Mempelajari sejarah Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad saw. bukanlah seorang manusia biasa. Ia manusia yang berkepribadian istimewa ditandai dengan kekuatan jasmani dan rohani yang luar biasa. Di samping itu beliau adalah tauladan yang ideal dalam perilakunya, hubungannya dengan Allah, hubungannya dengan keluarga, dengan saudara-saudara, dengan kawan-kawan dan sahabat-sahabatnya. 
Beliau juga merupakan tauladan yang ideal dalam membela kebenaran menghadapi rintangan-rintangan dengan keberanian dan kekuatan jiwa dan dapat dicontoh sikapnya dan tingkah lakunya dalam perang dan dalam damai, dalam cara pimpinannya dan tuntunannya kepada umatnya dan dalam sikap zuhudnya menghadapi soal-soal keduniawian. 
Rasulullah saw. adalah contoh sebagai ahli ibadah yang tekun, penghulu yang adil, ahli siasat yang matang, pemimpin yang bijaksana, bapak yang penyayang, guru yang bakti, komandan yang menang, kawan yang jujur, suami yang setia dan seorang nabi yang saleh yang tidak dikenal taranya sepanjang masa. 
Penulisan riwayat Rasulullah saw. hendaklah menonjolkan sifat-sifat luhurnya dan keagungan kepribadiannya, karena penghidupan beliau bukanlah penghidupan yang biasa, maka demikian pula riwayat hidupnya bukanlah sebagai riwayat hidup yang biasa kita kenal. Tujuan dari penulisan riwayat hidup beliau ialah agar kita meniru dan mengikuti jejaknya agar kita dapat mencapai tingkat kemanusiaan yang tinggi dan ideal.