Umrah & Haji: Penghapus Dosa dan Masuk Surga

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra., Rasulullah saw., bersabda: “Umrah ke umrah adalah penghapus dosa di antara keduanya dan haji yang mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga.” (HR. Bukhari – Muslim)

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra., seseorang bertanya kepada Rasulullah saw., “Perbuatan apa yang paling baik?” beliau menjawab: “Iman kepada Allah dan rasulNya.” Orang itu berkata: “Kemudian apa lagi?” beliau menjawab: “Jihad dijalan Allah.” Orang itu berkata: “Lalu apa?” beliau menjawab: “Haji mabrur.” (HR. Bukhari Muslim)

Diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib ra., Rasulullah saw., bersabda: “Barangsiapa yang memiliki bekal dan kendaraan yang dapat membawanya ke Baitullah, tetapi dia tidak menunaikan haji maka baginya kematian dalam keadaan Yahudi atau Nashrani. Allah berfirman dalam kitabNya:

وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلۡبَيۡتِ مَنِ ٱسۡتَطَاعَ إِلَيۡهِ سَبِيلٗاۚ

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan pejalanan ke Baitullah.” (Ali Imran [3]:97) (HR. Tirmidzi)

Diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra., seorang bertanya: “Apa yang dimaksud dengan ‘as-sabila?” beliau menjawab: “Bekal dan kendaraan.” (HR. Hakim)

Ketahuilah pekerjaan haji dibagi menjadi tiga bagian:
  • Rukun HajiIhram, wuquf, mencukur rambut, thawaf ifadhah dan sa’i. Berkenaan dengan mencukur rambut ada yang mengatakan itu bukan rukun haji.
  • Wajib Haji: Ihram dari miqat, melempar jumrah yang tiga (ini tidak ada perbedaan pendapat), menggabungkan antara malam dan siang dalam wukuf di Arafah (yaitu berdiam sejenak setelah matahari terbenam), mabit di Muzdalifah, mabit di Mina pada malam tasyrik, thawaf wada’ (pendapat yang paling benar adalah thawaf wada’ hukumnya wajib, tetapi tidak ada yang mengatakan sunah).
  • Sunnah Haji: Seluruh yang disyariatkan dalam ibadah haji dari perkataan dan perbuatan, seperti membaca talbiyah, zikir dan doa, thawaf qudumm, istilam ke hajar Aswad (mengangkat tangan kanan sambil membaca: Bismillah Allah Akbar), lari-lari kecil dan lain-lain.
Hukum dari ketiga hal tersebut  adalah sebagai berikut :

Rukun haji, merupakan pekerjaan yang harus dikerjakan dan tidak sah ibadah haji apabila meninggalkan salah satunya. Ia tidak dapat diganti dengan dam (denda)

Wajib haji, barangsiapa yang meninggalkan salah satu darinya maka wajib membayar dam. Ibadah hajinya tetap sah, baik dia meninggalkannya dengan sengaja atau tidak. Akan tetapi bagi yang meninggalkannya dengan sengaja dia berdosa.

Sunah haji, tidak berdosa dan tidak harus membayar dam bagi orang yang meninggalkannya, dan hajinya tetap sah. Hanya saja hilang keutamaan ibadah sunah.

Hadis berikut ini menjelaskan keseluruhan amalan dalam ibadah haji. Diriwayatkan oleh Jabir ra.

Rasulullah saw., menunaikan ibadah haji dan kami keluar bersama dengannya sampai kami tiba di Dzul Hulaifah. Lalu Rasulullah saw., melakukan shalat di masjid. Setelah itu, beliau naik onta dan ketika sampai di wilayah Baida’ beliau membaca talbiyah: “Labaik Allahumma labaik, labaika laa syarika laka labaik, inna al-hamda wa an’nimatah laa wa al-mulk, laa syarika laka.” ( Ya Allah aku menyambut seruanMu, aku menyambut seruanMu tidak ada sekutu bagiMu, aku menyambut seruanMu, sesungguhnya segala puji, kenikmatan dan kekuasaan hanya milikMu, tidak ada sekutu bagiNya). Ketika sampai di Masjid Haram, beliau melakukan istilam (mengangkat tangan kanan atau mencium) ke Hajar Aswad, lalu melakukan thawaf dengan berlari kecil dalam tiga putaran pertama dan berjalan dalam empat putaran (terakhir). Kemudian mendatangi Maqam Ibrahim dan melakukan shalat di sana. Lalu kembali ke Hajar Aswad dan melakukan istilam (mengangkat tangan dan mengarah telapak tangan ke Hajar Aswad).

Kemudian keluar dari pintu masjid menuju Shafa. Ketika mendekati Shafa beliau membaca: “Inna ash-Shafa wa al-Marwata min sya’airillah. Abda’u bi maa bada’a Allah bihi.” (Sesungguhnya Shafa dan Marwa adalah sebagian dari syiar Allah. Aku memulai dengan apa yang dimulai oleh Allah) lalu beliau naik ke Shafa sampai beliau dapat melihat Ka’bah. Beliau menghadap ke kiblat dan membaca kalimat tauhid dan takbir: Lailahaillallah wahdahu laa syarika lahu, lahu al-mulku wa lahu al-hamdu wa huwa ‘ala kulli sya’in qadiir. Lailahaillallah wahdahu anjaza wa’dahu, wa nashara ‘abdahu wa hazama al-ahzab wahadah (  Tidak ada tuhan selain Allah yang Esa, tidak ada sekutu bagiNya, milikNya seluruh kekuasaan dan miliknya seluruh pujian, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu. Tidak ada tuhan selain Allah yang esa, telah terlaksana janjiNya, dan telah menolong hambaNya dan telah mengalahkan pasukan musuh dengan sendiri). Lalu beliau membaca doa sebanyak tiga kali. Kemudian berjalan menuju bukit Marwah, sampai di bathn wadi (sekarang antara dua pilar hijau) beliau berlari-lari kecil, ketika naik ke bukit Marwa beliau berjalan biasa. Di bukit Marwa beliau melakukan seperti di bukit Shafa.

Ketika hari tarwiyah kaum muslimin menuju Mina dan Rasulullah menaiki onta. Disana beliau mengerjakan shalat zhuhur, ashar, maghrib, isya’ dan shubuh. Kemudian berdiam sampai terbit matahari.

Lalu melanjutkan perjalanan hingga sampai di Arafah, beliau mendapati kubah yang sudah hancur di Namirah. Beliau berhenti disana, sampai saat matahari tergelincir beliau menuju Bathn Wadi dan menyampaikan khutbah kepada kaum muslimin. Lalu dikumandangkan azan zhuhur dan mendirikan shalat ashar (jama’ taqdim), beliau tidak mengerjakan shalat sunah diantara keduanya (zhuhur dan ashar). Setelah itu, beliau menaiki onta menuju ke tempat wuquf, disana ontanya didudukkan dengan perutnya menyentuh padang pasir. Lalu beliau menghadap kiblat, dan beliau terus melakukan wukuf sampai terbenam matahari dan warna kekuning-kuningan di langit hilang sedikit.

Beliau meneruskan perjalanan hingga sampai di Muzdalifah, beliau melakukan shalat maghrib dan isya’ dengan satu azan dan dua iqamah. Beliau tidak melakukan shalat sunah diantara keduanya (magrib dan isya). Lalu membaringkan badannya sampai terbit fajar dan mengerjakan shalat subuh. Kemudian menaiki onta hingga tiba di Masy’aril Haram, beliau menghadap kiblat, berdoa, membaca takbir dan lailahaillallah. Beliau terus berdiam sampai langit kekuning-kuningan. Lalu pergi sebelum matahari terbit hingga tiba di Jumrah al-Kubra, beliau melempar jumrah dengan tujuh kerikil seperti ketepil. Beliau membaca takbir setiap melempar satu kerikil, beliau melemparnya dari Bathn Wadi. Kemudian pergi ke tempat penyembelihan (al-manhar) dan menyembelih hewan. Lalu menaiki onta menuju Masjid Haram dan shalat zhuhur di Mekkah.” (HR. Muslim)

Rasulullah saw., bersabda: “Aku menyembelih hewan kurban di sini. Dan Mina seluruhnya adalah tempat penyembelihan (al-Manhar).

“Aku melakukan wukuf di sini, dan Arafah seluruhnya tempat wukuf.” (HR. Muslim)

Diriwayatkan oleh Jabir ra., “Rasulullah saw melempar jumrah pada hari nahar waktu dhuha. Sedangkan hari selanjutnya setelah matahari tergelincir.” (HR. Muslim)

Posting Komentar untuk "Umrah & Haji: Penghapus Dosa dan Masuk Surga"