Kemuliaan yang Dimiliki Para Sahabat Nabi

Adapun kemuliaan seluruh sahabat nabi melebihi kemuliaan seluruh manusia, berdasarkan pujian dari Allah dan RasulNya. Seperti dalam dalil firman Allah SWT :

لَٰكِنِ ٱلرَّسُولُ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مَعَهُۥ جَٰهَدُواْ بِأَمۡوَٰلِهِمۡ وَأَنفُسِهِمۡۚ وَأُوْلَٰٓئِكَ لَهُمُ ٱلۡخَيۡرَٰتُۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُفۡلِحُونَ . أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُمۡ جَنَّٰتٖ تَجۡرِي مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَاۚ ذَٰلِكَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِيمُ

"Tetapi Rasul dan orang-orang yang beriman bersama dia, mereka berjihad dengan harta dan diri mereka. Dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. Allah telah menyediakan bagi mereka surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar (at-Taubah [9]:88-89)"

Juga firman Allah dalam Al Qur'an tentang kemuliaan yang dimiliki oleh para sahabat Nabi Muhammad : 

وَٱلسَّٰبِقُونَ ٱلۡأَوَّلُونَ مِنَ ٱلۡمُهَٰجِرِينَ وَٱلۡأَنصَارِ وَٱلَّذِينَ ٱتَّبَعُوهُم بِإِحۡسَٰنٖ رَّضِيَ ٱللَّهُ عَنۡهُمۡ وَرَضُواْ عَنۡهُ وَأَعَدَّ لَهُمۡ جَنَّٰتٖ تَجۡرِي تَحۡتَهَا ٱلۡأَنۡهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدٗاۚ ذَٰلِكَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِيمُ ١٠٠ 

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar [At taubah : 100]

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَهَاجَرُواْ وَجَٰهَدُواْ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ بِأَمۡوَٰلِهِمۡ وَأَنفُسِهِمۡ أَعۡظَمُ دَرَجَةً عِندَ ٱللَّهِۚ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡفَآئِزُونَ . يُبَشِّرُهُمۡ رَبُّهُم بِرَحۡمَةٖ مِّنۡهُ وَرِضۡوَٰنٖ وَجَنَّٰتٖ لَّهُمۡ فِيهَا نَعِيمٞ مُّقِيمٌ .

Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan. Tuhan mereka menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat dari pada-Nya, keridhaan dan surga, mereka memperoleh didalamnya kesenangan yang kekal. [At-taubah : 20-21]

۞إِنَّ ٱللَّهَ ٱشۡتَرَىٰ مِنَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ أَنفُسَهُمۡ وَأَمۡوَٰلَهُم بِأَنَّ لَهُمُ ٱلۡجَنَّةَۚ يُقَٰتِلُونَ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ فَيَقۡتُلُونَ وَيُقۡتَلُونَۖ وَعۡدًا عَلَيۡهِ حَقّٗا فِي ٱلتَّوۡرَىٰةِ وَٱلۡإِنجِيلِ وَٱلۡقُرۡءَانِۚ وَمَنۡ أَوۡفَىٰ بِعَهۡدِهِۦ مِنَ ٱللَّهِۚ فَٱسۡتَبۡشِرُواْ بِبَيۡعِكُمُ ٱلَّذِي بَايَعۡتُم بِهِۦۚ وَذَٰلِكَ هُوَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِيمُ . ٱلتَّٰٓئِبُونَ ٱلۡعَٰبِدُونَ ٱلۡحَٰمِدُونَ ٱلسَّٰٓئِحُونَ ٱلرَّٰكِعُونَ ٱلسَّٰجِدُونَ ٱلۡأٓمِرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَٱلنَّاهُونَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِ وَٱلۡحَٰفِظُونَ لِحُدُودِ ٱللَّهِۗ وَبَشِّرِ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ .

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar. Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku´, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma´ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.

Lihatlah! Bagaimana pujian untuk para sahabat nabi dari Allah Zat yang maha mulia lagi maha mengetahui. Pujian yang begitu besar yang terdapat dalam satu surah al-Qur’an, kitab suci yang tidak ada kebatilan di dalamnya.

Lihatlah! Bagaimana Allah menjanjikan mereka kebahagiaan, surga, kebaikan dan keridhaanNya. Serta, mensifati mereka dengan si£at yang terpuji. Sehingga setiap orang yang menghina atau merendahkan mereka, maka pujian Allah akan berbalik menjadi celaan untuknya dan keridhaan Allah akan berbalik menjadi kemurkaanNya.

Adapun berdasarkan dalil hadits nabi tentang kemuliaan yang dimiliki oleh para sahabat nabi di antaranya:

"Sebaik-baiknya di antara kalian adalah generasiku, lalu generasi setelaknya lalu generasi setelahnya." (HR.Bukhari-Muslim)

"Jangan kalian menghina sahabat-sahabatku! Meskipun di antara kalian berinfak emas sebesar gunung Uhud, maka itu tidak dapat mengalahkan infak mereka sebesar satu mud dan tidak juga setengah mud." (HR. Bukhari-Muslim)

"Ya Allah, Ya Allah, para sahabatku, barangsiapa yang mencintai mereka maka aku mencintainya dengan kecintaanku. Barangsiapa yang membenci mereka maka aku membencinya dengan kebencianku. Barangsiapa yang menyakiti mereka maka dia telah menyakitiku. Barangsiapa yang menyakitiku maka dia telah menyakiti Allah. Barangsiapa yang menyakiti Allah maka dia akan cepat diambil nyawanya." (HR. Bukhari)

"Allah telah memilihku dan memilihkan untukku sahabat-sahabat. Barangsiapa yang menghina mereka maka baginya laknat Allah, malaikat dan seluruh manusia. Dan, Allah tidak menerima darinya taubat dan fidyah (tebusan)." (HR. Muhib Thabari)

Demikianlah pujian Rasulullah saw atas mereka (para sahabat nabi) dan ancaman bagi orang-orang yang menghina mereka. Rasulullah saw adalah seorang yang selalu berkata benar dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Akan tetapi ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan kepadanya, maka bagaimana mungkin seorang mengatakan apa yang berasal dari Allah dan RasulNya itu bathil. Bagaimana mungkin seorang berkata, Allah telah memuji orang yang tidak pantas mendapat pujian.” Atau Allah telah memuji orang yang Dia tidak mengetahui keadaannya.” atau, “Allah memuji orang yang taat di masa hidup Rasulullah dan berkhianat sepeninggalannya.”Apakah ada kezhaliman yang lebih besar dari ini? Bahkan apakah ada kekufuran yang lebih besar dari perkataan ini? Sesungguhnya Allah Maha Suci lagi Maha Tinggi atas apa yang mereka katakan.

Posting Komentar untuk "Kemuliaan yang Dimiliki Para Sahabat Nabi"