Bacaan-Bacaan Sholat: Sumber dari Hadits Nabi

Berikut ini adalah hafalan bacaan-bacaan sholat yang bersumber dari dalil hadits Nabi Muhammad Rasulullah saw. yang di baca dalam sholat, baik sholat fardhu maupun sholat-sholat sunnah yang lain :


عن أبي هريرة كان النّبيّ صلى الله عليه وسلم إذا قام إلى الصلاة يُكبّر حين يقوم، ثم يُكبر حين يركع، ثم يقول: «سَمِع اللهُ لمنْ حَمِده» حين يرفع صُلْبه منْ الركوع، ثم يقول وهو قائمٌ: «ربّنا ولك الحمد» ثم يُكبر حين يَهوي ساجداً، ثم يُكبّر حين يرفع رأسه، ثم يكبر حين يسجد، ثم يكبر حين يرفع الثانية، ثم يفعل ذلك في ركعات الصلاة كلها، ويُكبر حين يقوم من المثنى بعد الجلوس للتّشهّد الاوسط

Artinya : Dari Abi Hurairah ra : “Rasulullah saw. Apabila berdiri untuk sholat, beliau takbir ketika berdiri, kemudian takbir ketika ruku’ kemudian membaca “sami’allahu liman hamidah” ketika bangkit dari ruku’ kemudian membaca “Rabana walakal-hamdu” ketika I’tidal, kemudian beliau takbir ketika turun akan sujud, kemudian takbir ketika bangun dari sujud, lalu takbir lagi ketika sujud kedua dan ketika bangkit dari sujud. Beliau lakukan demikian pada semua raka’at sholat dan beliau takbir pada ketika berdiri dari raka’at yang kedua sesudah tasyahud pertama.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bacaan do’a iftitah dan bacaan surat al-Fatihah

Sabda Rasulullah saw. :

Artinya : Dari Samurah. Nabi besar saw. diam sebentar,  apabila sudah takbir, dan apabila beliau sudah selesai dari membaca al-fatihah. (HR. Abu Daud).

 عن أبي طالب رضي الله عنه قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا قام إلى الصلاة قال: وجهت وجهي للذي فطر السموات والأرض حنيفا مسلما وما أنا من المشركين إن صلاتي ونسكي ومحياي ومماتي لله رب العالمين لا شريك له وبذلك أمرت وأنا أول المسلمين

Artinya : Dari Ali (Khalifah ke 4) katanya : Rasulullah saw. apabila berdiri sholat, beliau membaca : “saya menghadapkan muka saya ke hadirat yang menjadikan langit dan bumi dengan tunduk menyerahkan diri. Saya bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan Allah. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku adalah kepunyaan Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu baginya dan demikianlah saya diperintahkan dan saya termasuk golongan orang muslimin (Islam). (HR. Muslim)

عن أبي هريرة قال: "كان رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا كبّر فى الصّلاة سكت هنيئة قبل القراءة فقلت يارسول الله بابى انت وامّى ارايت سكوتك بين التكبير والقراءة ما تقول؟ قال أقول:اللهم باعد بيني وبين خطاياي كما باعدت بين المشرق والمغرب، اللهم نقني من الخطايا كما ينقى الثوب الأبيض من الدنس، اللهم اغسلني من خطاياي بالماء والثلج والبرد"  روي في صحيح البخاري 

Artinya : Dari Abu Hurairah : “Rasulullah saw. apabila telah mengucap takbir dalam sholat, beliau diam sebentar sebelum membaca al-fatihah, saya bertanya kepada beliau : Apakah yang engkau baca di antara takbir dan fatihah?. Jawab beliau, saya membaca : “Ya Allah jauhkanlah antaraku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan timur dan barat. Ya allah bersihkanlah saya dari kesalahan sebagaimana kain putih dibersihkan dari kotoran, Ya Allah basuhlah kesalahanku dengan air, es, dan embun. (HR. Bukhari dan Muslim).

Bacaan surat-surat dari ayat al-Qur’an dalam sholat

Artinya : Dari Abu Qatadah : Sesungguhnya Nabi saw. membaca al-Fatihah dan dua surat pada dua rakaat yang pertama waktu sholat duhur. Dan pada dua rakaat yang terakhir (3 dan ke 4) beliau membaca al-Fatihah saja. Ayat yang beliau baca itu sewaktu-waktu (kadang-kadang) beliau perdengarkan kepada kami : ayat yang beliau baca di rakaat pertama lebih panjang dari yang beliau baca di rakaat kedua. Demikian pada saat ashar dan demikian pula pada sholat subuh. (HR. Bukhari dan Muslim).

Bacaan Do’a dan lafadz Amin

Sabda Rasulullah saw. :

Artinya : Bersabdalah Nabi saw. : Apabila berkata Imam “Waladh-dhallin”, maka hendaklah kamu berkata pula Amin, maka sesungguhnya Malaikat, berkata pula Amin dan Imam juga berkata Amin, maka barangsiapa yang sama-sama aminnya dengan amin amalaikat, diampuni dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan An-Nasa’i)

Sabda Rasulullah saw. :

Artinya : dari Wail bin Hujirin : Ia telah mendengar Rasulullah saw. krtika selesai membaca Waladh-dhallin, beliau membaca “Rabbighfirli Amin (HR. Thabrani dan Baihaqi)

Firman Allah swt. :

فَإِذَا قَرَأۡتَ ٱلۡقُرۡءَانَ فَٱسۡتَعِذۡ بِٱللَّهِ مِنَ ٱلشَّيۡطَٰنِ ٱلرَّجِيمِ 

Artinya : Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk. (QS. An-Nahl : 98)

Bagi makmum hanya membaca surat al-fatihah saja

Sabda Rasulullah saw. :

Artinya : beliau berkata : “Apabila kamu sholat di belakang saya (mengikuti saya) maka janganlah kamu baca apa-apa selain dari Ummul-Qur’an (Al-Fatihah). (HR. Tirmidzi)

Melibatkan Empat Anggota Sujud

Sabda Rasulullah saw. :

Artinya : Apabila engkau sujud letakkanlah dahimu, dan janganlah engkau mencotok seperti cotok ayam. (HR. Ibnu Hibbam di dalam kitabnya)

Artinya : kemudian sujudlah engkau hingga berhenti seketika, kemudian bangkitlah engkau hingga berhenti seketika, kemudian sujudlah engkau hingga berhenti pula seketika. (HR. Bukhari dan Muslim).

Sabda Rasulullah saw. :
Artinya : Saya disuruh supaya sujud dengan tujuh tulang : dahi, dua tapak tangan, dua lutut, dan ujung kedua kaki. (HR. Bukhari dan Muslim)

Bacaan Do’a Qunut dalam sholat.

Sabda Rasulullah saw. :

Artinya : Dari Ibu ‘Abba, katanya : Telah Qunut Rasulullah, saw satu bulan berturut-turut pada sembahyang dhuhur, ahsar, magrib, isya dan subuh. Pada akhir tiap-tiap sembahyang di waktu I’tidal rakaat penghabisan, beliau mendo’a atas mereka, dari kabilah Banu Sulaim, Ra’li Zakwan dan ‘Ushaiyah, orang di belakangnya dan mengaminkan. (HR. Abu Daud dan Ahmad)

Lafadz bacaan do’a Qunut :

اللهم اهدِنى فيمَن هديت .. وعافنى فيمن عافيت .. وتولنى فيمن توليت .. وبارك لى فيما أعطيت .. وقِنى شر ما قضيت .. فانك تقضي ولا يقضى عليك.. واٍنه لا يذل مَن واليت .. ولا يعزُ من عاديت .. تباركت ربنا وتعاليت

Artinya : Ya Allah berilah aku petunjuk, seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah aku kesehatan, seperti orang-orang yang telah engkau beri kesehatan, perlindungilah aku seperti orang-orang yang telah mendapat perlindungan-Mu, beri berkahlah barang yang telah Engkau berikan kepadaku, jauhkanlah aku dari kejahatan yang telah Engkau pastikan akan sesuatu, dan tak ada lagi yang berkuasa di atas Engkau, dan sesungguhnya tidak akan terhina orang yang mendapat perlindungan-Mu, dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi.
Ya Allah bertambah-tambah kebaikan-Mu dan hilanglah segala yang tidak layak bagi-Mu. (HR. Daud Tirmidzi dan Nasa’i)

Demikianlah bacaan-bacaan sholat yang wajib dilafadzkan dalam bahasa arab. Bacaan-bacaan sholat di atas di ambil dari referensi Hadits Nabi Muhammad saw. Masih banyak referensi hadits yang lain tentang bacaan-bacaan sholat.

Posting Komentar untuk "Bacaan-Bacaan Sholat: Sumber dari Hadits Nabi"