Faedah Kepada Orang Yang Sabar dalam Alquran

Allah memberi balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik, berdasarkan firman-Nva: "Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar, dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan". (QS. An-Nahl : 96). 

 Orang-orang yang sabar diberi balasan tanpa batas, seperti firman-Nya: "Sesungguhnya hanya orang-orang yang sabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas". (QS. Az-Zumar : 10). 

Orang-orang yang sabar mendapatkan kabar gembira, tertera di dalam firman-Nya: 

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, "kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan juga buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar". (QS. Al-Baqarah : 155). 

Jaminan pertolongan bagi orang-orang yang sabar sesuai dengan firman Allah SWT. : 

"Ya (cukup), jika kalian bersabar dan bertaqwa, dan mereka datang menyerang kalian dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kalian dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda". (QS. Ali Imran ayat 125). 

Di samping itu juga telah bersabda Rasulullah saw. sebagai berikut:

"Dan ketahuilah bahwa pertolongan itu beserta kesabar¬an". Pengabaran dari Allah SWT. bahwa orang-orang yang sa¬bar adalah orang-orang yang mulia, firman Allah : "Tetapi barangsiapa yang sabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diuta¬makan". (QS. Asy-Syuuraa : 43). 

Pengabaran dari Allah SWT. bahwa pahala amal sholeh hanya layak diperoleh orang-orang yang sabar seperti firman Allah SWT. : 

"Kecelakaan yang besarlah bagi kalian, ketahuilah pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, dan tidak diperoleh pahala itu kecuali oleh orang-orang yang sabar". (QS. Al- Qashash : 80). 

Pengabaran bahwa hanya orang-orang yang bersabar yang bisa mengambil pelajaran dan manfaat dari ayat-ayat Allah, sesuai dengan firman-Nya adalah sebagai berikut : 

"Keluarkanlah kaumku dari gelap gulita kepada terang benderang, dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah, sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda- (kekuasaan Allah) bagi setiap orang yang penyabar dan banyak bersyukur". (QS. Ibrahim : 5). 

Pengabaran bahwa keberuntungan yang diharapkan keselamatan dari sesuatu yang ditakuti dan masuk surga, diperoleh oleh orang-orang karena kesabaran mereka, firman-Nya : 

"Dan para Malaikat masuk ke tempat-tempat dari semua pintu (sambil mengucapkan), "Keselamatan bagi kalian berkat kesabaran kalian", maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu". (QS. Ar-Ra'd ; 24). 

 Sabar mempusakakan derajat kepeloporan dan kepemim¬pinan. Saya pernah mendengar Syaikhul Islam berkata: "Dengan kesabaran dan keyakinan dapat diperoleh kepe¬mimpinan di dalam Agama, lalu dia membaca ayat: 

"Dan,..... jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar, dan mereka meyakini ayat-ayat Kami": (QS. As-Sajdah : 24).

Allah SWT. mengaitkan kesabaran dengan berbagai posisi dalam Islam, iman, keyakinan, taqwa, tawakkal, syukur, amal sholeh, rahmat dan lain sebagainya, karena itu sabar adalah termasuk sebagian dari iman, seperti kedudukan kepala dari tubuh. Tidak ada artinya iman bagi seseorang yang tidak memiliki kesabaran, sebagaimana tidak ada artinya tubuh tanpa kepala, Umar bin Al-Khathab berkata: "Hidup yang paling baik adalah yang kami lalui dengan kesabaran".