Dosa-dosa Kecil

Dosa-dosa atau kesalahan-kesalahan kecil juga tersebut di dalam firman Allah :
“(Yaitu) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji (1) yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Luas ampunan-Nya”. (Q.S. 53 : 32)

Terhadap kesalahan-kesalahan atau dosa-dosa kecil ini, tidak pernah seorangpun yang mampu lolos, terkecuali orang yang ma’shum (dijaga) oleh Allah swt. (2)
Rosulullah saw. Bersabda :

وَقَدْ رَوِيَ عَنِ النَّبِيِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ أَنَّهُ قاَلَ: اِنَّ اللهُ كَتَبَ عَلَى ابْنِ ادَمَ حَظَّهُ مِنَ الِزّنَا أَدْرَكَ ذ لِكَ لاَ مَحاَ لَةُ فَزِناَ الْعَيْنِ اَلنَّظْرُ، وَزِناَ الِلّسَا نِ النَّطْقُ، وَالنَّفْسُ تَتَمَنَّى وَتَشْتَهِي وَالْفَرْجُ يُصَدّ ِقُ ذ لِكَ اَوْ يُكَذّ ِبُه‘.

“Sesungguhnya Allah telah menetapkan bagian-bagian anak Adam (manusia) yaitu perbuatan zina yang tak dapat dielakkan lagi olehnya. Zina mata adalah memandang wanita lain, zina lidah adalah mengatakan sesuatu yang menjurus ke arah zina, dan zina hati adalah menginginkin faraj (kemaluan wanita) baik ia merasa atau tidak”. (3)

Ada satu asumsi yang mengatakan bahwa dosa kecil adalah setiap perbuatan yang tak ada aturan hukumnya had-nya di dunia ini, dan tidak akan ada siksa di hari pembalasan kelak. Adapaun perbuatan yang dapat menghapus dosa-dosa kecil tersebut ialah melakukan shalat lima waktu. Ini pun dengan suatu catatan bahwa dosa-dosa kecil ini belum sampai kepada taraf perbuatan dosa besar, atau perbuatan keji.

Rasulullah bersabda :

اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ ،وَالْجُمْعَةُ اِلَى الْجُمْعَةِ ، وَرَمَضَا نُ اِلىَ رَمَضَا نَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ اِذَا اجْتُنِبَتْ الْكَبَا ئِرَ (رواه مسلم)

“Antara shalat fardhu sampai shalat fardhu lainnya dan antara shalat jum’at sampai kepada shalat jum’at lainnya, serta antara bulan Ramadhan kepada bulan Ramadhan lainnya merupakan pelebur dosa, selagi dosa-dosa besar dijauhi”.(4)

Perlu diperhatikan bahwa dosa kecil, apabila dilakukan secara terus menerus, maka akan menjadi dosa besar.

Dalam hal ini Rasulullah bersabda :

اياّ كُمْ وَمُحَقَّرَاتِ الذُّنُوْبِ فَِانَّهُنََّ يَجْتَمِعْنَ عَلَى الرَّجُلِ حَتّىَ يَهْلكِنَّهُ. (رواه الامام احمد)
“Hati-hatilah kamu terhadap dosa-dosa(5) kecil, karena apabila sering dilakukan oleh seseorang, maka pasti akan merusaknya (akan menjadi dosa besar)”.(6)

Keterangan :
  1. Yang dimaksud dengan kata fahinsyah ialah perbuatan dosa besar, dan sering juga diartikan sebagai perbuatan zina.
  2. Seseorang yang melakukan dosa kecil, bahwa dosa kecil tersebut mempunyuai dua cabang, maka dosa kecil yang dilakukan terus-menerus, bisa menjadi dosa besar.
  3. Hadits riwayat Bukhari dan Muslim
  4. Hadits riwayat Muslim
  5. Hati-hatilah tehadap dosa kecil, karena dengan membiasakannya akan menjadi dosa besar.
  6. Hadits riwayat Imam Ahmad.

Posting Komentar untuk "Dosa-dosa Kecil"