Hijab antara manusia dengan Allah

مَاحَجََبَكَ عَنِ اﷲِ وُُجُوْْدُ مَوْجُوْدٍ مَعَهُ وَلََكِنْ حَجََبَكَ عَنْهُُ تَوَهُّمُ مَوْجُوْدٍ مَعَهُ٠ 

Tidak ada hijab apapun antara engkau dengan Allah swt, akan tetapi yang menjadi hijabnya antara dugaanmu ada lagi sesuatu yang lain di samping Allah." 

Pada hakikatnya tidak ada sesuatu kecuali Allah. Sehingga dengan demikian seorang hamba dapat melihat Allah dengan mata hatinya (dengan basirah-nya). Apabila ada yang menghalangi antara manusia dengan Allah, sehingga si hamba tidak dapat melihat Allah, hal itu hanya dugaan si hamba sendiri, yang merasa ada yang lain di samping Allah swt, maka terhalanglah penglihatan si hamba sehinga tidak dapat melihat- Nya. 

Segala sesuatu pada hakikatnya tidak ada. Yang wajib ada hanyalah Allah swt. Hal selain itu tergantung kepada belas kasih Allah, hendak diadakan atau tidak, hendak diciptakan atau tidak. 

Sungguhnya beriman kepada Allah adalah naluri insan. Seorang hamba yang mau memahami dirinya sendiri akan memahami dengan sendirinya, bahwa Allah swt itu ada. Adanya Allah swt itu tidak memerlukan adanya yang lain. Allah tidak membutuhkan sesuatu yang lain untuk menunjukkan keberadaan-Nya. Sebab, segala yang diciptakan Allah di langit dan di bumi telah membuktikan adanya Allah swt. 

Hamba Allah yang memahami dan mempelajari dengan cermat tentang dirinya dan segala sesuatu yang ada di luar dirinya pasti akan memahami Tuhan Pencipta alam semesta. Apabila seorang hamba merasa terhalang untuk beriman kepada Allah karena ada sesuatu di samping Allah, maka ia belum sampai kepada pemahaman tenung dirinya sendiri. Sebab, siapa yang mengenal dirinya sendiri, pasti ia akan mengenal Tuhannya. 

Oleh karena itu tidak ada penghalang bagi seorang hamba mengenal hakikat Allah di antara Allah sendiri. Makhluk yang ada di alam ini bukan penghalang, bukan hijab untuk mengenal Allah. Hanya perasaannya jua yang memperkuat dugaannya bahwa di samping Allah ada makhluk yang menjadi penghalang baginya. Apabila ada penghalang antara hamba dengan Allah, maka berarti penghalang itu lebih dekat dengan daripada si hamba sendiri, padahal harus sebaliknya. 

Seorang hamba yang menyembah Allah pada dasarnya tidak ada penghalang, bahkan tidak boleh diadakan perantara. Hamba hendaklah langsung berhubungan dengan ma'bud-nya. Semua yang ada di dunia ini adalah makhluk ciptaan Allah. Makhluk tidak dapat menjadi penghalang dan tidak dapat menjadi perantara. Makhluk hanyalah suatu bayangan, seperti bayangan pohon di dalam air. 

Bayangan pohon itu tidak dapat menjadi penghalang bagi perjalanan perahu. Oleh karena tidak ada penghalang antara abid dengan ma’bud. Hanya hamba sendiri yang merasa adanya penghalang tersebut dari bayangannya sendiri. Atau seperti seorang yang pada suatu malam mendengar suara hembusan angin yang masuk ke lubang angin tempat| tidurnya. Bunyi angin itu seperti bunyi suara harimau. Sebenarnya ia ingin keluar untuk membuang air, akan tetapi ditundanya karena takut. Pagi harinya ketika ia bangun tidak nampak bekas kaki harimau sedikitpun. Peristiwa itu hanya suatu dugaan dari perasaan takutnya saja. 

Wujud Allah bagi orang beriman, tidak boleh dibandingkan dengan apapun. Bahkan tidak boleh dibandingkan dengan siapa pun. Wujud Allah adalah berdiri sendiri..Dialah yang awal dan Dialah yang akhir, yang lahir dan yang batin. Tidak ada sesuatu pun yang sama dengan-Nya. Ia tempat bergantung, dan tidak beranak dan tidak diperanakkan. Ia adalah Al Ahad. 

Menyembah Allah tidak boleh membayangkan sesuatu selain Dia. Sebab membayangkan sesuatu berada di samping Allah akan menyebabkan iman kita menjadi rusak, walaupun kerusakan yang sangat kecil. Bayangan itu dapat juga menjadi bayangan syirik yang akibatnya akan melanggar hak-hak Allah. Y

ang paling mudah mengenal Allah ialah dengan mengenal seluruh ciptaan-Nya, itulah yang paling hakiki. Manusia boleh menganggap semua ciptaan Allah sebagai bukti adanya Allah dan mengenal Allah. Akan tetapi tidak berarti Allah berada pada benda-benda ciptaan- Nya. Allah swt tidak menjelma, dan tidak akan menjelma pada benda ciptaan-Nya sendiri. 

 Nabi Muhammad saw bersabda: "Kalian boleh memikirkan ciptaan Allah, akan tetapi tidak memikirkan Dzat Allah. Sebab, kalau berbuat demikian, maka kalian akan hancur." 

Syekh Ataillah mengingatkan:

 لَوْلاَ ظُهُوْرُهُ فِى الْمُكَوَّناتِ مَا وَقَعََ عَلَيْهَا وُجُوْدُ اَبْصَارِ لَوْ ظَهَرَتْ صِفَاتُهُ اضْمَحَلَّتْ مُكَوَّنَاتُهُ٠ 

“Andaikata Allah tidak menampakkan kekuasaan pada benda-benda alam, tidak mungkin adanya penglihatan pada-Nya. Andaikata Allah swt menampakkan sifat-sifat-Nya, pasti benda- benda itu akan musnah." 

Andaikata Allah swt menampakkan diri-Nya pada makhluk di alam semesta ini, maka Allah akan mudah terlihat. Akan tetapi Allah tidak akan menyatakan dirinya dalam bentuk benda, sebab benda-benda itu adalah ciptaan Allah sendiri. Pencipta lebih mulia dari hasil ciptaan-Nya. Oleh karena itu sang Pencipta menunjukkan dirinya dalam bentuk ciptaan-ciptaan-Nya sendiri. Sebab, kalau demikian, tidak ada bedanya antara Maha Pencipta dengan ciptaan-Nya. Dan benda-benda ciptaan itu akan hancur berantakan apabila wujud Allah sama dengan benda - benda. 

Manusia melihat Allah dengan mata kepalanya sendiri adalah sesuatu yang sangat mustahil. Para Nabi zaman dulu pun tidak mampu melihat Allah. Allah swt berfirman dalam surat Al A'raf ayat 143: "Kamu (Musa) tidak akan mampu melihat-Ku. Akan tetapi lihat kepada bukit itu, kalau ia tetap di tempatnya, kamu akan dapat melihat-Ku. Tuhanpun menampakkan dirinya degan sifat-sifat-Nya pada gunung itu, maka gunung itupun hancur berantakan. Ketika Musa mengetahui hal ini ia pun jatuh pingsan. Tatkala Nabi Musa telah sadar, ia berucap: "Maha Suci Engkau, aku bertobat pada-Mu, dan aku adalah orang yang pertama-tama beriman." 

Ayat ini menjelaskan bahwa sifat-sifat Allah dan Dzat-Nya tidak ada yang mampu menyamainya. Allah yang Maha Esa, tidak sama dengan makhluk-Nya. 

Allah swt tidak sama dengan makhluk Nya, karena makhluk itu adalah ciptaan Allah. Allah swt berfirman dalam surat Ar Rahman ayat 26-27: "Segala yang ada dimuka bumi ini akan musnah. Dan kekallah wajah Tuhanmu yang Maha Agung dan Maha Mulia. "