaganya dengan menghindari perilaku- perilaku yang bertentangan dengan sifat-sifat Allah Swt. dalam Asmaul Husna tersebut.

Posting Komentar untuk "Asmaul Husna dan Masuk Surga dalam Dalil"