Menjaga Lingkungan Pergaulan untuk Kebaikan Akhlak

Manusia dalam hidup dan kehidupan tidak dapat hidup sendiri yang artinya tidak akan lepas dari hubungan dengan orang lain yaitu manusia sebagai mahluk sosial. Oleh sebab itu manusia memerlukan hubungan dengan manusia yang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan demikian terjadilah apa yang disebut dengan pergaulan. Dalam pergaulan kehidupan sehari-hari, mereka saling mempengaruhi di antara yang satu dengan yang lainnya, baik dalam tingkah laku, cara berpikir, dalam sifat dan perangainya masing-masing.
 
Berikut ini adalah macam dan jenis dari bentuk lingkungan pergaulan yang perlu kita jaga sehingga memberikan dampak dan pengaruh positif pada akhlak dan perilaku diri kita, anggota keluarga dan masyarakat lainnya.
 
1. Menjaga lingkungan dalam rumah tangga
Dalam lingkungan rumah tangga, akhlak kedua orang tua mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku dan perangai anak-anaknya. Oleh sebab itu, hendaknya akhlak kedua orang tua dan juga orang yang lebih tua yang menjadi suri tauladan harus baik sehingga anak-anak serta anggota keluarga yang lain dapat meniru akhlak yang baik dan mulia tersebut, sehingga semua keluarga mempuyai dan berakhlak yang baik dan mulia pula

2. Menjaga lingkungan pekerjaan

Lingkungan pekerjaan dapat berupa suatu perusahaan, kantor pemerintah, instansi pendidikan dan lain sebagainya, kesemuanya itu dapat mempengaruhi perkembangan pribadi, perilaku dan akhlak seseorang. Suri tauladan dan akhlak yang baik akan dapat menciptakan lingkungan yang positif dalam mendorong perilaku dan akhlak serta perangai individu yang baik dan mulia

3. Menjaga lingkungan organisasi’

Setiap orang yang mengikuti suatu organisasi, akan terpengaruh oleh cita-cita yang telah digariskan oleh organisasi tersebut. Cita-cita itu akan mempengaruhi sikap, ucapan dan perangai para anggotanya. Oleh sebab itu bergabunglah dengan lingkungan organisasi yang memegang teguh dan berpedoman kepada ajaran islam yang bersumber dari kitabullah al qur’an dan hadits Nabi Muhammad saw.

4. Menjaga lingkungan kehidupan ekonomi

Masalah ekonomi merupakan masalah yang penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu hubungan-hubungan dalam perekonomian akan memberikan banyak pengaruh pada tingkah laku seseorang.

5. Menjaga lingkungan dalam pergaulan bebas.

Pergaulan bebas sangat berpengaruh besar terhadap seseorang. Suatu contoh : seorang remaja yang bergaul dengan para pecandu narkotika, akan terpengaruh menjadi penggemar narkotika pula. Sebaliknya, apabila seseorang bergaul dengan remaja-remaja yang baik dan berakhlak baik dan mulia serta berperangai baik dalam segala hal, niscaya seseorang tersebut akan terbawa kepada hal-hal yang baik pula.

Demikianlah factor-faktor lingkungan yang memberikan pengaruh terhadap sifat, kelakuan, akhlak dan perangai dari seseorang, kelompok dan bangsa. Menjaga lingkungan pergaulan dengan baik akan dapat menjadi salah satu factor penentu terbentuknya akhlakul karimah yang menjadi dambaan setiap orang.

Firman Allah swt. Dalam kitabullah al-Qur’an :

قُلۡ كُلّٞ يَعۡمَلُ عَلَىٰ شَاكِلَتِهِۦ فَرَبُّكُمۡ أَعۡلَمُ بِمَنۡ هُوَ أَهۡدَىٰ سَبِيلٗا

Artinnya :  Katakanlah: "Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing". Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.

Posting Komentar untuk "Menjaga Lingkungan Pergaulan untuk Kebaikan Akhlak"