Kapankah sebaiknya Berdzikir?

Dzikir kepada Allah atau dzikrullah adalah merupakan perintah dari Allah yang memiliki berbagai macam manfaat dzkir dan keutamaan dzikir. Berikut adalah sedikit contoh dalam hadits Nabi Muhammad SAW tentang beberapa manfaat dzikir dan keutamaan dzikir dan anjuran waktu-waktu dalam berdzikir.

Perintah untuk berdzikir, seperti dalam firman Allah di dalam Al-Qur'an al-Karim :

فَٱذۡكُرُونِيٓ أَذۡكُرۡكُمۡ وَٱشۡكُرُواْ لِي وَلَا تَكۡفُرُونِ 

 Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku
 (Q.S. A-Baqarah: 152)

Dan juga firman-Nya pula yang memerintahakn untuk berdzikir di waktu pagi dan petang:

وَٱذۡكُر رَّبَّكَ فِي نَفۡسِكَ تَضَرُّعٗا وَخِيفَةٗ وَدُونَ ٱلۡجَهۡرِ مِنَ ٱلۡقَوۡلِ بِٱلۡغُدُوِّ وَٱلۡأٓصَالِ وَلَا تَكُن مِّنَ ٱلۡغَٰفِلِينَ 

Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai(Q.S. A-A'raf: 205)

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱذۡكُرُواْ ٱللَّهَ ذِكۡرٗا كَثِيرٗا ٤١ وَسَبِّحُوهُ بُكۡرَةٗ وَأَصِيلًا 

Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (Q.S. 33: 41-42)

Beberapa contoh manfaat dan keutamaan dzikir dalam hadits nabi

Rasulullah saw. bersabda: "Dua buah kalimat sangat ringan diucapkan, berat dalam timbangan sangat dicintai Allah Yang Maha Pengasih: Subhanallah wa bi Hamdihi, Subhanallaahi 'l-'Azhim". (H.R. Asy-Syaikhani)

Juga sabda Rasul yang diriwayatkan Asy-Syaikhani:

مَثَلُ الَّذِيْ يَذْكُرُ رَبَّهُ وَ الَّذِيْ لاَ يَذْكُرُ رَبَّهُ مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ٠

"Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Tuhannya dan yang tidak berdzikir kepada Tuhannya adalah seperti yang hidup dan yang mati”.

Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa ia ber­kata:

Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw. dan ber­kata, "Ya Rasulullah, semalam saya disengat kalajengking", Beliau berkata, "Adapun jika kamu ketika sore harinya membaca: Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sem­purna dari kejahatan makhluk yang Engkau ciptakan, niscaya kalajengking tersebut tidak membahayakanmu".

Abu Daud dan At-Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Hurairah ra.:

كَانَ يَقُوْلُ إِذَا أَصْبَحَ ׃ اَللَّهُمَّ  بِكَ أَصْبَحْنَا، وَ بِكَ أَمْسَيْنَا وَ بِكَ نَحْيَا، وَ بِكَ نَمُوْتُ ، وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ ، وَإِذَا أَمْسَى قَالَ ׃ اَللَّهُمَّ  بِكَ أَمْسَيْنَا وَ بِكَ نَحْيَا، وَ بِكَ نَمُوْتُ ، وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ٠

"Bahwa ketika beliau memasuki pagi membaca: 'Ya Allah karena-Mu-lah kami memasuki pagi, dan karena-Mu-lah kami memasuki petang, karena-Mu-lah kami hidup, karena-Mu-lah kami mati dan hanya kepada-Mu-lah kami kembali. Dan jika memasuki petang, beliau membaca: 'Ya Allah, karena-Mu-lah kami memasuki petang, dan karena-Mu-lah kami hidup dan karena-Mu-lah kami mati, dan hanya kepada-Mu-lah kami kembali".)

Hadits dan dalil di atas adalah beberapa dalil dan hadits yang mengupas perintah untuk berdzikir dan juga beberapa contoh dalil serta hadits yang menganjurkan dzikir pada waktu-waktu pagi hingga petang beserta fadhilah atau keutamaan dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
Load disqus comments

0 Comments