Kasih Sayang Allah, Menutupi dosa Hamba-Nya

Hikmah dari adanya perbuatan dosa yang hanya diketahui Allah SWT salah satunya adalah memberitahu hamba-Nya tentang keluasan kasih sayang dan karunia-Nya dengan menutupi dosa yang mereka perbuat.Baca juga 31 Hikmah adanya perbuatan dosa dan maksiat.

Kalau mau, tentulah Allah SWT sudah menyingkap dan memperlihatkan dosa-dosa yang diperbuat oleh manusia di hadapan khalayak ramai sehingga mereka tidak merasakan kenikmatan hidup bersama mereka. Akan tetapi, Allah SWT menutupi dan menjaganya dengan kasih-Nya saat tengah berbuat dosa. Dia menyaksikannya manusia itu ketika secara terang-terangan berbuat dosa dan maksiat di depan Allah SWT.

Dalam sebuah atsar disebutkan bahwa Allah SWT berfirman: "Akulah Yang Maha Pemurah dan Mulia. Siapa yang lebih pemurah dan mulia dari Aku! Hamba-hamba-Ku terang-terangan berbuat dosa di depan-Ku tapi Aku memberi makan kepada mereka di rumah mereka."

Adakah kasih sayang yang lebih dari ini? Adakah kemurahan yang lebih dari kemurahan Allah SWT ini? Kalaulah bukan karena kasih sayang, kemurahan, dan pengampunan Allah SWT, tentu langit dan bumi tidak tetap di tempatnya. 

Firman Allah di dalam Al-Qur'an yang berbunyi:

۞إِنَّ ٱللَّهَ يُمۡسِكُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضَ أَن تَزُولَاۚ وَلَئِن زَالَتَآ إِنۡ أَمۡسَكَهُمَا مِنۡ أَحَدٖ مِّنۢ بَعۡدِهِۦٓۚ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورٗا ٤١

Artinya: Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap; dan sungguh jika keduanya akan lenyap tidak ada seorangpun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (QS. Faathir: 41)

Ayat ini menuntut adanya sifat santun (Haliim) dan pengampun (Ghafuur). Kalau bukan karena santun dan ampunan Allah SWT, pasti bumi dan langit sudah lenyap. Ini sama dengan kandungan ayat dari Firman Allah SWT berikut ini:

تَكَادُ ٱلسَّمَٰوَٰتُ يَتَفَطَّرۡنَ مِنۡهُ وَتَنشَقُّ ٱلۡأَرۡضُ وَتَخِرُّ ٱلۡجِبَالُ هَدًّا ٩٠ أَن دَعَوۡاْ لِلرَّحۡمَٰنِ وَلَدٗا ٩١

Artinya: Hampir-hampir langit pecah karena ucapan itu, dan bumi belah, dan gunung-gunung runtuh, karena mereka mendakwakan Allah Yang Maha Pemurah mempunyai anak. (QS. Maryam: 90-91).

Begitu besar kasih sayang, kemurahan, dan pengampunan Allah SWT bagi hambanya dalam menyembunyikan dosa dan memberikan pengampunan kepada siapa saja yang Allah SWT kehendaki. Subhannallah....

Posting Komentar untuk "Kasih Sayang Allah, Menutupi dosa Hamba-Nya"