Ajaran, Hukum dan Aturan Agama Islam dengan Dalil Alqur'an dan Hadits Nabi Muhammad SAW

Saturday, November 2, 2013

Sebaik-baik Olahraga: Olahraga Memanah dalam Islam

| Saturday, November 2, 2013
Islam menganggap penting ketrampilan memanah sebagai olah raga dan persiapan untuk peperangan, Tidak asing lagi bagi kita bahwa ketrampilan memanah itu adalah ketrampilan yang memiliki tempat berbahaya di dalam peperangan pada masa-masa dulu dan khususnya pada zaman sekarang. Menyerang pasukan adalah memanah, menembak pesawat adalah memanah, membidikkan senapan ke arah sasarannya adalah memanah.

Nabi shallallahu 'alaihi wa saillam telah menasehati bahwa memanah adalah salah satu olah raga yang sangat penting dan memiliki pengaruh yang dahsyat di dalam medan pertempuran. Dan 'Uqbah bin 'Amir radhiyallaahu 'anhu, dia berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, dan dia berada di atas mimbar.

"Dan bersiap-siaplah kamu untuk menghadapi mereka (musuh) dengan kekuatan yang kamu sanggup. Ketahuilah bahwa yang dimaksud "kekuatan" itu adalah memanah. Ketahuilah bahwa yang dimaksud "kekuatan" itu adalah memanah. Ketahuilah bahwa yang dimaksud "kekuatan" itu adalah memanah. (Hadits riwayatMuslim)

Beliau bersabda,

"Sesungguhnya Allah memasukkan tiga orang ke syurga dengan satu busur panah: pembuat yang diperkirakan dalam perbuatannya baik, orang yang memanah dan orang yang memberi bantuan dengannya. Maka memanahlah, berkudalah, dan memanah itu lebih saya sukai daripada berkuda." (Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud dan selain keduanya)

Dari Salmah bin A1 Akwa' berkata,

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berjalan dengan seseorang yang telah masuk Islam di sebuah pasar. Maka beliau bersabda, "Panahlah Bani Isma’il, karena sesungguhnya bapak-bapak kalian adalah para pemanah. Lepaskanlah panahmu itu, saya bersama bani fulan.”

Kemudian Salmah berkata, Maka, salah seorang dari dua kelompok itu memegang panah mereka, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Mengapa kalian tidak melepaskan anak panah kalian?" Mereka menjawab, "Bagaimana kami memanah sedangkan engkau bersama mereka?" Maka Rasulullah bersabda, "Lepaskanlah anak panahmu, saya bersama kalian." (Hadits riwayat Bukhari)

Dalam Islam, permainan memanah ini adalah permainan yang bermanfaat dan bukan permainan sia-sia yang menghancurkan semangat pasukan. Dengan demikian, kita mendapatkan bahwa Rasulullah menyukai olah raga memanah sebagai sarana untuk melindungi dirinya. Beliau bersabda,
"Kamu harus belajar memanah, karena memanah itu temasuk sebaik-baik permainanmu." (Hadits riwayat Bazzar dan Ath-Thabarani)

Related Posts

loading...

No comments:

Post a Comment