Kemuliaan Manusia dalam Islam

Agama Islam menghormat manusia dan memuliakannya sebagai manusia tanpa memandang agamanya, bangsanya, jenisnya, tempat tinggalnya, bahasanya dan warna kulitnya. Kemudian manusia dan keistimewaannya di atas makhluk Allah yang lain ialah karena manusia diciptakan oleh Allah langsung sendiri, ditiupkan roh-Nya ke dalamnya, diperintahkan para malaikat bersujud sebagai penghormatan baginya dan dikuasakanlah kepadanya apa yang di alngit dan di bumi. 

Allah telah memberinya kekuatan akal, jiwa untuk dapat menguasai dan menjadi tuan di planet bumi ini, untuk memakmurkannya dan mewarisinya dengan menegakkan hak dan keadilan. Berfirmanlah Allah swt.: 

“Dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (Al-Israa’ 70). Pemuliaan ini menjadi sempurna bila manusia terjamin hak-hak azasinya, hak hidup, hak pemilikan, hak kebebasan berpikir, berusaha dan bergerak dan hak mengarungi laut dan darat untuk memnuhi kebutuhan hidupnya jasmani maupun rohani.