Penjelasan Turunnya Al-Quran-Nuzulul Quran

Masih berkaitan dengan bulan ramadhan adalah bulan yang berkaitan dengan peristiwa nuzulul Quran atau turunnya al quran. Mengenai peristiwa tersebut di terangkan dalam firman Allah swt dalam Al-Qur'an Al-Karim surat al-Baqarah ayat 184 yang bunyinya sebagai berikut :

شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِ 

Artinya : Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Tanggal turunnya al Quran

Adapun tanggal nuzulul Quran menurut para ulama, menurut Imam Ibnu Ishaq, turunnya alquran adalah pada tanggal 17 bulan Ramadhan tahun 41 dari kelahiran Nabi Muhammad saw. Allah berfirman dalam al quran :

إِن كُنتُمۡ ءَامَنتُم بِٱللَّهِ وَمَآ أَنزَلۡنَا عَلَىٰ عَبۡدِنَا يَوۡمَ ٱلۡفُرۡقَانِ يَوۡمَ ٱلۡتَقَى ٱلۡجَمۡعَانِ 

Jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan.

Yang dimaksud dengan hari bertemunya dua pasukan adalah pasukan kaum muslimin dan kaum musrikin untuk bertempur yaitu bertempur pada hari perang badar yaitu tanggal 17 bulan Ramadhan.

Dari Imam Thobari menerangkan sanad dari Sayyidina Hasan bin 'Ali Karromallahu Wajhah :

Artinya : berkata sayyidina Hasan, malam furqan (lailatul Furqan, turunnya al quran) itu bersamaan dengan hari bertempurnya antara kaum muslimin dengan kaum musrikin (peperangan badar) yaitu tanggal 17 bulan Ramadhan tahun yang kedua dari Hijrah.

Adapun ayat pertama yang diterima Nabi Muhammad saw ketika berada di Gua Khira' tanggal 17 Bulan Ramadhan yaitu Surat Al-'Alaq ayat 1-5 :

ٱقۡرَأۡ بِٱسۡمِ رَبِّكَ ٱلَّذِي خَلَقَ.  خَلَقَ ٱلۡإِنسَٰنَ مِنۡ عَلَقٍ.  ٱقۡرَأۡ وَرَبُّكَ ٱلۡأَكۡرَمُ.  ٱلَّذِي عَلَّمَ بِٱلۡقَلَمِ. عَلَّمَ ٱلۡإِنسَٰنَ مَا لَمۡ يَعۡلَمۡ 
Artinya : Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Empat ayat tersebut di atas, mengandung arti yang mendidik sebagai berikut :
  • Pendidikan batiniyah: Bahwa manusia harus selalu ingat kepada Tuhan mereka yaitu Allah swt yang telah menciptakan.
  • Pendidikan halusnya budi pekerti: bahwa manusia agar ingat asal mula dibuatnya manusia atau penciptaan manusia.
  • Arti memberantas buta huruf: bahwa manusia  agar supaya bisa menulis dan membaca
  • Mengandung pendidikan agar manusia mementingkan pendidikan pengajaran dan kebudayaan.
Turunnya Al Quran  tidak langsung sekaligus (satu gelondong), namun sedikit-sedikit sesuai dengan kebutuhan Nabi Muhammad saw. Seperti firman Allah swt dalam alquran sebagai berikut :

وَقُرۡءَانٗا فَرَقۡنَٰهُ لِتَقۡرَأَهُۥ عَلَى ٱلنَّاسِ عَلَىٰ مُكۡثٖ وَنَزَّلۡنَٰهُ تَنزِيلٗا

Dan Al Quran itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu (Muhammad) membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian.

Bagian demi bagian maksudnya adalah sedikit demi sedikit dan berangsur-angsur sesuai dengan kebutuhan Nabi Muhammad.

Ayat al quran yang paling akhir diturunkan adalah Surat Al-Maidah ayat 3 yang berbunyi :

ٱلۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلۡإِسۡلَٰمَ دِينٗا

Artinya : Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.

Adapun waktu mulai turunnya al quran (nuzulul quran) hingga tamat atau turunnya ayat yang terkahir adalah selama 22 tahun 2 bulan 22 hari (23 tahun).

Demikianlah penjelasan dari al quran dan juga dari para ulama mengenai bab nuzulul quran atau turunnya al quran beserta maksud pendidikan yang terkandung daru ayat pertama yang turun kepada Nabi Muhammad saw

Posting Komentar untuk "Penjelasan Turunnya Al-Quran-Nuzulul Quran"