Manfaat dan Keuntungan dari Berdoa

Berdoa mempunyai berbagai macam manfaat dan keuntungan, sebagiannya telah disebutkan di muka. Pada artikel ini akan disebutkan secara lebih luas beberapa manfaat serta keuntungan dari aktivitas berdoa yang setiap hari kita lakukan. Berbagai manfaat dari doa yang kita panjatkan antara lain sebagai berikut:
  • Berdoa merupakan sarana memuji dan mengagungkan nama Allah SWT. Dengan berdoa, kita berkesempatan menumpuk pahala untuk bekal di akhirat.
  • Berdoa merupakan bentuk pendidikan kepada setiap hamba untuk mensyukuri karunia Allah SWT yang tak terhitung banyaknya. Sikap penuh rasa syukur ini akan mendatangkan rezeki/nikmat yang lebih banyak lagi, dan akan terus diberikan oleh Allah SWT selama kita bersyukur kepada-Nya. Baca Juga Cara Bersyukur dengan hati, lisan dan perbuatan
  • Berdoa bukanlah perbuatan sia-sia. Segala keinginan yang kita mohonkan dalam doa akan dikabulkan oleh Allah SWT. Doa yang dikabulkan sudah pasti akan memberikan rasa bahagia dan kemajuan dalam hidup. Perasaan atas dikabulkannya doa tentu tak terperi. Sebaliknya, kalau pun doa tertunda atau tidak dikabulkan, kita tetap akan mendapatkan ganti dalam bentuk lain. Singkatnya, berdoa dapat mengurangi stres dari berbagai tekanan hidup. Mereka yang malas berdoa dapat diduga akan mudah mengalami stres.
  • Berdoa dapat melenyapkan rasa putus asa. Dengan berdoa seseorang akan termotivasi dalam menghadapi cobaan hidup dan bersikap positif menanggapi kegagalan, sebab Allah SWT yang menjadi sandaran akan selalu membantunya bangkit. Allah SWT pun menjamin akan mengganti kegagalan dengan hal yang lebih baik. Wajarlah ada slogan yang mengatakan: “Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda..."
  • Berdoa dapat membantu dalam mengendalikan emosi jiwa atau kemarahan. Doa bisa menurunkan level emosi ke tingkatan stabil. Baca juga Jalan masuk surga dengan menahan amarah
  • Berdoa dapat menciptakan individu yang tegar. Dengan berdoa seseorang dapat meningkatkan ketabahan dalam menghadapi peristiwa-peristiwa yang terjadi di luar nalar, atau di luar kehendaknya.
  • Berdoa membuat kondisi psikologis seseorang terjamin stabil. Berdoa dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan penyakit fisik maupun psikis. Ketekunan berdoa membuat seseorang memiliki daya tahan tubuh yang baik karena dia selalu menatap kehidupan dengan pikiran jernih, dan tubuhnya tidak mudah lemah karena beban pikiran.
  • Berdoa dapat memacu/menyemangati seorang hamba untuk mengembangkan potensi-potensi yang diberikan Allah SWT untuk dirinya. Melalui doa pula, membuatnya kian menyadari dan mengoptimalkan potensinya untuk berprestasi.
  • Dengan rajin berdoa, seseorang layak menerima keselamatan dan kenikmatan dari Allah SWT. Seseorang dapat meraih kesempatan hidup lebih baik, termasuk mendapat keselamatan dalam kehidupan yang abadi kelak di akhirat karena kedekatannya dengan Sang Khalik yang dibina lewat ketekunannya berdoa.
  • Berdoa dapat meningkatkan rasa cinta kepada diri sendiri dan orang lain. Dengan berdoa seseorang memiliki hubungan yang dekat dan kuat dengan penciptanya, Allah SWT, juga orang lain. Orang yang terjerumus pada maksiat, tindakan kriminal, terjerat narkoba, dan lainnya, pastilah orang yang tidak tekun dalam berdoa. Tindakan negatif yang dilakukannya itu sudah menunjukkan bahwa dia tidak mengasihi diri sendiri dan orang lain, apalagi Tuhannya.
  • Berdoa mengubah yang tidak baik menjadi baik. Dengan berdoa, sesuatu yang tidak mungkin dapat menjadi mungkin, nasib yang buruk dapat menjadi baik. Sebaliknya, orang-orang yang malas berdoa dapat mengubah yang baik menjadi buruk.
Masih banyak lagi manfaat berdoa. Namun, manfaat dan keuntungan terbesar dari berdoa adalah sebagaimana diisyaratkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

Dari Tsauban RA, Rasulullah SAW bersabda: ’Tidak ada yang dapat mencegah takdir, kecuali doa. Tidak ada yang dapat menambah umur, kecuali kebaikan. Dan seseorang benar-benar akan dihalangi dari rezeki, disebabkan oleh dosa yang diperbuatnya. (HR. Al-Hakim, 1/493).

Apakah kita tidak ingin meraih berbagai manfaat dan keuntungan dari doa? Tentu kita ingin meraihnya bukan?

Posting Komentar untuk "Manfaat dan Keuntungan dari Berdoa "