Mahsyar, Tempat Berkumpul Manusia di Hari Kiamat

Tentang tempat berkumpulnya manusia yaitu mahysar, allah Ta'ala dalam Al-Qur'an surat Saba' (34) ayat 40 berfirman yang Artinya: "Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Allah mengumpulkan mereka semuanya kemudian Dia berfirman kepada malaikat, "Apakah mereka ini dahulu menyembah?" 

Mahsyar artinya tempat berkumpul. Pada hari kiamat kelak seluruh manusia akan dibangkitkan kembali dari kubumya. Setelah itu dikumpulkan di suatu tempat untuk menjalani pemeriksaan atau perhitungan amal yang telah dilakukan selama hidup di dunia. 

Di padang mahsyar kelak, semua orang sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri, dan tidak akan ada lagi hidup saling menolong. Yang ada hanyalah pertanggungjawaban terhadap diri sendiri. Apa yang pernah dibuatnya di dunia adalah menjadi tanggung jawabnya. Pada hari kiamat seseorang, baik itu keluarga, saudara, kenalan baik, semuanya tidak ada yang dapat menolong. 

Firman Allah dalam Al-Qur'an surat Al-Mumtahanah (60) ayat 3: 

Artinya: "Kaum kerabatmu dan anak-anakmu tidak bermanfaat bagimu pada hari Kiamat. Dia akan memisahkan antara kamu." 

Juga firman-Nya dalam surat Al-Isra' (17) ayat 97: Artinya: "Dan barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, dialah yang mendapat petunjuk dan barang siapa Dia sesatkan, maka engkau tidak akan mendapatkan penolong-penolong bagi mereka selain dari Dia. Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari Kiamat dengan wajah tersungkur, dalam keadaan buta, bisu, dan tuli. Tempat kediaman mereka adalah neraka Jahanam. Setiap kali nyalaapi Jahanam itu akan padam, Kami tambah lagi nyalanya bagi mereka." 

Sungguh Maha Besar Allah dengan segala kenikmatan dan siksaan-Nya