Rekomendasi Nabi: Doa Tasyahud dalam Sholat

Dalam keterangan hadits Nabi Muhammad saw menjelaskan bahwa ketika dan di dalam sholat pada waktu tasyahud hendaknya juga mengandung do'a dan dianjurkan memilih doa yang dikehendaki. Sebagaimana Sabda Nabi saw sebagai berikut :

 عن ابى مسعود قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ : التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ ، السَّلامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ ، السَّلامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ ثُُمَ الْيَتَخَيَّرْ مِنَ الدُّعَاءِ اَحَبَّةَ اِلَيْهِ

Artinya : Dari Ibnu Mas'ud berkata Rasulullah saw bersabda : Apabila sholat salah seorang di antara kamu maka hendaklah ia membaca tasyahud :
"Attahiyyatu'lillahi washashalawatu wathayibatu assalamu 'alaika ayyuhannabiyyu warahmatullahi wabarakatuh assalamu 'alaina wa'alah 'ibadillahishshalihin, asyhadu an-la illaha illallah wasyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa-rasuluhu."
'Sekalian bakti lidah dan badan pun harta, adalah kepunyaan Allah, mudah-mudahan turunlah sejahtera atasmu, hai Nabi, dan begitu juga rahmat Allah dan kurnia-Nya, mudah-mudahan dilimpahkan pula sejahtera atas kita sekalian dan atas hamba Allah yang sholeh-sholeh (baik-baik), aku menyaksikan bahwa tidak ada Tuhan yang sebenar-benarnya melainkan Allah, dan aku menyaksikan bahwa Nabi Muhammad itu hamba-Nya dan pesuruh-Nya. 
Sambungan Hadits "Kemudian hendaklah ia memilih doa yang dikehendakinya" (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari hadits di atas menjelaskan bahwa, dalam duduk tasyahud hendaknya membaca doa dalam tasyahud ketika sholat dengan doa yang dikehendakinya..

Apa doa tasyahud dalam sholat yang sebaiknya dibaca?

Sebagaimana keterangan dalam hadits di atas, yang menjelaskan tentang anjuran membaca doa yang dikehendaki ketika tasyahud dalam sholat, berikut ini adalah hadits Nabi yang menerangkan do'a yang hendaknya dibaca dalam sholat dalam tasyahud. :

وعن عبدالله بن مسعود رضي الله عنه قال الْتَغَتَ اِلَيْنَا رسول الله صلى الله عليه وسلم فَقَالَ: إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ : التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ ، السَّلامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ ، السَّلامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ، وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ ثُُمَ الْيَتَخَيَّرْ مِنَ الدُّعَاءِ اَعْجَبَهُ اِلَيْهِ فَيَدْعُوْ. متفق عليه.  واللفظ للبخارى. وللنسائ كُنَّا نَقُوْلُ قَبْلَ اَنْ يُفْرَضَ عَلَيْنَا التَّشَهُّدُ. ولاحمد اَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم التَّشَهُّدُ وَاَمَرَهُ اَنْ يُعَلِّمَهُ النَّاسَ 

Artinya : dari 'Abdullah bin Mas'ud ra. ia berkata: Rasulullah saw. menoleh kepada kami, lalu beliau bersabda  : "Apabila seseorang diantara kamu sholat, hendaklah ia membaca (yang artinya): "Segala penghormatan bagi Allah, demikian pula sholawat dan segala kebaikan. Mudah-mudahan keselamatan dicurahkan  kepadamu ya Nabi, demikian pula rahmat kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang sholeh. Aku mengaku bahwasanya tiada Tuhan yang sebenarnya melainkan Allah yang Esa tidak sekutu syarikat bagi-Nya, dan aku mengaku bahwasanya Muhammad itu adalah hamba-Nya dan pesuruh-Nya. "Kemudian hendaknya ia pilih doa yang disukai lalu ia mendoa dengan-Nya. Muttafaq'alaih dan lafadz ini adalah dalam riwayat Bukhari. Dan dalam riwayat Nasa'i : adalah kami ucapkan sebelum difardhukan atas kami attahiyyat". Dan bagi Ahmad : "Bahwasanya Nabi saw. mengajarnya (Ibnu Mas'ud) attahiyyat, dan beliau menyuruhnya mengajarkan attahiyyat itu kepada orang lain.

Dari Hadits lain tentang doa tasyahud dalam sholat, diterangkan sebagai berikut:

وعن ابى هريرة رضى الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا تشهّد احدكم فليستعذ بالله من اربع, يقول اللهمّ إني أعوذ بك من عذاب جهنم ومن عذاب القبر ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال. متفق عليه. وفى رواية لمسلم: اذا فرغ احدكم من التّشهّد الاخر

Artinya : Dari Abu Hurairah ra. ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : Apabila seseorang diantara kamu bertasyahud (attahiyyat) hendaknya ia berlindung kepada Allah dari empat macam, ia ucapkan (yang artinya) : "Ya Allah kami berlindung kepada-Mu dari siksaan neraka Jahannam, dan siksa kubur, dan dari fitnah hidup dan mati dan kejahatan fitnah Dajjal (Si pendusta)". (HR. Bukhari dan Muslim).

Do'a tasyahud yang lain dari riwayat hadits Nabi:

وعن ابى  بكرن الصّدّق رضى الله عنه قال قال لرسول الله صلى الله عليه وسلم :عَلَّمَنِى دُعَاءً اَدْعُوْ بِهِ فِىْ صَلاَتِى, قَالَ قُلْ اَللهُمَّ اِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا وَلَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ فَاغْفِرْلِيْ مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِيْ اِنَّكَ اَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْم.متفق عليهُ

Artinya : Dari Abu Bakar Ash-shidiq ra. sesungguhnya ia berkata kepada Rasulullah saw. : Ajarilah saya satu doa untuk saya berdoa denganya dalam sholat saya. Nabi bersabda : "Ucapkanlah (yang artinya) : "Ya Allah, sesungguhnya hamba aniaya atas diri hamba dengan aniaya yang banyak, dan tidak ada yang mengampuni segala dosa melainkan Engkau dan kasihanilah hamba, karena Engkau itu adalah Maha Pengampun dan Maha Pengasih". (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikianlah ajaran dari Nabi tentang doa tasyahud dalam sholat yang tentunya hal ini dikerjakan oleh Nabi Muhammad saw. Sebagaimana kita tahu doa adalah senjatanya orang muslim. Semoga dengan doa tasyahud kita selalu dilindungi Allah dari siksa atau adzab kubur, siksa neraka jahannam, dan dari fitnah hidup dan mati serta kejahatan fitnah Dajjal (Si pendusta)... amiin.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Nabi: Doa Tasyahud dalam Sholat"