Keutamaan, Doa Lengkap Setelah Wudhu

Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan wudhu, dan bacaan doa setelah wudhu yang perlu kita jelaskan kepada anak dan juga praktekkan sehari-hari. Bacaan doa setelah wudhu adalah bacaan doa ma'tsur yang hendaknya kita baca sesudah melaksanakan wudhu'.

Keutamaan-keutamaan wudhu' antara lain bahwa wudhu' itu dapat melebur dosa-dosa, berdasar hadits yang di­riwayatkan oleh Muslim dan Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Jika seorang hamba Muslim berwudhu', maka ia membasuh mukanya, maka bersama air yang berjatuhan itu keluar dari wajahnya setiap kesalahan (dosa) yang dilihat oleh kedua mata kepalanya, atau keluar bersama titik terakhir dari nir wudhu'-nya itu, dan jika ia membasuh kedua kakinya, setiap dosa yang dilakukan kedua kakinya keluar bersama air yang dipakai wudhu' atau bersama titik terakhir dari air itu, sehingga ia keluar dalam keadaan suci dari dosa-dosa".

Doa sesudah wudhu atau doa setelah wudhu

Biasakan dalam diri kita dan ajarkan kepada anak-anak, jika setelah selesai berwudhu' agar mem­baca doa yang ma'tsur:

أَشْهَدُ أَنْ لاَاِلَهَ إِلاَّ اﷲُ٬ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكََ لَهُ ٬ وَأَشْهَدُ أََنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُُهُ٠

Aku bersaksi bahwasanya tiada tuhan melainkan Allah, Yang Tunggal, yang tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksibahwasanya Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. (H.R. Muslim dan Ahmad).

اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ٠

Ya Allah, jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang bersuci. (H.R. At-Tirmidzi).

سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ٬ أَشْهَدُ أَنْ لاَاِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ٬ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ٠

Maha Suci Engkau, Ya Allah dengan segala puji-Mu, aku ber­saksi bahwasanya tiada tuhan selain Engkau, aku mohon ampunan-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu. (H.R. An-Nasa'i).

Hendaknya kita juga membiasakan dalam diri kita dan mengajarkannya kepada anak-anak kita untuk mengerjakan shalat sunah dua raka'at setiap sesudah wudhu', sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad dari 'Uqbah bin 'Amir Al-Jahni ra., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda:

مَامِنْ مُسْلِمٍ يَتَوَضَّاءُ فَيُحْسِنُ وُضُوْءَهُ٬ ثُمَّ يَقُوْمُ فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ يَقْبَلُ عَلَيْهِمَا بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةَ٠

"Tidaklah seorang Muslim berwudhu' dan ia menyempurnakan wudhu'nya, kemudian mengerjakan shalat dua raka'at sesudah­nya, dikerjakan dengan hati dan wajahnya, kecuali diwajibkan baginya surga".)

Perihal cara wudhu beserta doa sebelum wudhu dan doa setelah wudhu', dipersilahkan dapat anda baca pada linktersebut. Perlu  ditekankan di sini, bahwa hadits-hadits yang memerintahkan bersiwak lebih dari seratus hadits.Itulah keutamaan wudhu menurut dalil hadits dan juga doa setelah selesai wudhu'

Posting Komentar untuk "Keutamaan, Doa Lengkap Setelah Wudhu"