Golongan Orang Terbaik dalam Hadits Nabi

Pada pembaca Islamiwiki, terdapat berbagai macam golongan manusia dalam Islam, berikut ini adalah sumber dari hadits Nabi tentang empat gologan manusia. Siapakah golongan orang yang terbaik?

Dari Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Musa al-Asy'ari r.a. bahwa Nabi Muhammad saw. Bersabda:

Perumpamaan orang-orang mukmin yang membaca Al-Qur'an adalah seperti buah atrujah (limau), rasanya enak dan baunya harum. Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur'an adalah seperti buah kurma, rasanya enak namun tidak memiliki aroma. Dan, perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur'an adalah seperti tumbuhan wangi-wangian, baunya harum namun pahit rasanya. Sedangkan, perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur'an adalah seperti buah Hanzhalah (sejenis labu), rasanya pahit dan tidak berbau." (HR Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadits di atas, Nabi Muhammad saw. membagi manusia ke dalam empat golongan atau bagian.

Dua golongan orang yang berbahagia

Golongan yang Pertama, adalah kelompok orang-orang yang beriman dan senantiasa membaca Al-Qur'an. Golongan yang demikian adalah golongan orang-orang yang terbaik.

Golongan manusia yang kedua, adalah golongan orang-orang beriman, akan tetapi mereka tidak membaca Al-Qur'an. Golongan orang-orang seperti ini, derajat mereka di bawah tingkatan golongan yang pertama.

Kedua golongan manusia di atas, adalah golongan orang-orang yang berbahagia dengan ketetapan iman dan islamnya.

Dua golongan orang yang menderita

Dan Nabi Muhammad Rasulullah saw. membagi orang-orang yang menderita menjadi dua golongan. Mereka yang tidak beruntung adalah

Yang pertama, kelompok atau golongan orang-orang yang membaca Al-Qur'an tanpa adanya keimanan. Mereka adalah orang munafik.

Yang Kedua, adalah kelompok orang-orang yang tidak beriman dan tidak mendapatkan cahaya Al-Qur'an.

Maksudnya adalah iman dan Al-Qur’an adalah dua cahaya yang diletakkan oleh Allah SWT di dalam hati setiap hamba-hamba-Nya yang Allah swt. kehendaki. Al-Qur’an dan iman keduanya merupakan pangkal dari segala kebaikan di dunia dan di akhirat. Pengetahuan tentang keduanya merupakan ilmu yang paling tinggi dan mulia. Bahkan, tidak ada ilmu yang dapat memberikan manfaat kepada pemiliknya kecuali ilmu tentang keduanya.

Semoga kita termasuk ke dalam golongan manusia yang terbaik, diberikan kedua cahaya penuntun kebaikan yaitu iman dan Al-Qur’an. Amiin…

Posting Komentar untuk "Golongan Orang Terbaik dalam Hadits Nabi"