Cara Nabi Menghilangkan Najis Darah, Air Kecing Bayi dan Sperma

Terdapat bermacam-macam Najis, dan najis ini harus disucikan dengan cara menghilangkan najis dengan cara yang benar sesuai dengan ajaran islam dan sunnah Nabi Muhammad saw. Berikut ini adalah beberapa dalil sabda Nabi saw. yang menerangkan tentang cara-cara menghilangkan najis dari darah, darah haid, air kencing atau air seni dari bayi perempuan dan bayi laki-laki serta dari sperma atau air mani.

Darah yang tidak bisa hilang atau masih membekas

Rasulullah saw. bersabda :

 وعن ابى هريرة رضي الله عنه قال قالت حوله يارسول  الله فانلم يذهب الدم؟ قال يكفيك الماء ولا يضرّك اثره (اخرحه  الترمىذى وسنده ضعيف

Artinya :Dari Abu Hurairah ra. ia berkata : Khaulah bertanya : "Ya Rasulullah, bagaimana kalau darah itu tidak hilang? Rasulullah bersabda : "cukup bagimu mencucinya dengan air, dan tidak apa-apa bekasnya bagimu". (HR. Tirmidzi dan sanadnya lemah).

Dalil hadits yang lain :

 وعن اسماء بنت ابي بكر رضي الله عنه ان النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم قال فى دم الحيض يصيب الثّوب تحثّه ثمّ تفرضه بالماء ثمّ تنضحه ثمّ تصلّى فيه (متفق عليه

Dari Asma Binti Abu Bakar ra, : Bahwasanya Nabi saw. bersabda : tentang darah haid yang mengenai kain : "Hendaklah ia (perempuan) mengeriknya, lalu menggosoknya dengan air, lalu mencucinya, kemudian boleh sholat memakai kain itu". (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari keterangan dua hadits di atas, maka najis seperti darah cara menghilangkannya adalah dengan berusaha menghilangkan bekas darah yang terdapat pada kain dengan cara mengerik atau mengeroknya hingga hilang bekasnya, Namun apabila sudah mengerok atau mengeriknya masih terdapat bekas, maka itu tidak menjadi masalah dan diperbolehkan mengenakan kain tersebut.

Cara Menghilangkan najis air kencing bayi (air seni).

Sabda dalil hadits Rasulullah saw. yang berbunyi :

وعن ابى السّمح رضي الله عنه قال قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم يغسل من بول الجارية ويرشّ من بول الغلام (اخره ابوداود والنّسائ وصححه الحاكم

Artinya : Dari Abu Samh ra. ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : dicuci dari kencing bayi perempuan, dan disiram dari kencing bayi laki-laki". (HR. Abu Daud dan Nasa'i, dan disahkan oleh Hakim).

Berdasar Hadits di atas, jelaslah sudah bahwa ketika tubuh kita, atau pakaian kita terkena air kencing dari bayi perempuan (misalnya ketika kita menggendong bayi perempuan), maka cara mensucikan atau menghilangkan najisnya adalah cukup dengan cara mencuci anggota tubuh atau pakaian yang terkena air kencing bayi perempuan. Dan ketika terkena air kencing atau air seni bayi laki-laki, untuk menghilangkan najisnya adalah dengan cara menyiram anggota tubuh atau pakaian yang terkena air seni bayi laki-laki.

Cara Menghilangkan sperma dari kain.

Sabda Nabi Muhammad saw. :

وعن عائشة رضي الله عنها قالت: كان رسول الله صلّى الله عليه وسلّم يغسل المنى ثمّ يخرج الى الصّلاة فى ذالك الثّوب وانا انظر الى اثر الغسل. متفق عليه.

ولمسلم: ولقد كنت افركه من ثوب رسول الله صلّى الله عليه وسلّم فركا فيصلّى فيه. وفى لفظ له: لقد كنت احكيه بابسا بظفرى من ثوبه

Artinya : Dari Aisyah ra. ia berkata : Adalah Rasuluallah saw. mencuci mani kemudian beliau keluar sembahyang memakai kain itu, dan saya melihat masih ada bekas cucian itu." (HR. Bukhari dan Muslim). Dan dalam riwayat Muslim : (Aisyah berkata : "Sesungguhnya saya pernah menggosoknya (mani itu) benar-benar dari kain Rasulullah saw., lalu beliau sembahyang memakai kain itu". Dan pada lafadz lain riwayat Muslim : "Sesungguhnya aku pernah mengikis mani itu dalam keadaan kering dengan kukuku dari kain Nabi saw. "

Dari keterangan dan penjelasan beberapa riwayat hadits di atas, Dari hadits di atas, mengandung maksud bahwa air mani itu adalah sesuatu yang suci karena,dari keterangan hadits Nabi bahwa ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha hanya membersihkan air mani yang telah kering tersebut hanya mengikis mani dengan kukunya. Namun alangkah baiknya seperti yang dilakukan Rasulullah saw, yaitu dengan mencuci kain itu meskipun masih ada bekas noda sperma atau mani itu tidak masalah.

Demikianlah yang dikerjakan Nabi Muhammad saw. dan ajaran Nabi tentang membersihkan atau menghilangkan najis berupa darah, darah haid, air kencing bayi laki-laki dan perempuan serta sperma. Semoga kita selalu mengikuti sunnah-sunnah beliau dan selalu mendapatkan syafaat baik di dunia dan lebih-lebih di akhirat.

Posting Komentar untuk "Cara Nabi Menghilangkan Najis Darah, Air Kecing Bayi dan Sperma"