Sebab Paling Besar Kebahagiaan Hamba


Yaitu melindungi dan menolongnya dari kejahatan diri dan tipu daya musuhnya. Juga doa yang bermacam-macam, cinta, harapan dan takut (rajaa' dan khauf). Juga macam-macam sifat kesempurnaan hamba yang jumlahnya mencapai seratus. Di antaranya ada yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, melainkan hanya dapat diketahui dari eksistensinya.

Itu semua menimbulkan kedekatan khusus pada ruh; kedekatan yang tidak dapat terwujud tanpa adanya faktor-faktor ini. Dengan hal itu, seorang hamba mendapati dirinya seakan-akan terlempar ke depan pintu tuannya setelah sebelumnya berada jauh.

Yang mengakibatkan terjadinya hal ini adalah karena Allah SWT mencintai orang-orang yang bertaubat. Itulah hasil di mana Allah SWT lebih gembira dengan taobat hamba-Nya Rahasia-rahasia kandungan ini terlampau luas untuk dirasakan hati dan diungkapkan lisan.

Baca juga
Cara sholat taubat dan doanya
Pengertian dan syarat taubat yang sesungguhnya
Betapa jauhnya perbedaan antara ibadah yang dipamerkan pelakunya kepada Tuhan dan dilakukan atas dasar kesombongan. Setiap kali dia diminta agar memiliki sifat-sifat hamba, bayangan amal-amalnya tampak di mata sehingga menghijabnya dari Tuhan sembahannya. Betapa beda ibadah orang ini dengan ibadah orang yang hatinya telah diremukkan oleh kerendahan yang merribakar kekasaran, kebodohan, dan khayalan yang ada di dalamnya.

Sehingga, dia tidak melihat dirinya kecuali sebagai seorang pembuat dosa dan tidak melihat Tuhannya kecuali sebagai pemberi ihsan (kebaikan). Dia tidak ridha sekejap mata pun kalau sampai penghinaannya terhadap diri mematahkan hati, melunturkan lidah dan organ tubuh lainnya, serta menundukkan kepala dari yang lainnya.

Baca juga
Pengertian ihsan dan cara mencapai sikap ihsan
Tempat kesombongan adalah neraka jahannam

Hatinya berdiri di hadapan Tuhan dengan tertunduk khusyuk, menundukkan pandangannya, suaranya rendah, dan gerakannya tenang. Dia sujud di hadapan-Nya seperti sujud untuk menemui kematian. Kalau tidak ada buah lain dari qadha dan qadar selain buah ini, cukuplah itu menjadi hikmah. Wallahul musta'aan.

Posting Komentar untuk "Sebab Paling Besar Kebahagiaan Hamba"