Tidak Mendapatkan Doa Rasulullah Karena Kemaksiatan

Termasuk di antara dampak buruk kemaksiatan adalah terhalang dari doa Rasulullah Saw. dan para malaikat. Allah Swt. telah memerintahkan Nabi-Nya untuk memohon ampunan bagi segenap orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan. Firman-Nya: 

 "(Para malaikat) yang memikul A rsy dan malaikat yang berada disekeliling-Nya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta ampun bagi orang - orang yang beriman (seraya mengucapkan), Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu-Mu meliputi segala sesuatu maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan-Mu, dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala. Ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga 'Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang shalih di antara bapak-bapak, mereka, dan istri-istri mereka, dan juga keturunan mereka semua. Sesungguhnya, Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Dan, peliharalah mereka dari kejahatan dan orang-orang yang Engkau pelihara dari kejahatan pada hari itu. Sesungguhnya, telaah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar.( Q.S. Al-Mu’min [40] : 7-9) " 

Ini adalah doa para malaikat untuk orang-orang mukmin yang mengikuti pedoman kitab-Nya dan sunnah Rasul-Nya. Ia tidak berpedoman kepada selain keduanya. Doa ini dikabulkan hanya bagi mereka yang memiliki sifat-sifat di atas.