Pengaruh-pengaruh Perbuatan Dosa Bagi Manusia

Yang jelas, perbuatan dosa akan menumbuhkan suasana kegelapan hati. Apabila hati telah gelap lantaran kepekatan noda dan dosa, maka hati akan semakin keras dan semakin jauh dari Allah swt. Dengan demikian, keadaan tersebut akan menjadi sumber kejahatan di dalam tubuh masyarakat. Kesudahannya, pelaku dosa akan mendapatkan kerugian di dunia dan akherat. Dan pelaku dosa tak mampu kembali baik seperti semula, kecuali apabila ia bertaubat dan istighfar.
Dalam hal ini Rasulullah bersabda :

إِنَّ اًْلْْمُؤْمِنُ اِذََا اَذْنَبَ كَانَتْ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ فِىْ قَلْبِِِهِ فَاِنْ تَابَ وَنَزَعَ وَاسْتَغْفَرَ صَقُلَ قَلْبُهُ فَاِنْ زَادَ زَادَتْ، فَذَ لِكَ الرََّانُ الَّذِيْ ذَكَرَاللهَ فِىْ كِتَابِهِ (كَلا بَلْ رَانَ عَلىَ قُلُوْ بِهِمْ مَاكَنُوْا يَكْسِبُوْنَ. (رواه ابن ماجه والامام احمد

“Sesungguhnya apabila seorang mukmin melakukan perbuatan dosa, maka hatinya ternoda oleh titik hitam. Apabila ia mau bertaubat dan tidak akan mengulangi perbuatan dosa lagi serta melakukan istighfar, maka hatinya akan menjadi bersih kembali. Titik hitam itulah yang dimaksud di dalam firman Allah : “Sekali-kali tidak (demikian) sebenarnya yang mereka lakukan membuat noda hitam dalam hatinya”. (Q.S. 83 : 14)

Perbuatan dosa juga dapat menghalangi pelakunya untuk mendapatkan rizki.
Rasulullah bersabda :
لاَيَزِيْدُ فِىْ الْعُمْرِ اِلاَّ الْبِرُّ، وَلاَيَرُدُّ الْقَدَرَ اِلاَّ الدُّعاَءُ، وَاِنَّ الرَّ جُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِخَطِيْئَةٍ يَعْمَلُهاَ

“Umur takkan bertambah kecuali dengan perbuatan baik; tak ada yang bisa menolak takdir kecuali do’a; dan seseorang akan terhalang rezekinya karena melakukan dosa”.

Sebaliknya, Al-Qur’an menyatakan bahwa takwa kepada Allah akan membuka pintu rizki bagi pelakunya.

Allah berfirman :
“Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangka.” (Q.S. 65 : 2-3).
“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi”. (Q.S. 7 : 96).

Posting Komentar untuk "Pengaruh-pengaruh Perbuatan Dosa Bagi Manusia"