Pengertian Dosa-dosa Besar dan Macamnya

Didalam meberikan definisi mengenai dosa besar, para ulama berbeda pendapat yang dapat dilihat dari rangkaian permbahasan sebagai berikut :

"Setiap sesuatu yang dilarang Allah; segala sesuatu yang diharamkan melalui nash Al-Qur’an; seluruh nash-nash yang mengancam pelaku perbuatan dengan ancaman di hari kiamat, mendapat laknat Allah atau mendapat ancaman keras, dan pelakunya diberi predikat fasik, atau pelakunya harus melaksanakan hukuman had”

Hadd artinya hukuman yang sudah ada nashnya baik dari Al-Qur’an atau hadits-hadits Nabi dan Ijma’ para sahabat.

Sebagian ulama mengatakan; “Apabila anda ingin mengetahui perbedaan antara dosa-dosa besar dan dosa-dosa kecil, maka bandingkanlah kerusakan yang diakibatkan dari dosa-dosa tersebut dengan dosa besar yang telah ada nash-nya. Apabila pada kenyataanya kerusakan yang ditimbulkan itu hanya sedikit, maka yang demikian itu adalah dosa kecil. Tetapi apabila kerusakan yang diakibatkannya itu sebanding atau lebih besar, yang demikian itu adalah dosa besar”.

Sebagian ulama lainnya mengatakan: “Tidak ada dosa besar dengan membaca istighfar (minta ampun) dan tak ada dosa kecil yang dialkukan kontinyu”. Atau dengan kata lain yang lebih gamblang, dosa besar bisa diampuni dengan melakukan Iistighfar, dan dosa kecil bisa menjadi dosa besar apabila dilakukan secara kontinyu.

Mengenai jumlah dosa-dosa besar ini, berdasrkan hadits terdapat tujuh macam dosa besar. Tetapi masih banyak hadits shahih yang membicarakan dosa-dosa besar ini lebih dari tujuh macam. Tetpi jika penulis menyebut jumlah dosa besar ini hanya tujuh macam, bukan berarti akan membatasi macam jenis dosa besar, tetapi sekedar mengajukan contoh. Dalam hal ini Rosulullah sendiri pada setiap kesempatan hanya menyebut macam dosa yang dianggap relevan waktu itu. Dan beliau memang belum pernah merinci berbagai macam dosa dengan suatu pengertian yang membatasi.

Terdapat satu hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Abbas, ia menceritakan bahwa Rosulullah ditanya oleh seorang mengenai dosa-dosa besar; “Apakah jumlahnya hanya tujuh macam?” Rosulullah menjawab : “Dosa besar itu berjumlah tujuh puluh macam.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dosa-dosa Besar dan Macamnya"