Yang Bagaimanakah Teman dan Sahabat Terbaik?

Sebuah bait syair tentang teman dan sahabat terbaik berbunyi sebagai berikut :
 
 مَاصَحِبَكَ اِلاَّ مَنْ صَحِبَكَ وََهُوَبِعَيْبِكَ عَلِيْمٌ وَلَيْسَ ذَلِِكَ اِلاَّّ مََوْلاَكَ الْكَرِيْمُ ٬ خَيْرُ مَنْ تَصْحَبُ مَنْ يَطْلُبُكَ لاَ لِشَىْءٍٍ يََعُوْدُ مِنْْكَ اِلَََيْهِ٠ 

“Bukanlah sahabat bagimu, kecuali orang yang mau berkawan denganmu ketika ia telah mengetahui kejelekan dirimu. Tiadalah orang yang seperti itu kecuali Tuhan yang Maha Pemurah. Sebaik-baik orang yang menjadi kawanmu adalah yang memperhatikan kepentinganmu, bukan karena kepentingan yang ia inginkan darimu." 

Teman dan sahabat terbaik, sahabatmu yang hakiki ialah orang yang suka memperhatikan kepentinganmu, dan menunjukkan kebaikannya untukmu, dan ia berusaha untuk mencari banyak kebaikan untuk kepentinganmu, kesenanganmu dan kemanfaatan untukmu. Walaupun ia sebenarnya mengetahui kejelekan dan aib darimu, akan tetapi ia berusaha menutupinya dan berusaha memperbaikinya dengan kehalusan budi pekerti. Karena sifat seperti inilah yang ditunjukkan dan diajarkan Allah swt yang Maha Pemurah kepadamu.

Sahabat terbaikmu ialah mereka yang dalam urusanmu dan kepentingamu selalu diperhatikan, mencarikan dan menunjukkan kebaikan itu, serta berusaha mengajakmu ke jalan yang utama. Ia tidak akan meninggalkanmu dalam marabahaya, dan menghindarkan dirimu dari kejahatan. 

Teman dan sahabat terbaik adalah orang yang menangis bersama, bukan yang suka tertawa bersamamu. Carilah sahabat yang akan menjadi obat dan jangan mencari sahabat yang menyebarkan penyakit. Tuntunlah sahabatmu apabila ia tergelincir, arahkan apabila ia lupa. 

Mencari sahabat untuk tertawa memang banyak, akan tetapi mendapat sahabat untuk menangis sangat sedikit.

Itulah filosofi tentang teman dan sahabat terbaik dalam pandangan islam. Mari berlomba-lomba menjadi teman dan sahabat terbaik