Ajaran, Hukum dan Aturan Agama Islam dengan Dalil Alqur'an dan Hadits Nabi Muhammad SAW

Thursday, May 29, 2014

Keutamaan Sholat Malam Ringan-Tahajud

| Thursday, May 29, 2014
Sholat malam hendaknya kita biasakan dalam diri kita dan kita biasakan dan ajarkan kepada anak juga tentang sholat malam kepada anak. Hendaknya kita memulai dan membiasakan sesuatu yang ringan terlebih dahulu untuk menggapai hal yang berat. Sholat malam yang ringan itu yaitu sholat tahajud

Muslim dan Abu Daud meriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda:

إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ مِنَ اللَّيْلِ فَلْيَفْتَحِ الصَّلاَةَ بِرَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ ٠

"Jika salah seorang dari kalian bangun malam, maka hendaknya ia membuka sholat malamnya (sholat tahajud) itu dengan dua raka'at yang ringan".

Doa sebelum sholat tahajud

Sebelum mengerjakan sholat malam tahajud, hendaknya dan sebaiknya membaca doa tahajud, berdasarkan riwayat Asy-Syaihani dari Abdullah bin 'Abbas ra., ia berkata [doa sebelum sholat tahajud]:

اَللَّهُمَّ رَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ ٬ أَنْتَ قَيِّمُ  السَّمَوَاتِ وَالأرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ ٬ وَلَكَ  الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَالأرْضِ  ٬ وَمَنْ فِيْهِنَّ ٬ وَلَكَ  الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَالأرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ ٬ وَلَكَ  الْحَمْدُ٬ أَنْتَ  الْحَقُّ ٬ وَوَعْدُكَ  الْحَقُّ ٬ وَلِقَاؤُكَ  الْحَقُّ ٬ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ ٬ وَالنَّارُ حَقُّ٬ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقُّ٬ وَ مُحَمَّدٌ حَقُّ٬ وَالسَّاعَةُ حَقُّ٬ اَللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ ٬ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ ٬وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ ٬ وَبِكَ خَاصَمْتُ ٬ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ ٬ فَاغْفِرْلِى مَاقَدَّمْتُ وَمَا أَخَرْتُ ٬ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ ٬ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ ٬ وَ أَنْتَ الْمُؤَخِّرُ ٬ لاَاِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ٠

Ya Allah, Ya Tuhan Kami, segala puji hanyalah bagi-Mu. Eng­kaulah yang mendirikan langit, bumi dan segala isinya, segala puji hanyalah bagi-Mu, Engkaulah cahaya langit, bumi dan segala isinya. Segala puji hanyalah bagi-Mu, Engkaulah raja langit, bumi dan segala isinya, dan segala puji hanyalah bagi-Mu, Engkaulah yang Haq, janji-Mu adalah Haq, perjumpaan dengan-Mu adalah haq, perkataan-Mu adalah Haq, neraka adalah haq, para Nabi adalah haq, Muhammad adalah haq, hari kiamat adalah haq. Ya Allah hanya kepada-Mu-lah aku berserah diri, dan hanya kepada-Mu-lah aku beriman, dan hanya kepada-Mu-lah aku bertawakkal (menggantungkan diri), dan hanya kepada- Mu-lah aku kembali, hanya kepada-Mu-lah aku mengadu, hanya kepada-Mu-lah aku menyerahkan keputusan. Maka, ampunilah aku dari dosa-dosa yang telah kuperbuat dan dari kekhilafan yang mungkin aku kerjakan, dari apa yang aku kerjakan dengan sembunyi-sembunyi dan yang kukerjakan dengan terang-terangan. Engkau-lah Yang Mendahulukan dan Engkau-lah Yang Mengakhirkan. Tidak ada Tuhan kecuali Engkau, dan tidak ada Tuhan melainkan-Mu.

Jumlah rakaat sholat tahajud

Sholat malam (sholat tahajud) tidak mempunyai batasan dalam banyak (jumlah) raka'at-nya, boleh mengerjakan sesuai dengan kemampuan dan kemudahannya. Tersebut dalam Shahihain dari Ibnu Umar ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda:

Beberapa keutamaan lainnya adalah, bahwa orang yang mengerjakan sholat malam ditulis di sisi Allah sebagai orang-orang yang dzikir kepada Allah, berdasarkan riwayat Abu Daud dari Abu Sa'id ra., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda:

صَلاَةُ اللَّيْلِ مَشْنَى ٬ فَإِذَا خِفْتَ الصُّبْحَ فَأَوْتِرْ بِوَاحِدَةٍ٠

"Sholat malam adalah dua raka'at dua raka'at, dan jika kha­watir shubuh segera tiba, maka tutuplah segera dengan sholat witir satu raka'at".

Salah satu keutamaan sholat malam tahajud adalah sebagai jalan menuju surga, seperti diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dari Abdu 'l-Lab bin Salam ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda:

أَيُّهَاالنَّاسُ ׃ أَفْشُوْا السَّلاَمَ ٬ وَأَطْعِمُوْا الطَّعَامَ ٬ وَصَلُّوْا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوْاالْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ٠

"Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah mereka makan, shalatlah di waktu malam ketika orang-orang sedang nyenyak tidur, niscaya kamu masuk surga dengan selamat (damai)".

إِذَا أَيْقَظَ الرَّجُلُ أَهْلَهُ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّيَا أَوْصَلَّى رَكْعَتَيْنِ جَمِيْعًا كُتِبَ فِى الذَّاكِرَيْنِ وَالذَّاكِرَاتِ٠

"Jika seseorang membangunkan keluarganya (istrinya) di waktu malam, lalu keduanya mengerjakan sholat atau salah seorang sholat dua raka'at, maka ia dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang dzikir (laki-laki dan perempuan)".

Beberapa keutamaan dari sholat malam lainnya adalah sebagai cara mendekat­kan diri kepada Allah dan pelebur dosa, sebagaimana diriwayatkan Al-Tirmidzi dari Abu Umamah ra., dari Rasulullah saw. Bahwa beliau bersabda:

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِيْنَ قَبْلَكُمْ ٬ وَقُرْبَةٌ إِلَى رَبِّكُمْ ٬ وَمُفْكِرَةٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الاِثْمِ٠

“Hendaknya kamu mengerjakan shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang saleh sebelum kamu, sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menghapus dosa-dosa serta mencegah dari berbuat dosa".

Demikianlah paparan tentang keutamaan sholat malam tahajud dan anjuran untuk mengerjakannya dengan imbalan adalah surga. Amiin,,,,,,,

Related Posts

No comments:

Post a Comment