Menghindari Bencana dengan Doa

Terdapat jenis doa yang dianjurkan atau disarankan untuk dilafalkan, karena akan cepat dijawab oleh Sang Khalik Allah SWT. Salah satunya adalah doa agar dihindarkan dari bencana, sebagaimana dalil bunyi hadits di bawah ini yang artinya:

Berlindunglah kepada Allah dari kesengsaraan (akibat) bencana, dan dari kesengsaraan hidup yang berkesinambungan (silih berganti dan terus-menerus), dan dari suratan takdir yang buruk, serta dari cemoohan musuh-musuh.” (HR. Muslim)

Juga hadits yang mengatakan: ‘Tidak ada manfaatnya bersikap siaga dan berhati-hati menghadapi takdir. Akan tetapi, doa akan bermanfaat untuk apa saja yang diturunkan maupun yang tidak diturunkan. Oleh karena itu, hendaklah kamu berdoa, wahai hamba-hamba Allah.” (HR. Ath-Thabrani)

Seorang hamba yang terhindar dari bencana karena doa yang dipanjatkannya, harus dapat memanfaatkan keselamatannya itu untuk beribadah dan bertobat kepada Allah SWT. Sehingga begitu sampai masanya dia kembali kepada Allah SWT, dia telah siap dengan membawa bekal kebaikannya selama di dunia. Amin ya Rabbal’alamin.


Posting Komentar untuk "Menghindari Bencana dengan Doa"