Apa yang diperoleh dari Membaca Al-Qur'an?

Terdapat berbagai keutamaan dalam Membaca Al-Qur'an. Dan hendaknya, seharusnya dan sebaiknya kita membacanya dan mengajarkan serta mengajak sang anak untuk membaca apa yang mudah dari Al-Qur'an. Sebab, terdapat keutamaan dalam mem­baca Al-Qur'an al-karim sebagaimana tersebut dalam beberapa hadits yang shahih.

Bacaan Al-Qur'an akan memberi pertolongan di hari kiamat

Muslim meriwayatkan dari Abu Umamah ra., ia berkata:

سَمِعْتُ رَسُوْلُ اﷲِ صَلَّى اﷲُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ ׃ اِقْرَؤُوْا القُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأتِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيْعًا لأَصْحَابِهِ٠

Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, "Bacalah Al-Qur'an, karena sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang memberi syafa'at kepada orang-orang yang membacanya".

Sebaik-baik orang adalah yang membaca al-Qur'an dan mengajarkannya

Dalam hadits Nabi uhammad yang lain, Al-Bukhari meriwayatkan dari Utsman ra. dari Rasulullah saw. bahwa beliau bersabda:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعَلَّمَهُ٠

"Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Qur'an dan yang mengajarkannya"

Membaca al-Quran dan berlipat gandanya amal

At-Tirmidzi meriwayatkan dari Ibnu Mas'ud ra., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda:

مَنْ قَرَأَحَرْفًا مِنْ كِتَابِ اﷲِ فَلَهُ حَسَنَةٌ ٬  وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا٬ لاَ أَقُوْلُ ׃ الم حَرْفٌ ٬ وَلَكِنْ ׃ ألِفٌ حَرْفٌ وَلاَ مٌ حَرْفٌ ٬ وَمِيْمٌ حَرْفٌ٠

Barang siapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur,an) maka baginya kebaikan, dan kebaikan tersebut sepuluh kali lipat amalnya, saya tidak mengatakan "alif lam mim" satu huruf, akan tetapi "alif" satu huruf, "lam" satu huruf dan "miim" satu huruf.

Hendaknya kita dan anak-anak, setiap hari membaca Al-Qur'an meski beberapa ayat yang ringan, dan sebaik-baik per­buatan adalah yang dikerjakan terus menerus, meski sedikit.

Posting Komentar untuk "Apa yang diperoleh dari Membaca Al-Qur'an?"