Taqwa adalah Kunci Meraih Janji Allah

Orang-orang seperti apakah yang dijanjikan oleh Allah akan mendapakatkan kebaikan, kebahagiaan dan keutamaan baik di dunia dan akhirat?

Renungkanlah dalil ayat-ayat al-Qur’an berikut ini mengenai orang-orang yang bertaqwa dan berbekal taqwa untuk perjalanan jauh akan dijanjikan oleh Allah kebaikan, pahala dan kebahagian dunia dan akhirat.

Berikut ini adalah dalil firman Allah dalam Al Qur'an mengenai janji Allah bagi orang yang akan memperolehnya berupa keutamaan-keutamaan di dunia dan akhirat.

Keutamaan-keutamaan tersebut yang terteta dalam dalil firman Allah dalam Al Qur'an adalah sebagai berikut :

Mendapat pujian dari Allah, 

Sebagaimana Firman Allah yang artinya :"jika kamu bersabar dan bertaqwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan." (Ali Imran [3]:186)

Dilindungi dari kejahatan musuh,

Sesuai dengan firman Allah dalam Al Qur'an yang artinya : "jika kamu bersabar dan bertaqwa, niscaya tipu daya mereka sedikit pun tidak mendatangkan kemudaratan kepadamu." (Ali Imran [3]:120)
Mendapatkan pertolongan dari Allah, 
"Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan." (an-Nahl [16]:128)4.  

Diperbaiki amal perbuatannya dan diampuni dosanya

"Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa- dosamu. Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar." (al- Ahzab [33]:70)

Dicintai oleh Allah,

Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur'an yang artinya : "Maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa." (AU Imran [3]:76)

Diterima amal perbuatannya

Dalil firman Allah dalam al Qur'an yang artinya :"Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertaqwa." (al-Maa’idah [5]:27)

Dimuliakan oleh Allah

Firman Allah dalam Al Qur'an : "Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu." (al-Hujuurat [49]:13)

Mendapatkan kebahagiaan saat meninggal dunia, 

Mengenai hal ini, difirmankan oleh Allah yang artinya :"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertaqwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan) di akhirat." (Yunus [10]:63-64)

Selamat dari api neraka, 

Dalil Firman Allah dalam Al Qur'an yang artinya : "Dan tidak ada seorang pun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertaqwa dan membiarkan orang-orang yang dzalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut." (Maryam [19]:71-72)

Kekal di surga

Dalil firman Allah dalam al Qur'an : "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakqa." (Ali Imran [3]:133)
Dalil firman Allah dari Ayat-ayat di atas yang disertai pemahaman atas makna-maknanya hendaknya mari kita renungkan bersama dan berusaha untuk meraihnya. Dikemukakan dan dijelaskan juga bahwa bahwa taqwa adalah akhlak yang terkumpul dalamnya setiap keutamaan dan mencegah setiap kehinaan. Maka lanjutkan dengan bagaimana caranya mencapai maqam takwa dan meraih derajat yang tinggi sesuai dengan pengertian taqwa yang sebenar-benarnya.

Posting Komentar untuk "Taqwa adalah Kunci Meraih Janji Allah"