Doa Menjenguk Orang Sakit dan Adabnya

Menjenguk orang sakit mempunyai adab dan tata cara tersendiri dalam ajaran islam dan juga terdapat doa menjenguk orang sakit. Menjenguk orang sakit adalah mendatangi orang yang sakit dengan maksud dan tujuan untuk menghibur sehingga  kesedihan dan beban penderitaannya dapat berkurang. Ketika kita menjenguk rrang sakit, orang yang ditengok tentunya akan merasa senang sehingga hal ini dapat menjadi obat bagi orang yang sakit.

Menjenguk orang sakit adalah merupakan hak orang muslim atas orang muslim launnya, sebagaimana dalil sabda Rasulullah saw. yang artinya:

"Dari Abu Hurairah r.a. bersabda Nabi saw.: Hak orang muslim dengan muslim lainnya ada lima, yaitu menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantarkan jenazah, mengabulkan undangan, dan mendoakan orang yang bersin." (H.R. Bukhari-Muslim) 

Hukum menjenguk orang sakit

Hukum menjenguk orang sakit dalam islam adalah sunnah, hal ini didasarkan kepada dalil hadist yang telah disebutkan di atas, juga berdasar hadist berikut ini yang artinya:

"Dari Abu Musa r.a. ia berkata; Nabi saw. bersabda: Jenguklah orang yang sakit, berilah makan orang yang lapar dan lepaskanlah orang yang tertawan." (H.R. Bukhari)

Adab Menjenguk Orang Sakit

Kembali pada materi tentang doa dan adab menjenguk orang sakit,  berikut ini adalah tata cara dan adab menjenguk orang sakit menurut ajaran islam yaitu sebagai berikut :
  • Orang yang menjenguk orang sakit sebaiknya berpakaian dengan pakaian yang sopan dan juga rapi yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat.
  • Orang yang menjenguk orang sakit, sebaiknya memberi nasihat kepada orang yang sakit agar sabar menerima musibah/cobaan dari Allah dan jika yang sakit dalam perawatan dokter maka diberi saran agar selalu mematuhi nasihat dokter.
  • Mendoakan orang yang sakit. 
Doa menjenguk Orang Sakit
Ada beberapa macam doa untuk orang yang sakit yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. ketika kita menjenguk orang sakit, antara lain sebagaimana dalam hadits:
عن عائشة رضى الله عنها انّ رسول الله صلّى الله عليه وسلّم كان يعود بعض احله يمسه بيده اليمنى ويقول
 اَللَهُمَّ  رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ إِشْفَ اَنْتَ الشَّافِى لاَشِفَءُ شِفَاءً لاَيُغَادِرُ سَقَماً
Artinya: "DariAisyah r.a. bahwasanya Rasulullah saw. menjenguk salah seorang keluarganya dengan mengusapkan tangan kanannya seraya berdoa: Wahai Allah Tuhan semua manusia, hilangkanlah segala penyakit, sembuhkanlah, karena hanya Engkaulah yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak mendatangkan penyakit lagi." (H.R. Bukhari Muslim)
Menjenguk orang sakit serta mendoakannya adalah suatu keharusan bagi setiap muslim.
  • Bagi orang yang sakitnya sudah parah sebaiknya diajarkan membaca bacaan kalimat thayyibah [lailahaillallah] atau dibacakan surah Yasin dan juga cara menghadapinya adalah dengan cara menghadapi orang yang sakit keras
  • Adab kelima, sebaiknya juga bagi orang yang menjenguk orang sakit agar menanyakan tentang keadaan penyakit orang yang sakit kepada keluarganya. Hal ini pernah terjadi dan dikisahkan pada masa Nabi Muhammad Rasulullah saw. ketika para sahabat menanyakan keadaan penyakit Rasulullah saw. kepada Ali bin Abi Thalib.
  • Adab keenam adalah memberikan bantuan kepada orang yang sakit berupa makanan atau untuk keluarganya yang dapat berupa uang jika keadaan memerlukan.
Hikmah Menjenguk Orang Sakit

Berbagai hikmah yang dapat kita ambil dari kewajiban kita menjenguk orang sakit antara lain sebagai berikut :
  • Menjenguk orang sakit dapat membuat dan mempererat hubungan silaturrahmi antara orang yang sakit dengan orang yang menjenguk serta dengan keluarganya sehingga menjadi lebih erat.
  • Dengan menjenguk orang sakit, maka keluarga dan orang yang sakit dapat terhibur sehingga dapat mempercepat penyembuhan bagi orang yang sakit.
  • Orang yang menjenguk orang sakit akan mendapat pahala dari Allah swt.
  • Jika yang menjenguk orang yang sakit ini kebetulan bisa mengobati suatu penyakit, maka dia dapat membantunya dengan cara mengobati penyakit dari orang yang sakit, atau atau dapat membantu dengan cara mencarikan obatnya jika dia mengetahuinya.
Adab dan doa menjenguk orang sakit di atas adalah berdasarkan dalil dari hadits Nabi muhammad saw. Semoga dengan menjenguk orang sakit, orang sakit dapat terbantu dan yang menjengukpun akan mendapatkan pahala dari Allah. Amiin

Posting Komentar untuk "Doa Menjenguk Orang Sakit dan Adabnya"