Pentingnya Taubat dan Pembentukan Akhlak

Pengertian taubat secara harfiyah, taubat artinya kembali. Adapun menurut istilah, taubat adalah kembalinya seseorang ke jalan yang benar dan diridai oleh Allah SWT. Maksudnya, adanya rasa penyesalan dan pengakuan yang tulus atas perbuatan maksiat yang dilakukannya, dan berniat tidak akan mengulanginya. Inilah yang disebut dengan taubat yang sebenarnya berdasarkan syarat-syarat taubat.

Taubat juga dapat dikatakan sebagai proses penggantian antara perbuatan-perbuatan jahat dan bejat dengan perbuatan taat dan maslahat. Sebab dalam melakukan taubat kepada Allah SWT., seseorang harus keluar atau berhenti dari perbuatan maksiatnya dan menggantinya dengan perbuatan baik lagi terpuji. Bukan taubat namanya, jika perbuatan baik dan perbuatan maksiat sama-sama dijalankan, baik secara bersamaan maupun bergantian. Misalnya, melakukan salat sambil bermain judi, atau mencuri sambil bersedekah dan sebagainya.

Orang yang bertaubat dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati, tentu tidak akan mengulangi perbuatan dosa yang pernah dilakukannya. Namun untuk mengukur kebenaran taubat seseorang itu, merupakan sesuatu yang sangat sulit, sehingga untuk dapat mengetahui ciri-ciri akhlak orang yang bertaubat itu juga sangat sulit.

Oleh sebab itu, taubat memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Perilaku taubat akan menghantarkan seseorang pada akhlak terpuji antara lain sebagai berikut :
  • Semakin rajin dan tekun beribadah, baik yang mahdah (langsung) seperti shalat, puasa dan sebagainya, maupun yang gair mahdah seperti sadaqah, zakat, dan yang lainnya.
  • Berusaha menghindari perbuatan maksiat dan dosa, dan menggantinya dengan perbuatan ibadah.
  • Penurut dan taat atas segala ketentuan dan hukum Allah SWT.
  • Pemaaf atas kesalahan orang lain terhadap dirinya, sebagaimana ia pun berharap mendapatkan maaf dan ampunan dari Allah SWT.
  • Penyabar atas segala musibah yang menimpanya, dengan penuh pengakuan bahwa mungkin semua itu ialah balasan dan azab dari Allah.
  • Taubat kepada Allah SWT. merupakan perbuatan terpuji yang dapat menyucikan hati dan jiwa.
Sebagaimana firman Allah SWT. sebagai berikut :

وَتُوبُوٓاْ إِلَى ٱللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ 
Artinya: "... Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.” (Q.S. An-Nur: 31).

Itulah arti, pengertian, makna dan pentingnya taubat dalam membentuk akhlak seseorang menjadi berakhlak yang terpuji dan bertaqwa kepada Allah.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Taubat dan Pembentukan Akhlak"